[Sinopsis & Review Drama] Kiss Sixth Sense ~ 키스식스센스 (2022), Ciuman yang Memperlihatkan Masa Depan

Judul Drama : Kiss Sixth Sense ~ 키스식스센스 (2022);

Tgl Tayang : 25 Mei – 29 Juni 2022;

Stasiun TV / App / PH : Disney+ Hotstar;

Genre / Rate : Supranatural, Romance, Drama / 18+;

Negara Asal : Korea Selatan;

Jumlah Episode / Durasi : 12 eps / 60~ menit;

Pemain : Seo Ji Hye sebagai Hong Ye Seul, Lee Seol A sebagai Ye Seul muda, Yoon Kye Sang sebagai Cha Min Hoo, Moon Woo Jin sebagai Min Hoo muda, Kim Ji Seok sebagai Lee Pil Yo, Lee Joo Yeon sebagai Oh Ji Young, Hwang Bo Ra sebagai Jang Um Ji, Kim Ga Eun sebagai Ban Ho Woo, Tae In Ho sebagai Oh Seung Taek, Yoo Jung Ho sebagai Yeom Kyung Seok, Kim Mi Soo sebagai Kim Min Hee, Jung Ra El sebagai Lee Ye Hong, Yoon Jung Hoon sebagai Kim Ro Ma, Kim Ki Doo sebagai Kang Sang Goo, Kim Jae Hwa sebagai Cho Seon Hee,

Park Sung Geun sebagai Wakil Presdir Zeu.Ad, Yoo Seung Mok sebagai Direktur Mopix, Jeon Jin Ki sebagai Direktur Billy Bed Co., Lee Han Wi sebagai ayah Oh Ji Young, Kim Hee Jeong sebagai Kim Sara (ibu Ye Sul), Um Hyo Sup sebagai Kim Hae Jin, Lee Jae Wook sebagai pemain utama pria di film Haru, Kim Sae Ron sebagai pemain utama wanita di film Haru, Baek Seung Hee sebagai Eun Jung, Lee Dong Gun sebagai ayah Ye Seul, Son Eun Seo sebagai Kim Sara muda


Sinopsis Drama Kiss Sixth Sense (2022)

Annyeong! Drama Korea Kiss Sixth Sense ~ 키스식스센스 (2022) berkisah tentang seorang gadis yang bisa melihat masa depan jika bibirnya menyentuh bagian tubuh seseorang. Suatu kali dia- Ye Seul tidak sengaja mencium atasannya dan dalam penglihatannya, mereka akan tidur bareng. Masalahnya mereka jarang akur. Bergenre supranatural romance, drama original Disney Plus Hotstar ini diangkat dari web komik berjudul sama karya Gatnyeo (갓녀), yang bisa kamu baca di aplikasi Webtoon. Sutradaranya Nam Ki Hoon yang pernah menggarap drama Tunnel dan The Beauty Inside, serta bintang utamanya yaitu Seo Ji Hye dan Yoon Kye Sang. Seo Ji Hye pernah kutonton aktingnya di 49 Days yang waktu itu perannya antagonis dan ngeselin. Di drama ini dia dan Kye Sang malah gemesin hehehe.

dok. kpopmap.com

Drama Kiss Sixth Sense (2022) berawal dari Ye Seul yang bekerja di perusahaan yang menyediakan jasa pembuatan iklan, Zeu Ad. Dia memiliki kemampuan melihat masa depan ketika bibirnya menyentuh bagian tubuh orang lain, termasuk rambut seseorang di kantornya ketika mereka berada dalam lift. Kemampuannya itu beberapa kali meningkatkan kinerjanya, semisal dia pernah memprediksi cuaca akan hujan sehingga menyelamatkan properti ketika akan syuting iklan. Nah, di kantor ada atasan dalam timnya sekaligus mentor– Cha Min Hoo yang kerap memarahi dan meminta revisi apa yang Ye Seul dan rekan-rekannya kerjakan. Yang paling lelaki itu “perhatikan” adalah si Ye Seul ini, apalagi dia lebih tinggi jabatannya dari rekan-rekan dalam timnya.

