[Review Drama] Kingdom – Season 1 (2019)

Judul Drama : Kingdom Season 1;

Tgl Tayang : 25 Januari 2019;

Stasiun TV : Netflix;

Genre : Historical, Thriller, Fantasy;

Negara Asal : Korea Selatan;

Jumlah Episode / Durasi : 6 eps / 43-56 menit;

Pemain : Joo Ji Hoon sebagai Putra Mahkota Lee Chang, Ryu Seung Ryong sebagai Cho Hak Joo, Bae Doo Na sebagai Seo Bi, Kim Sang Ho sebagai Moo-Young, Kim Sung Gyu sebagai Young Shin, Kim Hye Joon sebagai Ratu, Jung Suk Won sebagai Beom Il (anak Cho Hak Joo), Heo Joon Ho sebagai An Hyun, Jeon Seok Ho sebagai Beom Pal (hakim Dongnae)


Annyeong! Kingdom Season 1 adalah drama Korea tahun 2019 kedua setelah The Crowned Clown yang kutonton sekarang. Dramanya hanya pendek dan per episodenya terasa sangat cepat. Aku saja hanya menghabiskan waktu sehari untuk nonton semua karena sangat seru. Pertimbanganku ingin menonton drama ini, karena ada Joo Ji Hoon, pemeran utama Princess Hours favoritku sepanjang masa. Apalagi dia berperan jadi putra mahkota disini, teringat Lee Shin juga sih. Disini namanya juga ada marga Lee yaitu Lee Chang. Alasan kedua, tentu saja kekuatan plotnya. Ceritanya mirip-mirip film Rampant, tentang zombie di era Joseon yang tengah mengalami krisis perebutan tahta. Ketiga, sutradara dan penulis cerita ini hebat. Ada Kim Eun Hee sebagai penulis drama Signal dan Kim Seong Hun sutradara drama Tunnel. Keempat, Kingdom adalah drama Korea original pertama di Netflix. Kan keren.

Untuk review season kedua-nya bisa kamu lihat disini. (ditambahkan pada 20-3-2020)

Putra Mahkota yang Selalu Dihalangi Ratu

Cerita drama Kingdom Season 1 bermula dari putra Mahkota Lee Chang yang ingin menemui ayahanda Raja. Namun walau dia memohon dan berlutut di depan kediaman Ratu, tetap saja ditolak. Sang ratu adalah anak dari menteri berpengaruh, Cho Hak Joo yang hampir seisi istana adalah bawahannya. Ratu memberi alasan bahwa siapa yang akan menggantikan tugas negara jika dia nanti tertular campak karena menjenguk Raja. Sebenarnya Lee Chang khawatir karena banyaknya rumor yang tersebar tentang sang raja yang sebenarnya sudah meninggal. Selama sepuluh hari Lee tidak boleh menemui Raja.

Ratu

Lee Chang hanyalah anak selir dan jika ratu yang sedang hamil besar akan melahirkan anak lelaki, maka dia bisa saja akan digulingkan. Untuk itu ternyata dia memimpin pemberontakan secara halus dan menghimpun para pelajar. Namun hal itu diketahui oleh Cho yang memanfaatkan dengan berniat untuk menangkapnya. Sebelum ditangkap, dia pergi mencari tahu di kediaman Raja. Dia sempat melihat bayangan seorang yang berubah seperti monster dan berbau busuk. Namun dia ketahuan oleh Beom Il, kepala komandan istana yang juga anak dari Cho. Sang raja menurut mereka sedang berada di kediaman Ratu.

Putra Mahkota Mencari Tahu Tentang Sakit Raja

Pengawal pribadi Lee, Moo Young, berhasil mendapatkan jurnal kesehatan Raja. Setelah raja diketahui sakit keras, sudah tidak ada lagi catatan selanjutnya. Mereka mendapatkan titik terang dengan nama tabib yang tertera di catatan terakhir. Lee meminta Moo Young menemaninya mencari tabib Lee Seung Hi di Jiyulheon, Dongnae.

