[Review Film] Love The Way You Are – 我的青春都是你 (2019)

Judul Film : Love The Way You Are – 我的青春都是你 (2019);

Tgl Rilis : 21 Juni 2019;

PH : CCPL;

Genre/Rate : Comedy, Romantic, Youth / 15+;

Negara Asal : Cina;

Waktu : 90 Menit;

Pemain : Vivian Sung sebagai Zhou Lin Lin, Song Wei Long sebagai Fang Yu Ke, Huang Jun Jie sebagai Xie Duan Xi, Lin Yu Rou sebagai Shi Ru Ting, Chin Shih Chieh sebagai Profesor Wang, Bernard He sebagai anak dari Profesor Wang, Sun Qian Xu sebagai Jie Er


Halo! Film Love The Way You Are – 我的青春都是你 (2019) disutradarai oleh Zhou Tong dan Dai Meng Ying ini cukup telat kutonton, baru saja kemarin hehehe. Pemeran utama ceweknya yang pernah main di film Our Times dan produser film ini Angie Chai yang menangani Meteor Garden jaman dulu. Sejatinya film ini diadaptasi dari sebuah novel berjudul ‘Bei Da Cha Seng’ juga dari trailer tampak pasangan ini sangat imut sehingga membuatku tertarik untuk nonton.

Film ini bergenre kisah cinta anak muda yang mengingatkanku pada Fall in Love at First Kiss. Berkisah tentang seorang cewek yang periang, tidak cantik namun suka menolong teman-temannya yang lemah bernama Lin Lin. Sejak kecil dia suka melawan pelaku bullying. Lin Lin juga suka membagikan lolipop dari toko kelontong orangtuanya pada tetangga secara gratis. Namun sayangnya dia tipe anak yang malas belajar.

film love the way you are

Lin Lin Mulai Belajar Keras Karena Yu Ke

Suatu ketika Lin Lin telah menjadi anak SMA, sang ibu memberinya peringatan untuk mengikuti tingkah pola belajar tetangga mereka, Fang Yu Ke. Bayangan si Yu Ke ini sering kelihatan dari luar dengan lampu yang terang benderang. Jadi Lin Lin akan selesai belajarnya jika lampu Yu Ke telah padam. Betapa gusar dan kesalnya Lin Lin pada tetangganya itu, bahkan sampai pernah bawa pisau segala tapi akhirnya malah memberikan apel pada Yu Ke. Ampun dah.

Kemudian dia mendapat ide dan membuat Yu Ke jatuh cinta pada Ru Ting, cewek yang terkenal pintar dan cantik di SMA mereka. Dia sengaja memberi surat cinta juga tiket bioskop agar mereka menjadi dekat. Taktiknya berhasil dan semingguan Lin Lin terbebas dari beban belajar karena lampu kamar Yu Ke yang padam.

film love the way you are

Namun pada akhirnya, lampu kamar itu kembali menyala karena Ru Ting yang telah pindah sekolah. Durasi menyala lampunya juga terasa lebih lama. Padahal kalau mau dilihat, kadang bayangan Yu Ke dari luar tampak berdiri dan tidak sedang duduk belajar. Lin Lin jadi semakin keras belajar dan begadang. Berkat kerja kerasnya, Lin Lin lulus SMA dan berhasil masuk ke Universitas China Eastern. Tanpa disangka, Yu Ke juga masuk di sana di jurusan yang sama dengannya – Peternakan, setelah Lin Lin melihat Yu Ke dimarahi di sekolah. Lin Lin heran kenapa Yu Ke bisa masuk di jurusan Peternakan, padahal cowok itu pintar.

Kehidupan Kampus Membuat Mereka Makin Dekat

Mereka yang sama-sama masuk di kampus yang sama jalan bareng dan berinteraksi. Ru Ting ternyata masuk di kampus yang sama dengan jurusan bergengsi, Biologi. Namun ada mata kuliah yang membuat mereka jadi sekelas bersama. Lin Lin mendekati Ru Ting, mencoba untuk membantu mendekatkan Yu Ke dan dia lagi. Lin Lin merasa bersalah atas sikapnya dulu pada Yu Ke semasa sekolah. Mana lagi dia mendengar kabar dari teman sekamarnya juga segeng dengan Ru Ting, Jie Er, bahwa Yu Ke itu dulu dicampakkan.

ru ting, jie er dan x
Jie Er, Ru Ting dan siapa (?)

