[Playlist] Rekomendasi Musik – November dan Desember 2023

Halo guys! Aku ingin merekomendasikan beberapa lagu alias musik di bulan November dan Desember 2023. Jumlahnya total 23 lagu. Langsung saja cek lagu-lagunya di bawah, ada lagu Jepang, Indonesia, Korea dan Barat 😀

1. ジャニーズWEST – Beautiful (OST. 18-sai, Niizuma, Furin Shimasu)

Akun milik Johnny’s WEST sendiri (grup JPop asuhan Johnny’s Entertainment) merilis MV di Youtube berjudul Beautiful pada 24 September lalu dan sebanyak 3,350,642  yang melihatnya, hanya sayang jumlah like tidak ditunjukkan. Lagu ini merupakan soundtrack penutup dari dorama 18-Sai, Niizuma, Furin Shimasu. Salah satu member Johnny’s WEST- Ryusei Fujii juga menjadi pemeran utama dari dorama tersebut. Makna liriknya berkisah tentang seseorang yang jatuh cinta begitu saja pada seorang gadis dan merasa pujaan hatinya begitu cantik. Btw, aku baru pertama dengerin lagunya Johnny’s WEST dan ini beneran enak diputar berkali-kali.

2. StarBe – Rooftop

Akun StarBe merilis MV lagu mereka di Youtube berjudul Rooftop dari album Fly As One pada 23 November lalu dan sebanyak 611,426 yang melihatnya serta 25 ribu orang menekan tanda suka. StarBe adalah grup yang berasal dari Jakarta dan terbentuk sejak tahun 2019 lalu, sering meng-kover lagu KPop juga. Lagu-lagunya asyik sih, MV ini salah satunya. Liriknya mirip-mirip grup KPop ITZY (yang selalu penuh percaya diri), bermakna bahwa mereka telah berusaha mencapai puncak, ada di atap dan bisa melihat pemandangan dengan jelas.

3. GALAXY – FEEL IT

Selain StarBe, dari agensi mereka – STB Ent dan ProM terdapat grup lain bernama GALAXY. Boygroup ini dengan akun Youtube mereka sendiri merilis MV berjudul Feel It dari album MOVE pada 9 November lalu, sebanyak 172,502 penonton serta 2,7 ribu orang menekan tombol suka. Liriknya berbahasa Inggris campur Indonesia. 

4. Taeyeon SNSD – To. X

Akun SM Town merilis MV To. X dari Taeyeon SNSD pada 27 November lalu, dengan jumlah 4,694,412 penonton dan 217 ribu memberikan tanda suka di Youtube. Lagu ini merupakan bagian dari mini album kelima Taeyeon berjudul sama. Bermakna tentang hubungan rumit pasangan yang sebelumnya saling mencintai namun perlahan-lahan makin menjauh satu sama lain.

5. Novelbright – 雪の音 / Sound of Snow (OST. A Sign of Affection)

Akun Novelbright merilis MV berjudul Sound of Snow pada 21 Desember lalu dengan jumlah 293,088 penonton dan 9 ribu yang memberikan tanda suka di Youtube. Lagu ini merupakan opening dari anime A Sign of Affection. Aku juga baru tahu lagu ini (beserta nama grup dan animenya) dari beranda Youtube-ku. Eh langsung nyantol di telinga XD

6. Junggigo feat. JeA – Sunday Latte (OST. A Good Day to be a Dog Pt. 6)

Akun Junggigo dengan label WM Korea merilis lagu Sunday Latte yang jadi bagian OST drakor Eun Woo berjudul A Good Day to be a Dog di Youtube pada 13 Desember lalu dengan jumlah 35,160 penonton dan 230 yang memberikan tanda suka. Aku belum nonton drakor ini tapi lagunya enak banget, wajib masuk playlist.

7. HYOLYN – BODY TALK (Dance Perf. Video)

Akun Hyolyn merilis MV Body Talk di Youtube pada 29 November lalu dengan jumlah 296,464 penonton dan 20 ribu yang memberikan tanda suka. Lagu dari album berjudul ICE ini bermakna tanpa bicara, namun bahasa tubuh bisa mengungkapkan perasaan pada seseorang. MV dengan dance ini sangat asyik, cocok buat senam XD

8. DAWN – Even If We Disappear (OST. My Demon Pt. 4)

Akun 1theK merilis MV di Youtube disertai cuplikan dari drakor My Demon, berjudul Even If We Disappear dari DAWN yang sejak awal episode sudah muncul. Cukup bersabar karena lagu ini akhirnya rilis sebagai bagian keempat, pada 9 Desember lalu dengan jumlah 610,670 penonton dan 13 ribu yang memberikan tanda suka. Lagu ini juga paling kusuka dari drakor itu, manis banget melodinya dan bermakna tetap mempertahankan cinta meskipun pasangannya tidak kelihatan sekalipun.