Ye Seul Tak Sengaja Mencium Min Hoo!

Suatu kali ketika menangani projek kasur dari Billy Bed, malam sebelum syuting, tim Ye Seul yang adalah bagian perencanaan kelimpungan karena hujan turun. Sebenarnya Ye Seul sudah meminta orang di bagian produksi untuk mengatur tempat agar kasur-kasurnya tidak kena air kalau akan turun hujan. Hanya saja kepala tim tadi rada meremehkan Ye Seul. Imbasnya, Min Hoo marah pada Ye Seul dan tidak sengaja gadis itu tersandung lalu mendorong Min Hoo rebah ke kasur. Bibir mereka bertemu. Ye Seul kemudian melihat masa depannya: tidur bareng Min Hoo! Ye Seul segera berdiri dan kaget, sementara Min Hoo menepisnya dengan ekspresi berlebihan.

dok. soompi

Sejak kejadian itu, Ye Seul uring-uringan berada di dekat Min Hoo. Teman kantor yang dekat dengan Ye Seul, Eom Ji bahkan memperhatikan tingkahnya yang aneh. Ye Seul memergoki Min Hoo yang mendekati Oh Ji Young yang adalah klien mereka-model iklan Billy, dikiranya mereka itu pacaran. Ketika sementara mengerjakan projek, Ye Seul tidak sengaja masuk ke ruangan di mana Min Hoo lagi ganti baju. Dia kaget karena lelaki itu tidak punya bekas luka memanjang di punggung seperti yang ada dalam penglihatannya.

Mantan Ye Seul Balik dari Amerika

Benar saja, ketika acara promosi pop-up kasur Billy, Ye Seul hampir kejatuhan properti karena tingkah seorang laki-laki asing. Min Hoo dengan sigap memeluk Ye Seul yang hampir jatuh dan punggungnya terkena properti sehingga menimbulkan luka jahitan. Ye Seul sadar penglihatannya akan menjadi kenyataan. Ye Seul mengantar Min Hoo yang sakit hingga ke rumah dan di meja lelaki itu banyak obat yang membuatnya keheranan. Dia ingin mengecek lagi masa depannya bersama Min Hoo karena itu Ye Seul mendekat untuk menciumnya. Eh Min Hoo terbangun XD

Ye Seul sempat lembur dan saat itu lampu padam. Dia hampir teriak karena terkejut Min Hoo tiba-tiba datang, sehingga lelaki itu membekap mulutnya sebentar. Nah, Ye Seul kemudian mendapat penglihatan bahwa dalam acara ulangtahun Zeu Ad, sepertinya Min Hoo akan melamarnya. Namun ketika pesta berlangsung, malah yang melamar adalah sang mantan pacar, Pil Yo yang baru balik dari luar negeri. Dia baru saja terkenal karena mendapat penghargaan sebagai sutradara atas filmnya yang berjudul Haru. Nah, Haru itu terinspirasi dari kisah pacaran mereka berdua. Jadi intinya, si cewek akan menangis setiap kali ciuman dan membuat pasangannya heran. Masalahnya si cewek tidak pernah mengemukakan alasan kenapa dia selalu menangis dan kemudian meminta putus. Persis sama yang Ye Seul lakukan dulu terhadap Pil Yo.

