[Sinopsis & Review Drama] Burn the House Down (2023), Menyusup untuk Mengungkap Kebenaran Siapa Si Pelaku Kebakaran

Judul Drama : Burn the House Down (2023) – 御手洗家、炎上する;

Tgl Tayang : 13 Juli 2023;

Stasiun TV : Netflix;

Genre / Rate : Drama, Mystery, Thriller/ 16+;

Negara Asal : Jepang;

Jumlah Episode / Durasi : 8 eps / 45~ menit;

Pemain : Mei Nagano sebagai Anzu Murata, Kyoka Suzuki sebagai Makiko Mitarai, Asuka Kudo sebagai Kiichi Mitarai, Taishi Nakagawa sebagai Shinji Mitarai, Yuri Tsunematsu sebagai Yuzu Murata, Kie Kitano sebagai Claire, Michiko Kichise sebagai Satsuki Murata, Mitsuhiro Oikawa sebagai Osamu Mitarai


Halo! Aku mau mengulas drama Jepang original Netflix yaitu Burn the House Down (2023) yang dibintangi banyak pemeran terkenal seperti Mei Nagano (Unicorn ni Notte), Taishi Nakagawa (Hana Nochi Hare), Yuri Tsunematsu (Alice in Borderland 2) sampai aktris senior Michiko Kischise (Bloody Monday, Signal). Drama ini diadaptasi dari komik berjudul sama (Mitarai ke, Enjou Suru) karya Moyashi Fujisawa, penulis skrip Arisa Kaneko dengan sutradaranya Yuichiro Hirakawa. Drama Burn the House Down (2023) bercerita tentang pembalasan dendam seorang gadis yang keluarganya hancur berantakan karena rumah lamanya terbakar dan dia berusaha mengumpulkan bukti bahwa pelaku kebakaran kemungkinan adalah teman ibunya yang sekarang menjadi istri baru sang ayah.

komik burn the house down oleh moyashi fujisawa
Komik Burn the House Down karya Moyashi Fujisawa

Dari Kaya Menjadi Miskin Karena Insiden Kebakaran di Rumah Sendiri

Cerita Burn the House Down (2023) bermula dari Anzu Murata muda yang kaget melihat banyak orang berkumpul dan menyaksikan rumahnya, ternyata telah dilalap api besar. Sementara di antara kerumunan, ada wanita yang tersenyum puas melihat ke arah rumah. Wanita tersebut adalah ibu dari teman sekelasnya sekaligus teman ibunya sendiri bernama Makiko. Anzu bertambah sedih ketika melihat ibunya, Satsuki bersujud sambil meminta maaf di depan kaki ayahnya. Setelah kejadian, Anzu bersama-sama ayah melihat rekaman CCTV dan disana tampak baju sweater Makiko. Ayah langsung mengira Makiko benar-benar pelaku kebakaran tersebut, sementara Anzu sebenarnya menginginkan investigasi lebih lanjut.

insiden kebakaran di kediaman mitarai
Insiden kebakaran di kediaman Mitarai (dok. trailer Youtube)

Ayah dan ibunya bercerai, Makiko masuk ke keluarga Mitarai sebagai istri baru sambil membawa dua anak lelakinya. Sementara Anzu bersama ibu dan adiknya, Yuzu tinggal bertiga di sebuah apartemen lusuh yang sempit. Dulunya mereka masuk dalam keluarga Mitarai yang kaya raya dengan mengelola rumah sakit milik sendiri, kini berbalik 180 derajat dan harus berusaha mencari uang sendiri.

Penyamaran Anzu Menjadi ART Bernama Yamauchi di Kediaman Mitarai

Tiga belas tahun kemudian, Satsuki yang bertahun-tahun hidup merasa bersalah karena tidak teringat apa dia dulunya sempat mematikan kompor atau tidak, kesehatan mentalnya makin memburuk. Dia mengalami hilang ingatan sebagian, jadi lupa akan kedua anaknya sendiri dan Satsuki dirawat inap di RS. Satsuki hanya ingat masa-masa awal dia menikah dengan Osamu Mitarai. Anzu yang bertekad ingin mengembalikan ingatan Satsuki akhirnya nekad menyusun rencana untuk masuk ke dalam kediamannya dulu di rumah Mitarai. Dia membutuhkan bukti kebakaran dan sangat yakin bahwa Makikolah pelakunya. Kecurigaannya timbul karena Anzu melihat postingan Makiko di medsos yang mengumbar foto dalam ruangan ganti di rumahnya. Anzu melihat ada sweater sang ibu (pada kejadian kebakaran) berada di lemarinya walau tak jelas.