drama kingdom season 1
Moo Young

Sesampainya di Jiyulheon, ternyata ada kekacauan besar. Mayat-mayat berada di bawah kolong rumah yang penuh dengan barikade bambu berdarah-darah dan mereka tidak menemukan si tabib. Dengan gusar, Moo Young meminta pejabat setempat untuk membereskan mayat-mayat tadi dan membawa mereka ke kantor hakim yang baru, Beom Pal.

drama kingdom season 1
Beom Pal

Si terduga pelaku datang di biro dan mengakui hal mencengangkan: para mayat bisa hidup lagi setelah matahari terbenam! Semuanya mengira dia gila sampai akhirnya kenyataan muncul di depan mata.

drama kingdom season 1
Young Shin

Makanan yang Mengubah Manusia Jadi Zombie

Sang terduga yang bernama Young Shin ini semula bersama tabib Seo Bi. Si tabib merawat rakyat yang menjadi korban perang dan kelaparan. Mereka menantikan tabib yang akhirnya muncul kembali dari Hanyang, istana Raja. Namun sang tabib membawa Dan-I yang sudah mati dengan luka-luka mengenaskan di tubuhnya. Si tabib mengurung diri dalam kamar selama berhari-hari. Itu membuat Young Shin gelap mata dan merebus Dan-I, memberikannya untuk dimakan orang-orang yang dirawat disitu.

Naas, mereka yang memakannya mati dan berubah menjadi zombie! Dari sini kita akan mulai menyadari ada yang aneh dari Raja, setelah Dan-I dan tabib melayaninya. Raja sepertinya menjadi zombie!  Ditambah dengan adanya dayang yang melihat mayat dikeluarkan dari istana. Kita juga bisa melihat mayat-mayat itu dibuang ke dasar danau istana. Dari Seo Bi, Lee Chang mulai mengetahui keanehan Raja.

drama kingdom season 1
Seo Bi

Daerah Dongnae diliputi oleh rakyat yang menjadi zombie. Seo Bi mengatakan bahwa sebelum si tabib mati, dia mengatakan ada obat dari penyakit yang disebabkan tanaman pembangkit. Karena itu Seo Bi ingin mencarinya di lembah Beku. Dan-I meninggal sebagai manusia sehingga si tabib merasa ramuan yang diberikan berhasil jadi obat.

Mereka Pergi ke Jiyulheon

Seo Bi menolong hakim Beom Pal dan terkurung dalam penjara. Sementara Young Shin menolong para wanita dan anak di lantai atas sebuah bangunan. Putra mahkota dan pengawalnya akan masuk ke barak namun ditutup. Paginya, dia menemui mereka di biro hukum dan memberikan perintah untuk mengevakuasi rakyat di kapal, memberikan sinyal api agar istana melihatnya. Ketika Lee ingin mencari jurnal si tabib agar jadi bukti kejahatan Cho, ternyata tabib telah berubah menjadi zombie dan mulai menyerang. Kebetulan ada Beom Il disitu dan membuatnya berubah jadi zombie juga. Lee yang merasa terancam akhirnya menebas kepalanya.

Namun, kapal yang hanya tersisa satu dibawa lari oleh para bangsawan. Beom Pal sempat ragu apa putra Mahkota dapat berhasil lolos dari Dongnae. Apalagi dia mulai menyukai Seo Bi. Insiden terjadi di atas kapal, tenyata salah seorang ibu bangsawan menyelundupkan mayat putranya. Dia melepas si anak dan akhirnya seisi kapal berubah jadi zombie. Beom Pal berhasil lolos.

Lee memutuskan agar yang tersisa ikut ke Jiyulheon karena tidak ada tempat untuk mereka lolos dari zombie, sedangkan hari sudah mulai malam. Di perjalanan mereka hampir saja tidak lolos karena ada zombie yang mengejar. Disini rasanya sangat menegangkan. Lee terlihat sangat ingin menolong rakyatnya, mendorong gerobak yang membawa orangtua walaupun berat dan sempat terperosok. Walau hampir digigit, Lee tetap kukuh. Rakyat melihat keteguhan hatinya. Bahkan dia walau terkena tendangan bola anak-anak, dia tidak marah dan memberikan dendengnya untuk mereka yang disitu.

