[Review Drama] Kingdom – Season 2 (2020)

Judul Drama : Kingdom Season 2;

Tgl Tayang : 13 Maret 2020;

Stasiun TV : Netflix;

Genre : Historical, Thriller, Fantasy;

Negara Asal : Korea Selatan;

Jumlah Episode / Durasi : 6 eps / 36-56 menit;

Pemain : Joo Ji Hoon sebagai Putra Mahkota Lee Chang, Ryu Seung Ryong sebagai Cho Hak Joo, Bae Doo Na sebagai Seo Bi, Kim Sang Ho sebagai Moo Young, Kim Sung Gyu sebagai Young Shin, Kim Hye Joon sebagai Ratu, Jung Suk Won sebagai Beom Il (anak Cho Hak Joo), Heo Joon Ho sebagai An Hyeon, Jeon Seok Ho sebagai Beom Pal (hakim Dongnae), Park Byung Eun sebagai Min Chi Rok, Jin Seon Kyu sebagai Deok Sung, Kim Tae Hoon sebagai Lee Kang Yoon, Kim Kang Hoon sebagai raja muda, Ahn Eun Jin sebagai istri Moo Young


Annyeong! Drama Kingdom season 2 ini benar-benar ditunggu sejak tahun lalu. Dengan 6 episode lagi, masih Kim Eun Hee sebagai penulis dan Kim Seong Hun serta Park In Jae sebagai sutradara. Mengudara lagi di Netflix yang akan ada season 3-nya dengan tokoh baru di akhir season ini, yaitu Jun Ji Hyun!

O iya, mau memperingatkan bahwa konten review Kingdom season 2 disini mengandung SPOILER tapi tidak seratus persen sih hahaha. Niat awalku untuk membuat sinopsis siapa tahu kamu tertarik nonton, bisa di-skip yang lain lah penjelasanku. Juga buat yang sudah nonton, mungkin ada hal yang membuatmu bingung, bisa baca juga konten ini hehehe.

Lee Chang Berusaha Selamatkan Rakyat

Cerita bermula dari putra mahkota Lee Chang dan pasukannya yang kewalahan menghadapi para zombie sehingga memutuskan untuk mundur ke dalam benteng Sangju. Hampir saja mereka tidak bisa masuk, hanya lewat kanal kecil di sisi utara sungai yang terkunci. Salah satu prajurit Ahn Hyeon bahkan berkorban menjadi kunci dari kanal itu, sedihnya πŸ™

Sementara itu, di gerbang Sungrye, menteri kemiliteran (atau pertahanan?) datang dan diberitahu dari kepala divisi komandan kerajaan bahwa ada insiden para wanita sehabis melahirkan dibunuh beserta bayi-bayi perempuan mereka. Kebetulan di desa Naeseonjae terdapat kediaman pribadi dari ratu. Nah lo. Si kepala komandan berniat mencari tahu pelakunya.

review kingdom season 2
Menteri dan Kepala Komandan

Di benteng Mungyeong Saejae, sang tabib cewek Seo Bi dan Beom Pal datang untuk menemui sang paman Cho dan meminta menerima mereka. Beom Pal rada parno takut dikejar zombie hahaha. Ahn Hyeon yang sekarang mendukung Lee Chang, ketika sendirian pelayannya menyinggung tentang Cho yang pernah menipu mereka tiga tahun lalu. Obrolan mereka didengar si Moo Young.

Moo Young memberitahu Lee mengenai obrolan itu dan mereka sebaiknya pergi saja darisana, tapi Lee malah bilang bahwa ada orang yang menjadi mata-mata di antara mereka semua karena prajurit istana bisa tahu posisi mereka. Dia bahkan bertanya apa si Moo Young yang beritahu. Lee mulai curiga padanya.