min hoo sakit dan pil yo datang melamar ye seul
dok. disneyplus

Ye Seul Berusaha Membuktikan Kemampuan Membaca Masa Depan pada Min Hoo

Pulang pesta, Ye Seul minum-minum karena stres mengingat masa lalunya dengan Pil Yo. Min Hoo menyelamatkannya ketika hampir tertabrak mobil. Mereka sempat makan daging dan Ye Seul minum terlalu banyak. Karena mabuk, di dalam mobil Ye Seul memohon pada Min Hoo agar bisa menciumnya supaya dia bisa melihat apa yang terjadi pada mereka di kemudian hari. Dia ingin memastikan penglihatannya lalu. Min Hoo menciumnya dengan bilang kalau itu Ye Seul ya yang minta, aaah so sweet! Nah, paginya Ye Seul terbangun di rumahnya Min Hoo masih dengan pakaian lengkap. Ye Seul kemudian menceritakan kemampuan khususnya dan dia agak takjub dengan Min Hoo yang mempercayainya. Mantannya si Pil Yo saja tidak dia kasih tahu. Karena mau ke kantor, Min Hoo sampai bela-belain membelikan baju buat Ye Seul, mana bermerek lagi sampai Ji Young mengetahuinya.

Si artis Ji Young punya ayah yang seorang dokter dan menangani “penyakit” Min Hoo. Lelaki itu punya kemampuan semua indranya sensitif- sejak umur 13 tahun, apalagi jika ada yang menciumnya. Min Hoo cukup heran karena dia tidak mendapat gejala yang parah setelah mencium Ye Seul. Si Ye Seul yang merasa terganggu dengan penglihatan masa depannya dengan Min Hoo lalu meminta lelaki itu untuk mewujudkannya sekalian. Ye Seul yakin penglihatannya selalu menjadi kenyataan karena memang selalu terjadi. Bahkan dengan Pil Yo, dia sampai minta putus karena yang selalu ia lihat di masa depan si mantan akan berciuman dengan cewek lain sampai ada anak juga. Pil Yo juga makin gencar mendekati Ye Seul dan meminta kencan sebanyak tiga kali sebagai ganti peralatan yang rusak karena pertengkaran mereka ketika putus.

ji young suka min hoo
dok. disneyplus

Pindahnya Ye Seul ke Tim Lain

Ye Seul memberikan bukti pada Min Hoo, dengan mencium tangannya kemudian menceritakan apa yang dia lihat. Beneran terjadi, ketika mereka menangani projek Mopix dengan Ye Seul sebagai kepalanya. Pil Yo mengajak Ye Seul (Min Hoo juga ikut tiba-tiba) ke suatu tempat berpasir seperti di gurun, memutar-mutar kemudian memotret Ye Seul. Min Hoo terlihat rada cemburu. HP-nya jatuh ketika dia menahan Ye Seul yang tersandung dan kejadian itu persis sama dengan penglihatan gadis itu. Potret mobil Mopix yang Pil Yo ambil entah kenapa bisa bocor di internet namun sempat terhapus. Wakil presdir Zeu Ad mengambil keputusan harus ada yang dikorbankan karena kasus itu. Ye Seul yang akhirnya terpindah di tim lain untuk sementara waktu dan juniornya, Min Hee menggantikan dia sebagai kepala projek Mopix.

Ada pembongkaran pertama di rumah Ye Seul oleh seseorang berbaju hitam. Karena dalam kegelapan sehingga wajahnya tidak terlihat dan Min Hoo muncul menolong Ye Seul. Lelaki itu sampai membuatkan pengamanan di rumah itu. Ye Seul heran dengan tingkah Min Hoo dan menanyakan apa lelaki itu menyukainya. Min Hoo keceplosan menjawab iya hahaha. Dari situ perlahan mereka makin dekat dan Ye Seul bertanya bagaimana kalau mereka jadian saja seperti yang Min Hoo inginkan lalu agar mereka bisa tidur bareng. Jadilah mereka pasangan kekasih namun rada canggung.