Misteri Ahn Hyeon

Utusan istana datang untuk menangkap Lee. Tanpa banyak tanya, mereka memanah rakyat disitu, bahkan si anak kecil ikut mati. Sedih. Dengan taktik dan juga pertolongan Seo Bi dan Young Shin, mereka berhasil lolos dari situ. Mereka menuju ke Sangju untuk menemui Ahn Hyeon. Lee ditetapkan sebagai pengkhianat. Apalagi Cho mengetahui anaknya mati di tangan Lee, sehingga membuat dia sangat marah.

Lee berhasil menemui Ahn Hyeon. Sebelumnya mereka menemukan fakta kapal karam adanya zombie tadi dikuburkan di daerah itu. Mereka melawan para zombie dan Ahn Hyeon menolong mereka membasmi zombie. Seo Bi sempat curiga dan bertanya pada Moo Young siapa sebenarnya Ahn Hyeon. Karena dia seperti mengetahui yang mereka hadapi tadi adalah zombie. Moo Young sempat ingin memperingatkan Lee, tapi dia tidak menginginkan untuk diganggu.

drama kingdom season 1
Ahn Hyeon

Memang sekilas diperlihatkan Ahn Hyeon adalah pahlawan perang dan ada tugu yang memperingati kepahlawanannya yang memakai 500 orang untuk melawan beribu orang. Di situ juga ada beberapa kubur dan membuatku penasaran akan Young Shin yang mendekati kubur yang dipasangi dupa. Aku heran kenapa beberapa kali di dekat tugu peringatan, Young Shin meludah. Pun, Moo Young curiga pada Young Shin yang sepertinya adalah klan Chakho yang pemburu handal harimau dan pandai menggunakan senjata. Klan itu berasal dari daerah ini.

Kasus Tiga Tahun Lalu yang Misterius

Aku curiga sih Young Shin tahu sesuatu tentang kasus tiga tahun lalu yang melibatkan Ahn Hyeon dengan Cho. Young Shin juga di episode satu berniat untuk mencari tabib Lee. Sempat disebutkan bahwa Cho sangat yakin Ahn Hyeon tidak akan berani melawannya karena kasus yang tak disebutkan itu. Dan anehnya si tabib mengundurkan diri tiga tahun lalu, Ahn Hyeon juga terlihat seperti diasingkan dengan pakaian putihnya. Kemungkinan berhubungan dengan zombie juga. Karena si tabib sempat diancam Cho agar menggunakan hal tiga tahun lalu pada raja, karena Cho tidak mau Raja mati sebelum anaknya lahir dari Ratu.

Di istana, ketua pelajar ditangkap karena ketahuan menjadi bawahan Lee menjadi pemberontak. Cho sebelumnya memperlihatkan pada mereka bahwa Raja berubah menjadi zombie. Sinyal api dikirim dari Dongnae karena ada wabah zombie. Di sisi lain sebuah bangunan, ada istri dari Moo Young yang hamil bersama ibu-ibu hamil tunawisma. Mereka diberi makan oleh seorang wanita tak dikenal. Proses melahirkan seorang ibu di situ agak mencurigakan, karena tidak terdengar suara tangisan bayi. Pun di istana diperlihatkan Cho memperhatikan napi yang setelah makan daging terinfeksi, menjadi zombie dan memakan teman napinya. Aku sempat takut mereka di bangunan tadi diberi makan daging terinfeksi, tapi ternyata tidak.

drama kingdom season 1
Istri Moo Young

Esoknya kegusaran Moo Young agar Lee berhati-hati terbukti. Pengawal istana elit datang dan ingin menangkap Lee. Ahn Hyeon menjebak mereka tepat di tengah kediaman dan memanah mereka karena tidak setia pada Lee. Di situ diberikan flashback bahwa Ahn Hyeon memperingatkan Lee, ada surat untuk dia yang menyuruhnya menahan Lee agar menginap di situ dan pasukan akan datang. Lee heran karena tidak mungkin istana tahu. Ahn Hyeon mengatakan bahwa salah satu dari teman mereka adalah mata-mata Cho.

Siapa Sang Mata-Mata?

Nah, disini aku heran karena sepertinya tidak mungkin teman dari Lee, bahkan si Beom Pal sekalipun karena dia juga baru tahu Lee akan diringkus. Aku lebih curiga lagi pada Ahn Hyeon. Sayang sih kalau dia beneran jahat, padahal dia adalah guru Lee dulu dan terlihat baik. Namun, siapa tahu kasus tiga tahun lalu membuatnya beralih pada Cho? Entahlah.