Anzu menyamar menjadi seorang ART dengan nama Shizuka Yamauchi dan berhasil masuk ke kediaman Mitarai. Makiko memintanya cepat masuk rumah karena tak mau orang lain tahu dia mempekerjakan ART. Ayah Anzu jarang pulang rumah dan sering tidur di RS yang terletak di belakang bangunan. Sama seperti ketika Anzu masih ada di rumah itu, sang ayah memang jarang pulang karena kesibukannya. Makiko rupanya selain menjadi model juga ikut mengurus rumah sakit. Ia memberikan data mengenai Anzu pada seorang perawat senior di RS untuk menyelidikinya.

anzu jadi art
Anzu menjadi ART (dok. trailer Youtube)

Lelaki yang Mengurung Diri di Dalam Kamar: Shinji atau Kakaknya, Kiichi?

Hari pertama menjadi percobaan untuk Anzu dan akhirnya dia diterima. Kemudian di hari lain Anzu bukan hanya menemukan jepitan rambut tapi juga sepatu milik ibunya dulu. Dia mengambilnya dan memberikan itu pada Satsuki di RS agar perlahan ingatannya bisa kembali. Hari berikutnya Anzu membujuk Makiko dengan membuatkan makanan enak agar bisa naik ke lantai atas, namun dia tidak mengizinkan bahkan hanya di tangga sekalipun. Makiko kemudian curhat kalau dia juga dulunya ibu tunggal (seperti ibu Anzu yang datanya dia pelajari di CV) dan ini adalah pernikahan keduanya. Dia memiliki dua anak. Putra pertamanya bekerja di perusahaan dagang luar negeri, sementara yang kedua masih kuliah jurusan kedokteran.

Setelah Makiko pergi, Anzu nekad ke lantai atas namun penasaran dengan kamar yang terbuka sedikit di dekat tangga. Isinya berantakan dengan buku-buku berserakan, lainnya terlihat buku tentang kedokteran dan tampak gelap karena tirai menutupi jendela. Ketika Anzu masuk, seorang lelaki muda mengagetkannya dan menyuruh dia untuk segera keluar. Anzu menceritakan hal itu pada temannya- Claire, seorang desainer kostum cosplay.

kiichi atau shinji
Siapa lelaki di lantai 2? (dok. trailer Youtube)

Makiko Memecat Anzu Karena Nekad Naik ke Lantai Dua

Anzu membuatkan makanan untuk si lelaki misterius namun dia menyuruhnya untuk meletakkan nampan itu di depan kamarnya. Ketika balik lagi, makanannya telah habis dan Anzu yang mengira lelaki itu Shinji kemudian menanyakan tentang sepakbola. Melihat langit, Anzu tak sadar membuka percakapan mengenai bintang dan lelaki misterius tadi menjawab beberapa pertanyaannya. Anzu sangat kaget dan menyadari bahwa lelaki itu rupanya kakak Shinji yaitu Kiichi! Ketika masih kecil dan Makiko sangat dekat dengan keluarganya, Kiichi merupakan sosok yang dikagumi Anzu karena pintar juga penyuka langit berbintang (vibes-nya kayak Petualangan Sherina 2 XD).

Kiichi curiga siapa ART di rumah mereka itu dan menelusurinya lewat internet. Menemukan tidak ada data tentangnya, Kiichi kemudian menjebak Anzu dengan menarik kenop dari celemeknya. Kenop itu Makiko temukan dan membuat Anzu dipecat karena berani naik ke lantai dua. Adiknya, Yuzu tak tahan melihat Anzu selalu berpikir sendiri akhirnya mendekati Shinji untuk mengorek informasi. Anzu tetap tak menyerah dan berusaha mencari cara untuk kembali ke kediaman Mitarai.

Kiichi Mengetahui Identitas Asli Anzu

Seolah bertemu tak sengaja ketika membuang sampah, Anzu membujuk Makiko dan cara gadis itu berhasil ketika jurnalis majalah meliput ruang tamunya dan mendapatkan kesan positif dari netizen. Anzu dapat bekerja lagi di sana, bahkan Makiko sampai meminjamkan kunci rumah karena akan pulang larut malam. Dia dapat masuk sampai ke ruang ganti, namun Kiichi muncul dan sempat membuat tangannya terluka. Karena itu Anzu memintanya mencucikan piring dan dia sendiri lekas naik kembali ke ruang ganti dan menemukan sweater ibunya di lemari! Bersama Claire berdiskusi, Anzu membuat keputusan untuk mengambil rekaman CCTV di luar rumah ketika kejadian yang dulu ditontonnya bersama sang ayah. Data itu berada dalam kartu memori, Anzu muda sempat meletakkannya dalam rekam medis Yuzu di RS Mitarai.

