[Review Komik] Goong Special: The Night of Byeolshin – So Hee Park

Judul Komik : Goong Special: The Night of Byeolshin;

Pengarang : Park So-Hee;

Penerjemah : Dwita Rizki Nientyas;

Tahun Terbit/ Cetakan: 2016 / 1;

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama – M & C;

Genre/Rate : Drama, Romance, Mystery / R-Remaja;

Negara Asal : Korea Selatan;

Tebal Buku :  248 hal.


Halo, ini postingan ulasan komik pertamaku di blog ini. Goong Special : The Night of Byeolshin karya Park So-Hee merupakan komik spin-off dari seri Goong atau versi drama Koreanya berjudul Princess Hours. Pemeran utamanya yang berakting sebagai raja di drama Netflix, Kingdom. Komik ini isinya warna semua dan cantik banget dimulai dari kover. Dicetak dari webtoon dengan judul asli “Goong Wejeon, Byeolshineui Bam”.

Aku sempat tertipu dengan blurb yang ada di kover “… yang ceroboh akhirnya menikah setelah menghadapi berbagai rintangan.” Kupikir ini adalah kisah setelah Shin-Chae Kyeong menikah (atau bersatu) kembali. Semacam kisah lepas setelah Goong berakhir. Ternyata bukan, hiks. Malah waktunya ketika mereka masih sama-sama jaim di awal pernikahan 🙁

Cerita Masih dalam Pernikahan Shin & Chae Kyeong

Latar waktu cerita Goong Special ini sekitar satu setengah bulan setelah pernikahan terjadi. Semula Putra dan Putri Mahkota akan berlibur di Jeju, namun Raja membatalkannya dan mengganti tempat yang dituju ke desa Hahoe Andong. Shin kemudian mencurigai ada sesuatu yang harus diselidiki mereka. Sementara sang nenek sampai mengutus kasim untuk pergi ke Hahoe untuk membuat Shin-Chae Kyeong lebih dekat. Bahkan mengutus Hyo Rin, mantannya Shin juga untuk kesana hahahaha.

Di desa Hahoe, ada proses pembuatan ulang tiga topeng dari jaman dulu (Goryeo) yang ternyata tidak pernah dilihat siapapun sebelumnya. Ada seorang lelaki yang memimpin proyek rekonstruksi bersama muridnya yang dikenal jenius bernama Heo Yoon Seong. Darisitu Shin curiga pada pemuda itu, berpikir kenapa bisa topeng yang tak pernah dilihat mampu dibuat olehnya.

Di desa itu juga ada legenda mengenai proses pembuatan 14 topeng, yang tiga diantaranya hilang dan yang terakhir hampir selesai namun karena seorang gadis menjenguk si pembuat topeng, maka dewa marah dan membuatnya tewas seketika. Si gadis yang merasa bersalah akhirnya loncat dari tebing dan menewaskannya juga.

Chae Kyeong sempat memakai salah satu topeng dan berusaha menyatakan perasaan, tapi kacau karena melihat Hyo Rin yang lewat. Hal itu membuatnya sempat bertengkar dengan Shin. Apalagi ketika dia bertemu dengan Yoon Seong yang bersikap ramah namun ‘menusuk’ padanya. Chae Kyeong heran mengapa dia merasa seperti telah mengenal lama sosok Yoon Seong. Bahkan dia juga merasa pernah melihat topeng yang hilang itu!

Apa Dulu Chae Kyeong Punya Hubungan dengan Yoon Seong?

Ada hal-hal yang mengganggu Chae Kyeong juga Shin. Suatu malam Chae Kyeong pernah terbangun karena sosok asing dari luar pintu entah siapa yang menuduhnya sebagai penyebab topeng terakhir tidak selesai. Juga ketika ada topeng yang dirusak oleh entah siapa padahal tenggat waktu festival sudah semakin dekat.

Selain hal-hal tadi, Chae Kyeong semakin yakin bahwa dirinya pernah ada “hubungan” dengan Yoon Seong di masa lalu. Shin juga baper ketika tidak sengaja melihat isi kertas permohonan milik Chae Kyeong yang diikat di pohon. Setelah itu, Shin merasa kesal melihat Chae Kyeong bersama Yoon Seong.

Shin kemudian berusaha menyelidiki siapa perusak topeng dan menemukan akar masalah yang berasal dari legenda tadi, berkaitan juga dengan Yoon Seong dan Chae Kyeong.

Nah, kamu baca saja ya sampai habis komik Goong Special ini untuk tahu bagaimana sih endingnya. Hehehe. Aku suka dengan alurnya, membuat Chae Kyeong sedikit terharu mengetahui bahwa Shin ternyata memedulikannya.

Ada adegan romantis pasangan istana ini namun tidak banyak. Tapi cukuplah yah untuk mengobati rindu, juga membuat hubungan mereka terlihat lebih dekat. Aku suka adegan malam dimana Shin mencium kepala Chae Kyeong, juga ketika Chae Kyeong duduk bersandar pada punggung Shin. So sweet gimana gitu …

Warna-warni yang digunakan di komik ini juga cantik dan visual sudah lebih baik dari komik sebelumnya. Seperti biasa hanbok dan baju ala Chae Kyeong tetap keren dan anggun. Hanya ada satu adegan dimana Shin mendorong Chae Kyeong agar tidak terlalu mendekatinya, disitu warna iris matanya jadi hijau seperti Shin. Padahal warnanya adalah coklat kekuningan.

Ada Sedikit Hal yang Membingungkan dari Edisi Spesial Ini

Dari konten, yang aku sesalkan kenapa So-Hee tidak menjelaskan apa itu Byeolshin sebenarnya, aku masih bingung. Itu artinya topeng atau? Juga bagaimana tiga topeng di legenda bisa hilang dan siapa yang mengambil? Kenapa tidak satu saja yang hilang, apalagi yang terakhir itu yang tidak selesai dibuat kan.

Sisi penerjemahannya juga sangat baik. Kertasnya tebal dan tidak bau. Harga terjangkau kalau aku dapat di Shopee, ongkirnya yang lumayan. Tapi lebih murah memang dibanding Gramed lalu. Lagipula komik ini juga sudah lama tidak ada stoknya di Gramed, untung saja dapat dari toko online masih dalam kondisi bagus dan tersegel.

Semoga Park So-Hee berkenan mau membuatkan kisah lanjutan setelah Shin-Chae Kyeong rujuk kembali. Padahal itu sih yang ditunggu-tunggu, hehehe. Nanti aku akan ulas juga komik Goong, mohon bersabar ya. Oke, aku sangat merekomendasikan komik ini untuk pengobat rindu pada mereka. Juga kalaupun kamu yang belum baca Goong sama sekali, atau tidak pernah nonton Princess Hours, masih bisa ngerti kok ceritanya karena komik lepas 🙂

goong special cover

Rating versiku : 3/5

 
Share :

Leave a comment