Lin Lin juga tampaknya disukai oleh cowok dari jurusan Biologi bernama Duan Xi. Si cowok meminta Lin Lin menyemangatinya ketika akan tampil di pentas orientasi kampus. Ru Ting kebetulan mau memberi tempat duduknya pada Yu Ke, namun cowok itu malah duduk di depannya dan menyuruh Lin Lin duduk disampingnya. Apalagi ketika Lin Lin banyak berdiri dan menyemangati Duan Xi, Yu Ke menariknya duduk kembali. Kebetulan saat itu bertepatan dengan jawaban Ru Ting atas pertanyaan seorang cowok tentang apa dia ada pacar.

film love the way you are
Duan xi

Yu Ke mendekap Lin Lin. Dia risih dan minta dilepas, namun Yu Ke berkata bahwa Lin Lin adalah pacarnya. Minumannya langsung disembur ke arah Yu Ke saking kagetnya. Hahaha. Ru Ting dkk juga kaget.

Lin Lin kemudian menyadari bahwa perilaku Yu Ke padanya untuk memanas-manasi Ru Ting dengan membuat dia jadi pacar pura-pura. Nah, Lin Lin kemudian meminta Ru Ting untuk menerima Yu Ke yang sepertinya masih ada rasa untuknya. Ru Ting kemudian meminta dia dan Yu Ke pergi ke pesta ultahnya. Teman-teman Ru Ting mendekat, mereka memberi tanggapan yang sama bahwa mungkin Yu Ke memanas-manasi Ru Ting dengan memanfaatkan Lin Lin. Ru Ting pun berpikir sama, soalnya dia juga tidak bertemu dengan Yu Ke ketika mau pindah sekolah, mungkin dia marah dan sakit hati gitu. Jadi GR deh intinya si Ru Ting.

Dosen Rese dan Kelinci Percobaan

Sebuah insiden kecil ketika Lin Lin dan Yu Ke mau pulang, ada seorang pengendara motor ugal-ugalan menabrak seorang bapak di jalan. Pengendara itu masih muda dan sangat sombong. Lin Lin mengejarnya dan hampir saja dapat, dengan kesal dia melempari pengendara itu dengan tas berisi laptop hahaha. Mereka diurus di kantor polisi dan ternyata ayah dari pengendara itu adalah dosen mereka! O iya, ketika pulang dari kantor polisi, Yu Ke sempat mengizinkan Lin Lin bermalam di rumah kakaknya karena kampus terkunci. Mereka anak asrama ceritanya, terus si Lin Lin mengomentari pulpen yang sering ada di kantung baju Yu Ke. Dia sih ngeles katanya ada alasan dia bawa pulpen itu kemana-mana, tapi tidak bilang alasannya, mana diketawain terus sama Lin Lin.

Si dosen rese tadi memberi mereka tugas mengurus kelinci masing-masing satu. Banyak yang tidak mau jadinya meminta si Lin Lin mengurus kelinci mereka karena kebetulan dia penyayang hewan hahaha. Nah, pas dia meminta Yu Ke masuk ke dalam kandang kelinci, cowok itu pingsan. Ternyata trauma masa kecil karena bulu.

Sebelum pesta ultah yang katanya berkonsep Hollywood, Lin Lin mempelajari gaya dance dasar dan mengajari Yu Ke. Sebenarnya Yu Ke bertanya hal yang ganjil, bahwa apa yang dia lakukan ini disukai oleh Lin Lin. Wah… Yu Ke juga membeli banyak baju ketika Lin Lin menyarankannya untuk mengganti kemejanya yang sering itu-itu saja dan terlihat seperti bapak-bapak hahaha.

Mau Latihan Dance atau Kungfu? XD

Ciuman di Pesta Ultah Ru Ting

Di pesta ultah Ru Ting, Lin Lin sudah tiba duluan. Jujur mah, penampilannya aneh dengan kemeja kuliah mana pakai tas dukung lagi hahaha. Tamu lain banyak pakai gaun dan baju rapi. Si Ru Ting bahkan memandanginya dengan aneh. Sayang si Lin Lin tidak sadar dilihat aneh, apalagi ketika dia memberi hadiah ultah keripik pada Ru Ting. Hahahaha. Lin Lin kemudian meminta Ru Ting agar mau berdansa dengan Yu Ke karena cowok itu begitu setia menantinya sejak SMA. Tapi Ru Ting menampik bahwa memangnya si Yu Ke bakalan setia gitu. Wah.

Kemudian Lin Lin asyik minum bareng teman-teman asrama juga bersama Duan Xi. Yu Ke tiba dan mengejutkan semua orang, bahkan Ru Ting kemudian merasa Yu Ke berubah untuknya. Iyap, Yu Ke datang tanpa kacamata, rambut dan baju yang keren. Ganteng banget!