9. YUJU – My Whole World is You (OST. The Story of Park’s Marriage Contract Pt. 4)

Akun Warner Music Korea merilis MV di Youtube dengan penyanyinya YUJU dari drakor The Story of Park’s Marriage Contract, pada 9 Desember lalu dengan jumlah 30,458 penonton. Menjadi bagian keempat, lagu ini seperti mengungkapkan perasaannya nona Park yang jatuh cinta terhadap Tae Ha di masa depan. Meskipun kadang dia tidak mengerti perkataan atau tingkah-laku Tae Ha yang memang berasal dari zaman modern, namun perasaan Yeon Woo tidak bisa dibendung.

10. Zion.T feat. AKMU – V (Peace) 

The Blacklabel merilis MV di Youtube berjudul V atau Peace oleh Zion T berkolaborasi dengan Akdong Musician/AKMU (duo yang selalu cool) pada 8 Desember lalu dengan jumlah 1,550,080 penonton yang sayangnya tidak kelihatan berapa jumlah yang menyukai. Sebelumnya di tahun 2021, mereka pernah berkolaborasi dalam lagu berjudul BENCH. Dari album berjudul Zip, lagu ini sesuai judulnya bermakna damai, berusaha untuk lebih menerima keadaan. Bagus!

11. Heize feat. 10CM – 입술 (Stranger)

Akunnya Heize merilis MV berjudul Stranger, hasil kolab dengan 10CM dan modelnya ada Lee Jin Wook (yang lalu main di Sweet Home) di Youtube. Rilis pada 7 Desember lalu dengan jumlah 3,137,872 penonton serta 107 ribu yang menyukainya. Lagu yang berasal dari mini album kedelapan bertajuk Last Winter ini bercerita tentang menerima keputusan pasangan yang ingin menjauh. Ngenes nggak sih? 🙁

12. JESSICA feat. Amber Liu – Get it? Got it? Good 

Akun CORIDEL ENT merilis MV Jessica eks SNSD yang berkolaborasi dengan Amber eks f(x) berjudul Get it? Got it? Good di Youtube pada 15 Desember lalu dengan jumlah 605,551 penonton dan 48 ribu yang menyukainya. Selain lagu ini, ada juga yang dibuatkan MV-nya yaitu Beep Beep dari mini album bertajuk sama. Makna lagu ini yaitu seseorang yang telah menyadari cintanya yang buta dan melepaskan yang dicinta karena tidak ingin terluka serta kesepian lebih jauh lagi. Uniknya lagu ini punya beat yang enak, ditambah rap dari Amber yang keren.

13. YEJI ITZY – Crown On My Head

Akun JYP ENT merilis MV berdurasi singkat di Youtube dari Yeji ITZY berjudul Crown On My Head, rilis pada 19 Desember lalu dengan jumlah 3,745,802 penonton serta 330 ribu yang menyukai. Lagu ini berasal dari album ITZY bertajuk Born to Be yang rilis nanti pada tanggal 8 Januari. Konsep MV berwarna merah hitam, dengan gaya Yeji yang sepintas mirip dengan Avril Lavigne. Badas sekali! Makna liriknya pula, bercerita mengenai seseorang yang memiliki ‘mahkota’ di kepala dan bertekad menerangi dirinya sendiri tanpa memikirkan pendapat orang lain tentangnya.

14. GAC (Gamaliél Audrey Cantika) – THE WAY YOU MOVE

Akun milik GAC merilis MV berjudul The Way You Move pada 15 Desember lalu dengan jumlah 51,546 penonton serta 4,5 ribu yang menyukai. Sejak lagunya Really Really Want, aku jadi makin suka dengan konsep mereka termasuk yang ini- lirik berbahasa Inggris pakai dance tipis-tipis. Arti lagunya menarik pula karena memberikan gambaran rasa bahagia menghabiskan waktu bersama orang yang disuka.

15. YOARI(요아리) – TRUE (OST. My Demon Pt. 6)

Akun 1theK merilis MV dari opening drakor My Demon berjudul True dari penyanyi YOARI pada 23 Desember lalu dengan jumlah 1,730,919 penonton dan 61 ribu yang memberikan tanda suka di Youtube. Lagu ini cukup lama rilis, menjadi bagian keenam dari OST-nya. Aku rasa lagu ini sangat cocok menggambarkan premis dramanya. Melodinya juga bagus.