Rencana Lee Menyerbu Cho, Gagal Karena Mata-Mata

Terjadi kebakaran bahan makanan yang tak disengaja, membuat Lee harus berpikir otak agar rakyat yang mereka selamatkan tidak kelaparan yaitu dengan pergi ke Mungyeong untuk membunuh Cho. Sementara itu pengetahuan tabib Seo tentang khasiat tanaman pembangkit diketahui oleh Cho, sehingga dia ditahan di kamp karena siapa tahu nanti bisa berguna.

Cho menyiapkan jebakan begitu Lee datang. Dia dikunci dalam istana dan zombie raja di lepas didalamnya. Jadi, memang mau tidak mau Lee harus “membunuh” raja agar dirinya bisa selamat. Ahn Hyeon berusaha membuka palang istana itu dan ditembaki dengan brutal. Ketika dia punya tenaga lebih membukanya, kebetulan tampak Lee sedang menebas kepala sang raja. Itu menjadi bukti Lee membunuh ayahnya sendiri di depan banyak orang disitu.

Kekosongan raja membuat para menteri berembuk soal pemakaman dan pengganti. Menteri kemiliteran kemudian meminta kepala komandan untuk segera mengusut kasus wanita hamil yang mati di Naeseonjae sebelum ratu melahirkan. Lee ditangkap oleh Cho dan tabib Seo diminta untuk melihat luka-lukanya Lee. Disitulah Lee meminta tabib itu membangkitkan Ahn Hyeon dengan tanaman pembangkit dan berubah jadi zombie. Si zombie datang ke arah Cho dan menggigit pipinya.

Kebenaran Tiga Tahun Lalu dari Ahn Hyeon dan Cho

Kemudian muncul kilas balik peristiwa 3 tahun yang lalu. Kebenaran yang membuat Cho benar-benar terlihat jahat. Akhirnya terjawab sudah penasaranku dari season 1, bagaimana Ahn Hyeon bisa terikat dengan Cho. Lee akhirnya diterima oleh kepala pasukan kelima yang semula memihak Cho, karena dia melihat sendiri wabah zombie yang muncul pada diri Ahn Hyeon dan kebenaran mengenai sang raja yang diubah Cho jadi zombie. Pidatonya Lee disini keren banget mengenai hasratnya untuk menghilangkan wabah dan mencegah kelaparan pada rakyat, sampai si Young Shin juga terpana.

review kingdom season 2
Kepala Pasukan Kelima

Lee menyuruh yang lain membawakan makanan melewati kanal sebelumnya ke benteng Sangju. Sudah lebih jago taktik putra mahkota kita ini hehehe. Ketika tabib Seo sedang sibuk merawat Cho, Moo Young – pengawal pribadi Lee muncul dan membawa dia serta Beom Pal untuk pergi darisana. Di tengah hutan mereka berhenti. Seo curiga dan bertanya pada Moo Young. Dengan itu terungkap obat yang sering dicari Beom Pal– obat yang sepertinya ada kaitan dengan para wanita hamil.

Cho yang mulai sadar karena desakan Moo Young, meminta Beom Pal sesuatu dan akibatnya datang pengawal yang menyerang Moo Young. Seo dan Beom Pal pergi dari gubuk itu atas permintaan Moo Young untuk menyelidiki obat tadi. Moo Young kemudian pergi menemui Lee di tengah jalan bersalju dengan panah-panah yang menancap di punggungnya. Disitulah Moo Young meninggal di pelukan Lee yang teringat masa dimana dia memintanya untuk setia. Sedih euy πŸ™

Ratu Berhasil Memiliki Anak Lelaki

Seo dan Beom Pal gusar karena kondisi Cho makin menurun. Seo mengingat-ingat karakteristik korban wabah sebelumnya dan berpikir mereka itu takut air. Segera dia mencelupkan Cho ke dalam bak dan seperti yang diduga, Cho sembuh, ada parasit yang keluar dari pipinya. Sementara itu sebelum meninggal Moo Young meminta Lee pergi ke Naeseonjae, untuk melihat istrinya yang belum lama selesai melahirkan. Sayang sang bayi sudah ada dalam pelukan ratu.