Ru Ting mau mengajak Yu Ke berdansa dengannya, namun dia maunya dansa dengan sang pacar- Lin Lin. Dia segera mendatangi Lin Lin dan menepis tangan Duan Xi, lalu mengajaknya dansa. Lin Lin yang mabuk kemudian menertawakan sikap Yu Ke yang mau dansa dengannya bukan Ru Ting. Yu Ke bilang karena dia pacar masa kecilnya. Lin Lin menampik kalau mereka sejak dulu tidak saling mengenal, jadi tidak mungkin ada cinta. Yu Ke kemudian mencium Lin Lin secara mendadak.

Paginya Lin Lin bersama sang teman terbangun di apartemen Yu Ke. Lin Lin berpikir keras mencari cara untuk putus dengan Yu Ke yang sebelumnya menolak. Bahkan Yu Ke sampai membelikannya laptop baru loh. Lin Lin meminta hal-hal kekanakan seperti membelikan makanan sampai pembalut hahaha. Mengipasi dengan bulu juga, pokoknya kekanakan deh. Tetap saja Yu Ke tidak memutuskan Lin Lin.

Si Ru Ting menemui Yu Ke dan meminta maaf karena tidak menemuinya dulu ketika SMA. Dia meminta mereka dan Lin Lin bisa jadi teman bersama. Sejak itu si Ru Ting berusaha nempel di antara Lin Lin dan Yu Ke. Nah, suatu kali kelincinya Lin Lin sakit dan dia meminta Yu Ke datang ke kandang. Walau dia takut bulu, namun nekad menghibur si kelinci. Mereka jadi lebih dekat sejak saat itu.

Ru Ting Ternyata Bermuka Dua

Kemudian di toilet, Lin Lin mendengar pembicaraan Ru Ting dan teman-temannya. Dia kesal melihat Lin Lin yang sepertinya mulai menyukai Yu Ke. Dia tidak rela Yu Ke akan diambil karena dia tahu Yu Ke sangat menyukainya dulu. Intinya Ru Ting tidak suka dengan kehilangan karena tidak pernah mengalaminya. Lin Lin keluar dari pintu toilet dan mengatai Ru Ting, kenapa suka mempermainkan perasaan orang.

Di kelas, dosen rese meminta menyuntikkan bahan percobaan entah apa yang setelahnya mereka harus mematikan kelinci mereka. Nah, si Lin Lin bersikeras melawan si dosen karena kasihan dengan kelincinya. Dosen itu memberi pilihan jika ada yang setuju dengan Lin Lin dari kelas Biologi, dia masih mau mempertimbangkan. Nah, Ru Ting segera unjuk jari. Sikapnya itu membuat Lin Lin kesal dan di depan Yu Ke, si Ru Ting tampak memelas sok pahlawan hahaha. Yu Ke juga tampak membela Ru Ting.

Lin Lin lebih kesal lagi ketika bicara berdua dengan Ru Ting. Seperti dia duga, untuk jadi mitra kerja Ru Ting meminta Lin Lin menjauhi Yu Ke sebagai syarat. Lin Lin sedih ditambah melihat Ru Ting berpelukan dengan Yu Ke. Kemudian dia mengambil keputusan untuk pergi membawa lari para kelinci dari universitas apapun resikonya. Bagaimana endingnya – siapa yang disukai Yu Ke sebenarnya? Bagaimana kelanjutan nasib kuliahnya si Lin Lin yang nekad?

Kesan Menonton Film Love The Way You Are

Oke, aku mau membahas seputar plot ceritanya. Jika melihat posternya, ditambah ini komedi romantis, biasanya ending akan bahagia dan pemeran utama bersatu. Banyak yang bisa memprediksikannya. Aku suka dengan kilas balik kenangan Yu Ke, mengingatkanku pada film Our Times dan A Little Thing Called love. Kuncinya ternyata sudah ada sejak awal di pulpen merah. Aku baru ngeh setelah melihat kilas balik itu. Hahaha.

Aku sempat terkecoh karena dari awal terlihat si Yu Ke seolah-olah menyukai Ru Ting dan kesal dengan apa yang terjadi di akhir pertemuan mereka semasa SMA. Ternyata ini masalah timing dan sudut pandang doang. Jago sih.