Anzu menatap ke gedung RS dari lantai dua rumah Mitarai. Si Kiichi muncul dan Anzu memintanya jangan keluar lama-lama karena takut ketahuan dengan memberitahu persis nama posisi bagian RS-nya. Darisitu Kiichi kemudian menginterogasi Anzu yang mau mencari kartu kunci staf agar bisa masuk ke RS. Kiichi bertanya kenapa dia datang ke rumah mereka dan menyebut nama aslinya- Anzu. Tujuan aslinya belum Kiichi ketahui, namun lelaki itu mengancamnya dengan rekaman diam-diam dimana Anzu sedang membongkar lemari pakaian Makiko. Kiichi meminta Anzu untuk mengedit konten situsnya yang suka mengumbar berita gosip selebritis untuk mendapatkan uang dari iklan (semacam google adsense gitu!). Rupanya walau Kiichi anti sosial dan lama mengurung diri di kamar, dia memiliki banyak uang dari situsnya itu.

anzu menemukan sweater ibunya
Anzu menemukan sweater ibunya (dok. trailer Youtube)

Kiichi Berniat Membantu Anzu Mencari Siapa Si Pelaku Kebakaran

Barang terakhir yang Anzu dapatkan yaitu anting milik ibunya mampu membuat Satsuki mulai mengingat dia dan Yuzu walau hanya di masa kecil mereka. Dari sang ibu, Anzu menyadari bahwa dia dapat mengandalkan Yuzu dan akhirnya meminta bantuan sang adik karena Kiichi mengancamnya. Dia meminta Yuzu untuk masuk ke RS dan mencari si kartu memori berisi rekaman CCTV. Walau sudah menemukan rekaman itu sayangnya tidak ada bukti jelas mengarah pada Makiko karena wajah si pelaku tidak terlihat. Kiichi yang kesal pada sang ibu yang makin terkenal kemudian membuat berita di situsnya tentang beliau. Makiko sadar berita itu perbuatannya Kiichi kemudian mengancam anaknya dengan cara halus. Kiichi merasa tak bersemangat dan melampiaskan kemarahan pada Anzu. Saat itulah Anzu kemudian menceritakan tujuan aslinya masuk di sana agar bisa mencari tahu siapa pelaku kebakaran 13 tahun lalu.

Kiichi akhirnya mau membantu Anzu. Dia sempat ingin mengantarkan Anzu keluar namun Kiichi kesulitan karena sudah lama tak berada di bawah sinar matahari, akhirnya balik masuk rumah. Claire memberi info pada Anzu bahwa Makiko ternyata punya blog sekitar 14 tahun yang lalu. Walau belum persis memang milik Makiko, namun seperti terarah padanya karena menceritakan tentang sang teman, bahkan temannya juga memiliki blog sama dengan dia. Claire sampai mencari apa Satsuki juga ada blog, tapi tidak ada di internet. Yuzu juga menemui ayahnya untuk mencari tahu lebih dalam tentang sang ibu yang ternyata beberapa kali pergi bertatap muka dengan teman-teman dunia maya dari sebuah platform media sosial. Namun ternyata blog Mai Diary adalah kepunyaan ibu mereka, yang di platform medsos justru milik Makiko, yang diketahui dari laptop kepunyaan keluarga Kiichi ketika mereka menyambangi apartemen lamanya.

Anzu Melawan Makiko Dengan Banyak Bantuan Untuknya

Shinji memergoki Anzu yang menyuruh Kiichi untuk membereskan kamar dan mencurigainya sebagai teman masa kecilnya dulu. Dia sampai cerita ke ibunya akan kecurigaannya itu, tapi tidak terbukti karena Anzu pulang ke rumah Claire. Padahal memang Kiichi yang memberi pesan pada Anzu bahwa Shinji membuntutinya ketika pulang. Sementara Makiko yang sering mendapat info dari si perawat akhirnya mengetahui tentang Yuzu yang menemui suaminya, bahkan sampai menceritakan tentang kardigan yang jadi bukti dari peristiwa kebakaran. Bersama sang suami, Makiko menemui Yuzu dan memintanya berhenti mengganggu kehidupan mereka. Dia juga curiga Anzu pasti terlibat. Yang jelas Makiko tidak mengakui memiliki kardigan itu, yah karena habis itu dia memang membakarnya agar hilang jejak.