16. Lee Sung Kyung feat. Lee Chan Hyuk AKMU – Eat Sleep Live Repeat

Akun YG Ent merilis MV aktris Lee Sung Kyung yang kolaborasi dengan Lee Chan Hyuk AKMU pada 13 Desember lalu dengan jumlah 4,568,463 penonton dan 103 ribu yang memberikan tanda suka di Youtube. Uniknya lagu yang merupakan single digital ini merupakan debut solo Sung Kyung sebagai penyanyi. Walau begitu dia memang pernah kolab dengan penyanyi lain seperti Loco, The Papers dan Eddy Kim. Makna lagu Eat Sleep Live Repeat ini seperti judulnya tentang seseorang yang berusaha untuk hidup dengan baik setelah melepas sang mantan yang sebelumnya sangat dicintai.

17. Apink – PINK CHRISTMAS

Akun 1theK merilis MV dari Apink berjudul Pink Christmas pada 11 Desember lalu dengan jumlah 84,941 penonton dan 6,2 ribu yang memberikan tanda suka di Youtube. Single untuk memeriahkan christmas season ini bergenre jazz ballad dan enak banget buat kamu dengarkan. Ada nada plus kalimat Jingle Bells yang sepintas mirip dengan lagu aslinya.

18. NuNew feat. Tan Lipta – เอ๊ะ! (𝐄𝐡!)

Akun DMD Music merilis MV dari negara Thailand berjudul Eh! yang merupakan lagu dari NuNew featuring Tan Lipta pada 13 Desember lalu dengan jumlah 2,284,493 penonton dan 49 ribu yang memberikan tanda suka di Youtube. Lagu ini seperti menggambarkan indahnya pendekatan sebelum naik level ke tingkat pacaran, manis banget melodinya.

19. PiXXiE – ชอบไปหมด (Way Too Cute)

Akun LIT Ent merilis MV lagu Thailand berjudul Way Too Cute dari PiXXiE pada 7 Desember lalu dengan jumlah 1,279,675 penonton serta 33 ribu yang memberikan tanda suka di Youtube. Berasal dari album Rain, liriknya bermakna bahwa seseorang menyukai pasangannya sebegitu dalam, seluruhnya tanpa alasan. Manis banget!

20. HARLOW – Titanic

Akun milik Harlow merilis lyric video pada 5 Februari 2022 lalu dengan jumlah 78,946 penonton dan 1,5 ribu yang memberikan tanda suka di Youtube. Aku dapat lagu ini secara random dari Youtube dan ternyata melodinya enak di telinga. Liriknya berkisah tentang pasangan yang dilanda masalah berat dan jika tetap bertahan maka hubungan mereka akan lebih kuat nantinya.

21. BABYMONSTER – Christmas Without You (Cover Ava Max)

BabyMonster yang sebelumnya merilis lagu debut berjudul Batter Up di Youtube, kembali merilis MV namun meng-kover lagu bernuansa Natal dari Ava Max pada 19 Desember lalu dengan jumlah 18,399,441 penonton dan 408 ribu yang memberikan tanda suka. Hebatnya lagu kover ini bisa berada di posisi ranking ke-94 Top MV. Bagus sih memang lagunya, tidak monoton pakai gerak tangan pula.

22. Jennie Blackpink – 눈 (Snow)/ Snowman (Cover Zion T dan Sia)

Akun Jennierubyjane Official (Jennie Blackpink) merilis kover lagu gabungan dari Snow milik Zion T dan Snowman oleh Sia di sebuah studio pada 23 Desember lalu untuk merayakan christmas season. Video kover lagu ini meraup 7,498,964 penonton dan 914 ribu yang memberikan tanda suka di Youtube. Liriknya sendiri cocok digabung dan bermakna tetap berada di samping seseorang yang dikasihi pada musim salju yang dingin.

23. StarBe – Shutdown (Cover BLACKPINK)

Akun KBS World Indonesian di Youtube merilis MV kover lagunya Blackpink yang grup Indo bawakan yakni StarBe, dalam segmen Diary K-POP Pemuda Indonesia berjudul Shutdown. Rilis pada 30 Oktober lalu dengan jumlah 34,751 penonton dan 3,2 ribu yang memberikan tanda suka. Teknik vokal dengan dance mereka terasa stabil walau dalam keadaan angin kencang di rooftop. Keren!

Ini daftar lagu-lagu atau musik dalam playlist-ku selama bulan November dan Desember 2023, dari Johnny’s WEST, StarBe, Jessica, OST. My Demon sampai kover lagu Natal. Bagi kamu yang ingin tahu playlist asyik di bulan Juli sampai Oktober 2023 lalu bisa cek di sini. Playlist lagu atau musik apa yang kamu suka selama bulan November dan Desember 2023 ini? Bisa dong komen di bawah heheheh 😀

Share :

Leave a comment