Manis Tapi Kurang Greget

Tapi jujur saja, aku masih merasa rada kurang dengan film Love The Way You Are ini. Pertama, durasinya mungkin menyebabkan plot hole. Satu setengah jam dan terasa banyak yang belum dijelaskan. Potongan masa SMA mereka yang sangat sedikit. Bagaimana hubungan Yu Ke dan Ru Ting dulu, soalnya Ru Ting merasa GR loh sama sikap cowok itu padanya. Lalu, masa tidak ada interaksi sama sekali antara dia dan Lin Lin? Lalu bagaimana Yu Ke tahu Lin Lin kuliah di CEU dan mengambil jurusan peternakan? Bagaimana juga si Yu Ke mendapat fotonya Lin Lin dan membuat grafik belajar di kamarnya? Agak creepy sih hahaha. Oh ya, aku juga tidak tahu apa maksud tulisan di meja belajar Lin Lin. Bukan tanggal atau waktu deh kayaknya.

Kedua, cerita sedikit terlihat tidak realistis. Kenapa juga Lin Lin masuk peternakan, lalu ditanya alasannya dia bingung kenapa ditempatkan disana dan berusaha cari tahu demi masa depan? Jurusan peternakan kalau mau dilihat adalah “buangan” di kampus itu. Seharusnya Lin Lin cari kampus lain gitu dan ambil jurusan yang diminatinya. Intinya aku tidak menemukan alasan Lin Lin masuk CEU.

Si Yu Ke juga kelihatan bucin banget gitu hahaha. Katanya bisa ambil dua jurusan sekaligus di CEU, tapi tidak terlihat hingga akhir film. Sayang sih padahal anak pintar, pasti sudah ada pemikiran mau jadi apa gitu. Aku harap juga si Lin Lin bisa mengarahkan Yu Ke pada bidang apa yang disukainya, mungkin akhirnya tetap di peternakan kali ya? Aku jadi teringat Itazura na Kiss, si Kotoko yang membuat Naoki punya passion jadi dokter.

Juga bisa ya trauma Yu Ke secepat itu hilang? Apalagi trauma yang bisa membuatnya pingsan. Agak aneh sih.

Masih Ada Kekurangannya Yang Lain

Ketiga, masa transformasi Yu Ke yang tidak ada. Habis latihan dansa dan setelahnya pergi ke ultahnya Ru Ting, si Yu Ke langsung jadi keren. Tanpa kacamata, tanpa behel. Helouuu, sayang banget tidak ditunjukkan apa si Yu Ke pakai softlens atau apa. Lalu cara milih pakaiannya bagaimana dari selera kuno bisa jadi bergaya gitu. Rambut juga. Aneh kan. Mana waktu di kampung juga si Yu Ke tidak terlihat kaya gitu, di kampus bisa dengan mudahnya membelikan laptop buat Lin Lin. Nah, bagus juga kalau ditunjukkan pengorbanan si Yu Ke gimana mau beli laptopnya hahaha.

Keempat, rambut Yu Ke di pantai pada adegan terakhir. Kayak habis potong rambut, bandingkan dengan sebelumnya di kampus rambutnya masih rapi. Rambut yang di pantai mirip dengan beberapa adegan jauh sebelumnya, yaitu ketika Yu Ke sedang membuatkan rumah kelinci dari karton di padang rumput.

film love the way you are

Sisi Plus yang Lain

Sisi sinematografi cantik dan warna-warni. Penampilan baju dan makeup Ru Ting juga cantik. Kelinci-kelincinya juga lucu banget, rasanya ingin dielus dan dipeluk. Mau dong satu hahaha. Komedi film ini juga segar dan asyik. Film ini terasa cepat banget habisnya dan seperti membuka kesempatan untuk ada kelanjutannya.

Akting Vivian masih tetap bagus. Aku tidak menyangka dia dan Wei Long beda 7 tahun. Ketika syuting film ini, Wei Long masih 17 tahun. Aku pikir umurnya sedikit lebih tua, hahaha. Tapi ganteng banget gile… Chemistry-nya dan Vivian bagus sih.

Soundtrack-nya aku suka banget. Kuputar berulang-ulang, yang nyanyi Mayday dengan judul I Won’t Let You be Lonely, dengan makna yang sama dengan perasaan Yu Ke. Manis banget 🙂

Film Love The Way You Are – 我的青春都是你 (2019) bisa kamu cari di intenet. Tidak keluar di bioskop Indonesia sih. Yang jelas ini film yang manis dan menghibur deh !

Ada quotes yang ingin kubagi disini :

“Makin aku menyukaimu, makin takut aku kehilanganmu.”

“Aku menyukai kebaikanmu, keberanianmu, kau lebih jujur dari orang lain. Dirimu apa adanya yang aku suka yang tak pernah berubah.”

 

Rating versiku : 3/5

Trailer sekaligus MV bisa dilihat disini:

 

 
Share :

Leave a comment