ye seul menawarkan untuk pacaran dengan min hoo
dok. disneyplus

Ada yang Mengincar Ye Seul dan Ibunya

Walau sudah tidak berurusan dengan projek Mopix, Ye Seul membantu Pil Yo dengan memberikan data iklan lamanya. Min Hoo sempat menunjukkan foto masa kecil dia dan Ji Young karena Ye Seul rada curiga akan hubungan dia dan si artis, yang bagi Min Hoo hanya menganggap adik. Rupanya Ye Seul mengenali Ji Young sebagai model cilik di iklan yang ayahnya buat dulu. Ye Seul juga sempat tampil di iklan Mopix itu. Video lama iklan itu kemudian menjadi ide Pil Yo dalam projek kali ini. Si anak perempuan menjadi pengantin dan menaiki mobil Mopix. Intinya, mobil Mopix setia dalam beberapa tahun menemani hidup seseorang gitu. Konsep ini kemudian diterima dan ketika direktur Mopix mendengar dari Min Hoo serta presentasinya Pil Yo kalau itu ide Ye Seul, gadis itu akhirnya kembali ke dalam tim satu. Dia menjadi kepala projek itu lagi, menangani urusannya hingga selesai.

Ada pembongkaran rumah Ye Seul lagi, dengan foto-foto sang ayah di album maupun di dinding hilang seperti ada yang mengambil. Kali ini ada ibu Ye Seul, seorang pelukis yang datang dari Amerika dan akan menyelenggarakan pameran. Namun sang ibu seperti memahami sesuatu dan tidak menceritakannya pada Ye Seul.

ye seul jadi kepala projek mopix kiss sixth sense 2022
dok. disneyplus

Syuting Iklan di Jeju

Syuting iklan Mopix dilakukan di pulau Jeju. Min Hoo menangkap “sinyal-sinyal” aneh seseorang yang sepertinya menguntit Ye Seul. Nah, Ye Seul sempat jadi semacam stuntman buat Ji Young yang kakinya terkilir dengan mengenakan gaun pengantin. Ji Young yang tahu Min Hoo menyukai Ye Seul, masih tidak terima akan hal itu. Dia mencium Min Hoo dan Ye Seul memergoki mereka. Ye Seul sangat marah dan meminta agar mereka lebih baik putus saja. Belum benar-benar terlihat pacaran sih mereka ini terus mau putus aja XD

Min Hoo merasakan gejala tidak enak dengan keringat yang terus mengucur, namun dia bergegas mencari keberadaan Ye Seul karena dia merasakan ada orang yang mengincar sang pacar. Untung saja dia berhasil menemukan Ye Seul yang hampir tertabrak mobil. Min Hoo kemudian menceritakan pada Ye Seul kalau dia akan sakit jika ada yang menciumnya kecuali gadis itu. Dia merawat Min Hoo semalaman, paginya mereka keluar dari gedung dan tepergok oleh Pil Yo dan Ji Young. Pil Yo terlihat maklum dan menarik Ji Young pergi dari hadapan mereka. Sementara Ye Seul malu-malu dan tidak ingin terlihat oleh teman sekantor mereka.

ye seul berpakaian pengantin di kiss sixth sense 2022
dok. disneyplus

Ye Seul Mengetahui Rahasia Min Hoo

Ye Seul curiga Min Hoo memiliki kemampuan khusus, sehingga dia sengaja mengambil penerbangan lebih lama dari rekan-rekan kerjanya yang lain. Dia membuat Min Hoo menemukannya di bandara. Akhirnya Min Hoo mengakui kelima indranya yang sangat sensitif. Ye Seul menerimanya dan maklum karena dia juga bisa melihat masa depan dengan ciuman. Bahkan dia juga mulai memperlakukan Min Hoo seperti kekasih, mereka tidur bareng dan mencuri-curi kesempatan untuk saling memeluk juga mencium di kantor memanfaatkan kemampuan si pacar.