shinji curiga pada yamauchi yang adalah anzu
Shinji mencurigai Anzu (dok. trailer Youtube)

Yuzu menceritakan hal itu pada Anzu. Dia geram dan lekas menemui sang ayah. Anzu memarahi sang ayah yang plin-plan, si perawat kepercayaan Makiko pun muncul. Ternyata dia memihak Anzu karena kebaikan Satsuki dulu! Sekarang Anzu bekerja seperti manajer untuk Makiko, sampai menjadi supir untuknya. Kerjaan Makiko jadi lebih berjalan lancar dan dia juga bercerita tentang Yuzu dan saudarinya pada Yamauchi yang sebenarnya adalah Anzu hahaha XD

Pelaku Kebakaran Bukan Makiko Maupun Kiichi?

Walau Yuzu telah ketahuan, Shinji tetap ingin berteman dengannya. Yuzu berusaha menolak dan menepis perasaannya sendiri. Teman kuliah Shinji yang ternyata seorang sugar baby (suka dekat-dekat lelaki tua kaya) juga mengincar lelaki itu. Ketika Shinji sakit, gadis itu sampai datang ke rumah namun Makiko langsung mengusirnya. Si gadis tidak terima dan menyebarkan rekaman suara Makiko yang berbicara rada kasar padanya, berbeda dengan dia yang tampak di media. Lagi-lagi Anzu menambah poin di mata Makiko dengan menyelesaikan permasalahan itu. Selain itu timbul masalah baru akun seseorang dengan inisial dari masa lalu berusaha untuk mengusik Makiko, yang ternyata kerjaan Anzu dan Kiichi. Hal itu membuat Makiko tersudut di depan suaminya, Yuzu, Shinji, si perawat dan yang lainnya.

Ternyata ingatan Satsuki kembali, ketika Makiko datang, dia menyuruhnya untuk minta maaf. Tapi edannya Makiko tidak mau dan tetap membantah bahwa bukan dia pelaku kebakaran. Makiko sampai menyerahkan diri ke polisi walau ketika diinterogasi dia punya alibi dan mereka yakin bukan dia pelakunya. Dia yakin Kiichi yang melakukan hal itu, jadi Makiko berusaha untuk melindunginya. Sebaliknya Kiichi menyangka sang ibu memang yang melakukannya, sehingga dia ingin membela dengan berpura-pura sebagai si pelaku. Jadi siapa sebenarnya si pelaku kebakaran? Apa benar Makiko, Kiichi atau siapa? Apa mungkin justru Satsuki? Motifnya apa?

makiko tersudut
Makiko tersudut oleh Anzu dan lainnya (dok. trailer Youtube)

Plot Cerita Drama Burn the House Down Sangat Intens dan Seru!

Durasi drama Burn the House Down (2023) yang hanya 8 episode dan tak sampai sejam terasa sangat pas. Konfliknya intens, tiap akhir episode menimbulkan cliffhanger yang membuatku dan mungkin kalian akan ketagihan untuk menonton episode selanjutnya.

Dari plot cerita, dorama ini mampu membuat intensitas cerita meningkat dari satu episode ke episode yang lain. Bahkan seperti Jirisan, pelaku sulit tertebak hingga di episode akhir. Cukup banyak keraguan yang timbul untuk menuduh Makiko atau Kiichi, bahkan aku sampai ternganga dengan siapa si pelaku sebenarnya. Memang karakternya rada abu-abu dan tidak ada adegannya sendiri di saat terjadi kebakaran. Beneran soft masuk ke cerita gitu, masuk akal dan bagus sih. Endingnya aku rasa adil buat semua. Bahkan dialog Makiko dengan Anzu-Kiichi yang tetap ingin menjalin hubungan, berasa direstui secara tidak langsung. Aku suka adegan ini. Secara tidak langsung, semuanya saling memaafkan dan berusaha hidup dengan melihat ke depan. Walau Makiko ketahuan aslinya di publik, namun toh dia tetap dicintai apa adanya.

cast drama burn the house down 2023
Para tokoh di drama Burn the House Down 2023 (dok. ogre.natalie.mu)