Lee mengutus Young Shin untuk menemui Seo dan melihat keadaan dari istrinya Moo Young. Kemudian Seo menceritakan soal parasit tadi pada Lee yang membuat Cho bisa sembuh, tapi dengan cara apa tidak sempat diceritakan. Seo kemudian diminta Lee agar membuat dirinya sendiri menjadi tabib ratu. Cho menyetujui dan memintanya memeriksa nadi ratu. Rahasia ratu pun terungkap, sudah kuduga hehehe. Namun Cho yang tidak mau anak diluar klan keluarga, mengambil keputusan untuk mengasingkan ratu namun ternyata minumannya diracuni oleh
ratu– anaknya sendiri. Ratu selama ini selalu merasa diremehkan oleh sang ayah karena seorang perempuan.

Lee pergi ke pinggir pantai dan menemui kerabatnya yang seorang nelayan. Mungkin mau direkrut kali ya, tapi sepertinya sang paman menolak. Kemudian dalam perjalanan pulang, Lee heran dengan Young Shin yang selalu bersama mengikutinya. Lee ternyata sudah tahu sejarah kelam Young Shin yang ingin membalas dendam keluarganya (sepertinya jadi korban prajurit desa yang dijadikan zombie sama Ahn Hyeon 3 tahun lalu). Namun Young Shin dengan tulus berkata bahwa dia berharap Lee akan membawa sedikit perubahan bagi kerajaan.

review kingdom season 2
Paman Lee

Lee Berusaha Merebut Takhtanya Kembali dari Ratu

Beom Pal diangkat menjadi kepala komandan kerajaan oleh ratu, sementara Seo tanpa sepengetahuannya dibawa ke penjara bersama-sama dengan “senjata akhir” yang disiapkan Cho dulunya yang sekarang menjadi alat ratu. Ckck. Lee mengumpulkan pasukan yang setia padanya untuk mengambil takhtanya kembali.

Kepala pasukan kelima diutus Lee untuk menemui menteri kemiliteran dan mempersiapkan rencana. Kemudian dia pergi melapor pada pihak istana dimana posisi Lee sekarang dan ratu mengutus para pengawal untuk mencari di posisi yang dikatakannya. Sementara Lee dkk masuk ke istana dengan cara menyamar, sehingga pengawal yang tersisa sedikit karena dijebak ke tempat lain merasa kewalahan. Para tahanan yang hampir dihukum mati akhirnya dibebaskan, Beom Pal tidak tega juga mau menghukum mereka. Semuanya termasuk dia mengikuti Lee untuk menemui ratu.review kingdom season 2

Taktik Terakhir Sang Ratu

Ratu dengan tenang menemui Lee di istana utama dengan baju lengkapnya sambil menimang anak lelakinya Moo Young. Pelayan ratu melepas zombie-zombie dari penjara dan membiarkan mereka berkeliaran di istana. Keadaan istana begitu sulit, atas perintah Lee semua gerbang ditutup.

review kingdom season 2

Seo bersama ratu di istana utama. Suasana kacau dan para zombie itu dapat masuk. Seo selamat dengan sang bayi karena api dari lampu. Sementara Lee dkk punya rencana memancing para zombie ke belakang istana dengan melewati atap. Ini adegan yang sangat seru, apalagi pas adegan lari ke waduk beku di area belakang istana. Bagaimana mereka menunggu zombie datang dan waduk itu sulit untuk dipecah.

review kingdom season 2

Kemudian pertaruhan takhta berikutnya antara Lee dengan “anak angkat” ratu yang selamat. Hingga Chang memutuskan sesuatu yang terlihat di tujuh tahun kemudian. Dimana terlihat wabah sudah tidak ada lagi, namun rupanya tanaman pembangkit ditemukan di berbagai daerah. Ternyata ada penjualnya, disitulah Lee harus mencari tahu siapa dalangnya, sementara parasit yang pernah ada di tubuh “anak angkat” ratu ternyata masih ada dan sepertinya akan tumbuh! Rahasia besar tanaman pembangkit yang dipikirkan tabib Seo mungkin adalah ini. Saling berkesinambungan yahhh.