Pacarnya ibu Ye Seul ditabrak orang, membuat gadis itu cemas. Dia juga melihat masa depan Min Hoo yang tertusuk dan masuk RS. Dengan galau Ye Seul menceritakannya pada Min Hoo, lalu meminta untuk saling jaga jarak. Min Hoo merasa gadis itu akan aman jika tinggal bersamanya, namun Ye Seul begitu takut, jadi dia meninggalkan surat untuknya yang berisi niat untuk pergi ke Amerika. Sayangnya Ye Seul belum sempat pergi karena si pelaku mengejarnya ketika keluar dari rumah! Kira-kira apa yang akan terjadi? Bagaimana hubungan Ye Seul-Min Hoo selanjutnya? Rahasia apa yang terjadi di masa kecil mereka berdua? Apa motif si pelaku yang mengincar Ye Seul dan ibunya? 

drama kiss sixth sense 2022
dok. disneyplus

Plot dan Akting Drama Kiss Sixth Sense (2022) Cukup Bagus

Untuk plot cerita, drama ini cukup seru. Aura dramanya kayak ada nuansa kriminal gitu, tidak salah karena sutradaranya saja pernah menggarap Tunnel. Dari awal hingga akhir episode, ada kejutan-kejutan yang menggerakkan cerita. Jadi tidak terbuka sepenuhnya dan membuat kita menebak ada apa sih dengan masa lalu Min Hoo dan Ye Seul. Apalagi ketika terlihat Min Hoo mengenal Ye Seul sejak lama namun gadis itu tidak. Lalu kenapa bisa Ye Seul putus dengan Pil Yo. Juga ada apa di balik kematian ayah Ye Seul. Nah misteri-misteri itu terbuka secara apik dan eksekusinya cukup bagus.

masa kecil ye seul dan min hoo kiss sixth sense 2022
dok. disneyplus

Untuk kemampuan akting, para aktor dan aktris di sini sudah cukup senior jadi memang tidak meragukan lagi. Yoon Kye Sang saja punya banyak film juga drama. Kim Ji Suk juga. Hanya saja, pemilihan cast-nya memang terkesan sangat dewasa. Jadi dramanya juga lebih tampak dark dengan cerita yang bukan hanya sekadar supranatural romance, namun ada unsur misterinya juga. Padahal kalau di webtoon, karakternya terlihat berumur 20-an, sementara di drama seperti umur 30 ke atas. Karakter Ye Seul juga lebih riang dan suka menjahili Min Hoo, kalau dalam drama si Ye Seul-nya rada cuek dan agak kalem karena sang atasan sering memarahinya hahaha. Jadi kalau Ye Seul sedikit bertingkah konyol, masih belum terasa kocak gitu. Min Hoo yang di awal rada cool mendekati akhir drama rada aneh juga.

Bicarain Para Tokoh dan Kisah Cinta So Hwan yuk!

Pengembangan karakter sangat terasa, terlebih untuk karakter Ye Seul dan Min Hoo. Bahkan karakter sampingan juga loh, tak terkecuali juniornya Ye Seul- Min Hee. Walau dia lemah, namun dia tahu diri dengan kemampuannya dan berusaha lebih baik lagi. Kadangkala dia iri pada sang senior, tapi dia tahu kemampuannya memang belum sebaik itu dan menjadi motivasinya untuk maju. Bukannya melakukan hal-hal licik seperti seniornya yang lain di tim produksi dalam meningkatkan karier. Lanjut ke karakter Ye Seul, ketika masih muda dia merasa tidak nyaman akan penglihatannya. Namun sekarang dia tidak ingin gagal lagi dalam percintaan dan menempatkan dirinya dengan lebih berani. Min Hoo juga akhirnya mau terbuka akan kekuatan khususnya, walau mungkin Ye Seul akan pergi.