Karakter Manusiawi dan Penuh Makna

Dari segi pembangunan karakter, semuanya bagus. Tidak ada yang jahat sekali, tidak ada yang baik sekali. Pengembangan karakter juga amat kuat, apalagi dari sisi Kiichi yang darinya tidak ada harapan menjadi lebih baik karena cinta seorang perempuan. Sementara karakter Makiko, dia merepresentasikan sifat manusia yang ingin lebih berkembang namun dengan cara yang salah. Semula hidupnya getir, hamil di luar nikah dengan gurunya sendiri dan akhirnya cerai dengan dua anak dalam kondisi perekonomian yang sulit. Ketika berkenalan dengan ibu dari teman anaknya, Makiko seperti memiliki role model dan akhirnya kebablasan sampai mencuri barang-barangnya agar terlihat populer di komunitasnya. Dari barang curiannya, menjadi karma untuknya terlebih kedua anaknya yang di masa depan hidup terasa jadi sulit karena perbuatan masa lalu. Selain itu secara tidak langsung menghancurkan suatu keluarga. Keserakahan dan iri hati menjadi berbahaya ketika terwujud.

Untuk karakter menyebalkan tentu saja bisa kita berikan gelarnya pada ayah Anzu serta si Shinji. Keduanya rada plin-plan dan penakut. Dari karakter Satsuki, kita bisa mengambil hikmah agar jangan mau jadi istri kaya seperti “boneka”. Dia terlalu baik sampai dimanfaatkan dan “diinjak” oleh orang sekitarnya. Aku terhibur dengan karakter Yuzu yang ceria dan pantang menyerah.

Akting dan Sinematografi yang Apik

Akting para pemain bagus. Mei Nagano sejak dorama Unicorn ni Notte makin keren aja memilih projek. Rupanya dia cocok memainkan karakter gadis lembut namun tegar karena mau balas dendam. Kyoka juga memerankan Makiko dengan sangat apik, wanita yang semula miskin kemudian berubah jadi rakus. Namun rupanya naluri sebagai ibu sangat kuat karena itu sangat protektif kepada anak-anaknya. Ada pula lawan main Mei- Asuka Kudo yang aktingnya menghayati banget sebagai anti sosial. Oh ya, gayanya mengingatkanku pada Kim Hyun Joong saat syuting drama Boys Before Flower. Mungkin pemeran yang terasa rada biasa itu si Taishi (perannya kebanyakan softboy gitu). Tapi secara keseluruhan bagus sih pendalaman akting mereka.

asuka kudo mirip kim hyun joong BBF
Asuka Kudo mirip Kim Hyun Joong BBF kan?

Sinematografinya lumayan karena kebanyakan setting-nya memang di malam hari. Pencahayaannya rada muram serta dark karena mungkin juga ingin menambah aura kelam dari keluarganya Anzu, juga Makiko. Scoring-nya juga pas dalam adegan dan tidak berlebihan, namun sayang tak ada lagu OST yang ngena di hati. Yah sekali lagi mungkin karena memang dark kali ya.

Quotes Berkesan dari Drama Burn the House Down (2023)

Buat kamu yang menyukai series bertemakan pembalasan dendam nan elegan dengan romansa tipis-tipis, sarat makna dalam hubungan keluarga serta ada plot twist-nya, drama ini pasti akan cocok buat kamu. Makna dorama ini yaitu agar tidak kebablasan dalam mengagumi seseorang, jangan terlalu posesif kepada anak sendiri dan cinta dapat mengubah seseorang jadi lebih baik. Ada beberapa quotes dari drama Jepang Burn the House Down (2023) yaitu :

“Jika ibu terus mengumbar hidup keluarga kita, orang akan mulai menyelidiki hal-hal yang Ibu tak ingin mereka tahu.” ~ Shinji

“Tak peduli berapa banyak orang yang membacanya, itu tak bermanfaat bagi siapa pun. Percuma, kan?” ~ Anzu

“Aku tak peduli caramu menjalani hidup. Tapi bisakah kau berusaha untuk tidak merepotkan keluargamu?” ~ Shinji

 “Aku berusaha melupakannya sampai sekarang. Tapi seseorang membuatku sadar aku tak bisa terus menghindar jika aku ingin mengakhirinya.” ~ Kiichi

“Aku terjun ke dalam kegelapan luas untuk mencari satu-satunya kebenaran. Di sana aku berkelana, merasa jawabannya sebanyak bintang di langit. Aku tersandung, bangkit dan tersandung sekali lagi. Tapi kau harus percaya bahwa kompas batinmu akan memandumu ke bintang yang kau cari. Jangan goyah oleh orang lain atau dimanipulasi oleh informasi. Percayalah pada jalan yang kau pilih. Karena di sepanjang jalan, kau pasti akan menemukan hal yang benar-benar penting.” ~ Anzu

Rating versiku : 5/5

Trailer drama Burn the House Down :

 
Share :

Leave a comment