Melalui Ratu, Cho menitahkan agar gerbang-gerbang di barat dan timur ditutup. Cho berniat membunuh Lee dengan tangannya sendiri. Lee memutar otak agar dapat melawan zombie yang akan segera datang menemui mereka. Dia memimpin semuanya disitu dengan memberikan perintah penjagaan ketat sepanjang malam. Anehnya para zombie tidak kunjung datang sampai pagi. Di sisi lain, Seo Bi yang mencari tanaman obat untuk Raja bersama Beom Pal, mencapai Lembah Beku dan mendapatkan tanaman pembangkit yang berwarna ungu. Namun, ternyata para zombie mengelilingi mereka berdua.

Lee dan pasukannya sangat heran melihat burung-burung beterbangan dengan cepat menuju area mereka. Dari kejauhan, para zombie datang berlari menuju mereka! Baik Seo Bi dan Lee sama-sama kaget, kenapa zombie bisa hidup di pagi hari. Seo Bi sempat bergumam, bukan matahari yang zombie takutkan, tapi kemungkinan suhu udara. Cho juga menatap area Lee sampil bergumam bahwa apa mereka pikir ini sudah selesai. Dia sepertinya tahu sesuatu tentang zombie itu.

Banyak Misteri yang Mungkin Terjawab di Season Selanjutnya

Wah, drama Kingdom Season 1 ini daeeeebak sekali. Keren banget. Ceritanya menegangkan, walau ada kelucuan sedikit yang terselip, tapi tidak membuat tensinya menurun. Plot cerita sangat menarik dan rapi, ada flashback yang muncul beberapa kali namun mudah untuk dimengerti. Bahkan dapat menjadi twist. Contohnya di akhir drama, ada rahasia Ratu yang membuatku tercengang dan sama sekali tidak bisa menebaknya. Dari sini aku jadi berpikir, apa jangan-jangan anak yang akan dilahirkan di bangunan penampungan ibu hamil tunawisma tadi akan diberikan pada Ratu? Entahlah.

Pun ada banyak pertanyaan yang menggantung. Seperti kasus tiga tahun lalu, Cho yang tahu banget tentang zombie, rahasia Ratu dan apa Cho juga mengetahuinya, siapa sebenarnya Young Shin dan kelanjutan cerita yang nantinya akan muncul di season dua. Dengar-dengar mereka akan memulai syuting di bulan Juni, jadi bisa saja munculnya tahun depan. Sedih sih harus menunggu lama. Tapi iya juga, agar kualitas dramanya bisa bagus. Apalagi budget untuk drama ini besar loh.

Drama Dengan Alur dan Akting yang Mumpuni

Akting para tokoh sangat bagus. Make-up zombie juga bagus. Gore-nya alias adegan berdarah banyak muncul disini, tidak seperti film Rampant yang nanggung. Namun drama ini tidak akan membuat kita ngeri dan tutup mata. Walaupun ini drama, terasa sangat berkualitas khas film bioskop. Soundtrack tidak ada jadi hanya ada instrumen.

Karakter yang kusuka disini tentu saja Lee Chang, putra Mahkota yang ingin menjadi berbeda dari para pendahulunya. Ia mau mensejahterakan dan menolong rakyat. Young Shin juga karakter menarik nan misterius, selain itu tipe pemberani dan spontan.

Pokoknya kalian wajib nonton ini, apalagi buat pecinta film zombie seperti Train To Busan. Recommended!

Ada quotes dari drama Kingdom season 1 yang ingin kubagi disini :

Aku berbeda. Aku berbeda dengan yang menelantarkan orang-orang ini, dan aku berbeda dari klan Haewon Cho! Aku takkan pernah menelantarkan orang-orang ini (Putra Mahkota Lee Chang)

Berjuang dan menang melawan kejahatan itu adalah satu-satunya cara menegakkan keadilan (Ahn Hyeon)

Rating versiku : 5/5

 

Trailer bisa kalian lihat disini:

 
Share :

Leave a comment