Aku juga mau mengomentari kisah cinta Pil Yo yang agak tragis. Ditinggal pas lagi sayang-sayangnya tanpa tahu alasan apa. Setelah tahu pun, dia tidak bisa meraih Ye Seul dan memilih pergi untuk kembali. Kisah cintanya bahkan dia tuangkan dalam karya film, sedikit mirip dengan Taylor Swift dalam membuat lagu. Tapi yah namanya bukan jodoh, mau gimana lagi. Nah, jadi selanjutnya chemistry Pil Yo dan si artis Ji Young terasa cocok gitu. Di awal mereka saling adu mulut karena satu sama lain rada meremehkan, eh malah jadi teman minum buat curhat. Cocoklah di ending mereka saling hadap-hadapan dan senyum mereka seakan melegakan. Aku bahkan langsung membayangkan mereka akan bahagia ke depannya, eyah.

ji young dan pil yo pacaran
dok. disneyplus

Karakter Sampingan Penggerak Cerita

Untuk karakter lain, ada sepupu Ye Seul- Ho Woo dan sahabat Min Hoo- dokter Seung Taek yang memiliki kisah cinta tak biasa. Dari saling berbagi selama seminggu, Ho Woo tidak meneruskan hubungan mereka dan malah bertemu lagi dengan Seung Taek di RS. Ironisnya Seung Taek jadi dokter senior dan sering mengoreksi jawaban dari tiap pertanyaannya untuk Ho Woo. Lelaki itu tidak rela karena diputusin begitu saja dan membuat Ho Woo agak tidak betah. Ada juga karakter paman di bar, yang selalu mendengarkan keluh kesah Ye Seul namun rupanya menjadi tokoh kunci. Di awal aku sempat berpikir masa sih si paman cuma numpang lewat doang, eh ternyata memang ada maksud kenapa karakter ini ada. Hanya saja memang kelihatan banget si pelaku yang mengincar Ye Seul itu siapa, sejak wajah si lelaki berbaju hitam dalam adegan di dalam mobil lebih tampak. Terlihat setengah wajah saja tapi mudah tertebak.

paman di bar que sera sera
dok. disneyplus

Sinematografi dan Soundtrack yang Bagus

Dari sisi sinematografi, banyak pemandangan indah yang tersaji. Apalagi di bagian ending, ah… aku suka sekali dengan suasana malamnya dari cahaya bangunan serta lampu jalan. Baju-baju para pemain juga bagus, outfit kerjanya Ye Seul keren, bahkan si artis Ji Young tidak tampak berlebihan baik kostum maupun makeup-nya. Aku juga dapat pengetahuan mengenai agensi periklanan dari drama ini, yang cukup menarik sejak aku menonton tema seperti itu terakhir di drama SP Jepang, Dekinai Futari.

awal dan ending drama kiss sixth sense 2022
dok. disneyplus

Drama ini punya soundtrack yang bagus-bagus. Lagunya banyak yang berlirik bahasa Inggris dan maknanya cocok dengan isi drama. Bikin baper pula. Aku suka lagu di opening-nya, juga yang judulnya Here We Are, Kiss Sixth Sense, Stay With Me, Give You Everything dan My Americano. Sudah pernah kubahas di sini. Cara tim produksi menyisipkan lagu-lagunya ke dalam drama juga sangat pas dalam membangun emosi.

outfit ye seul drakor kiss sixth sense
dok. disneyplus

Kekurangan dalam Drama Kiss Sixth Sense (2022)

Untuk jumlah episodenya yang hanya 12, aku rasa itu sudah cukup. Konfliknya jelas dan penyelesaian juga sudah bagus. Namun ada hal yang terasa mengganjal:

  • Biasanya penglihatan Ye Seul langsung terkait dengan orang yang dia sentuh lewat bibirnya. Ada orang yang mau melamarnya dikirain Min Hoo karena dia yang Ye Seul sentuh, padahal malah si Pil Yo. Apa mungkin karena ketika adegan lamaran itu ada Min Hoo yang mengawasi mereka? Entahlah.
  • Sikap Min Hoo yang sangat berbeda setelah kehilangan kemampuannya. Dari yang pertama agak tenang, eh malah menggoda Ye Seul dan nyuruh dia untuk buka baju atau dibukain olehnya. Rada cringe sih. Ye Seul juga sering bertengkar dengan Min Hoo setelah mereka jadi pasangan normal dan kayak anak kecil banget. Malah ketika mereka masih punya kemampuan, cara berpacaran mereka terkesan lebih dewasa XD
  • Ketika ada yang masuk rumah Ye Seul, di ep.6 Min Hoo bisa masuk di dalam dan memanggil orang membuatkan sistem keamanan di rumah. Tapi hanya di bagian jendela yang ber-alarm, tapi Min Hoo juga memasang CCTV. Kok bisa si pelaku menyusup sampai meletakkan kamera-kamera kecil untuk memantau Ye Seul? Tidak ada penjelasan cara si pelaku juga Min Hoo yang sebelumnya bisa masuk. Bahkan cara si pelaku menghindari kasus pembunuhan ayah Ye Seul dan tidak tertangkap oleh polisi bertahun-tahun itu membuatku sedikit heran.

Quotes yang Bijak Dari Drama Kiss Sixth Sense (2022)

Makna drama Kiss Sixth Sense (2022) menurutku adalah jangan takut dengan masa depan walau kemungkinannya tidak cerah. Hiduplah untuk hari ini dengan sebaik-baiknya, siapa tahu masa depan akan jadi lebih baik. Selain itu, jangan meremehkan orang bermental ‘sakit’ di sekitar karena bisa saja menjadi bumerang untuk kita nantinya. Akan lebih baik kita menemaninya untuk berobat, menjadi teman dalam mengatasi penyakitnya.

poster drama disney plus hotstar kiss sixth sense 2022
dok. disneyplus

Bagi kamu yang suka genre romantis bercampur fantasi juga misteri, drama ini akan cocok untuk ditonton. Ringan dan durasinya tidak panjang, tak akan membuat otak jadi mumet. Ada beberapa quotes dari drama Korea Kiss Sixth Sense ~ 키스식스센스 (2022) ini :

“Aku lebih suka bertaruh pada kemampuan, otak, dan pencapaianku. Bagiku tidak ada yang lebih memuaskan selain bekerja keras.” ~ Ye Seul

“Keseimbangan pekerjaan itu tidak ada. Kita tidak mendapat waktu luang saat malam. Seluruh hidup kita adalah bergadang.” ~ Eom Ji

“Strategi yang diikuti risiko besar sering membawa perubahan karena memiliki potensi besar.” ~ Min Hoo

“Jika tak punya stamina, milikilah keahlian. Jika harus bergadang dua malam untuk menyelesaikan sesuatu, pelajari keahlian untuk melakukannya dalam satu hari.” ~ Min Hoo

“Akhir film itu adalah awal dari kenyataan. Begitu bagian credit habis, aku yakin itu awal dari film baru.” ~ Pil Yo

“Pemikiran untuk datang mendapatkanmu dan tak pernah membuatmu menangis lagi, itu yang membuatku terus bertahan.” ~ Pil Yo

 

Rating versiku : 4/5

Trailer Drama Kiss Sixth Sense (2022) :

 
Share :

2 thoughts on “[Sinopsis & Review Drama] Kiss Sixth Sense ~ 키스식스센스 (2022), Ciuman yang Memperlihatkan Masa Depan

  1. Langsung masukin dalam listku. Aku suka drama genre begini. Biasanya ga berat2 amat, cocok jadi refresher kalo abis nonton Drakor yg thriller atau horor ?. Biasanya tiap abis nonton yg seram atau menegangkan, aku butuh drama lain yg lebih ringan mba.

    Penasaran juga Ama temanya, Krn bisa membaca masa depan ?

    Dan seneng episodenya ga banyak, hanya 12.

     

Leave a comment