Cast Kingdom Season 2

Masih Ada Pertanyaan Season Sebelumnya yang Belum Terjawab

Wah, Kingdom season-2 nya tetap daebakkkk! Keren banget. Ceritanya masih menegangkan. Plot cerita tetap rapi, menjelaskan apa saja yang menjadi pertanyaan dari season sebelumnya. Seperti siapa pengkhianat alias mata-mata yang membuat setiap rencana Lee terbongkar, khususnya ketika rencananya menyerbu Cho gagal dan malah disekap bareng zombie raja. Aku pikir Ahn Hyeon, eh eh, ternyata pelakunya diancam toh, memang klan Cho jahat banget.

Apa yang terjadi di tiga tahun lalu bisa terjawab disini. Walau latar belakang Young Shin tidak terlihat. Kupikir di flashback Ahn Hyeon akan disertakan kisahnya, ternyata tidak. Aku cuma bisa menyimpulkan saja dari kejadian itu. Masih ingat ep 5 di season 1 ketika Young Shin pergi ke desa asalnya Sumang dan bercerita dengan seorang anak (mungkin adiknya)? Muka yang diperban setengah-setengah itu mirip dengan karakteristik remaja yang menjadi salah satu korban zombienya Ahn Hyeon dan Cho 3 tahun lalu. Juga masalah ratu bisa dengan mudah diduga karena wanita-wanita hamil yang disekap. Sayang sih gara-gara Cho, ratu jadi ambisius tidak ketulungan. Budaya mengutamakan kaum pria di drama ini sangat kental menonjolkan apa yang terjadi di masa lampau πŸ™

Hanya saja aku rada bingung dengan ending season-1 dan lanjutan ke seri-2 nya. Tabib Seo kan pergi ke lembah Beku untuk mencari obat dari wabah. Tapi kok di episode satu season ini, malah tidak dapat karena ada zombie, jadinya mereka pergi ke rumah Cho? Terus sampai ending tidak ada obatnya, hanya cara bagaimana supaya orang yang digigit bisa selamat yaitu dimasukkan dalam air. Sementara obat yang digunakan guru Seo untuk Dan-I tidak ketemu dan juga tidak dibahas sampai ending. Parahnya di season selanjutnya, membahas hal lain yaitu penjualan tanaman pembangkit dan ada rahasia besar lain darinya. Aku harap obatnya bisa terjawab disana hahaha.

Mari Menebak Apa yang Akan Terjadi Selanjutnya dari Ending!

Ending Kingdom season 2 disini benar-benar banyak yang menantikan. Bagaimana tidak, ada Jun Ji Hyun gitu loh! Mungkin dia jadi tokoh antagonis ya? Tumben hehehe. Oiya, selain itu parasit yang entah darimana ada di tubuh raja muda itu membuat bingung sih. Apa telur parasitnya bisa bertahan tujuh tahun dalam tubuh? Berarti Lee dkk yang pernah tergigit juga bisa kena hal yang sama dong. Penasaran deh.

Raja Muda dan Jun Ji Hyun

Paman Lee yang nelayan itu ternyata ambil bagian dalam kerajaan sekarang. Sepertinya dia begitu bijak dan berada di pihak Lee. Ngomong-ngomong wajahnya mirip Morgan (artis Indo) ya? Hehehe. Selain itu sepertinya ibu dari raja muda akan mendapat peran lebih di season berikutnya. Entah dia tahu Lee menolongnya dulu dan berniat membantu merawat raja dari jauh, atau malah ingin balas dendam?

Paman Lee dan Ibu Raja Muda

Akting para pemain tetap bagus. Zombie disini kurang tampil, lebih mencolok ke kisah politiknya. Karena itu para pemain mendapat banyak porsi, termasuk menteri kemiliteran dan divisinya. Ada salah satu pemain Because This Is My First Life loh disini. Tapi tenang saja, adegan greget dan action-nya masih banyak kok.

Tokoh dan Sisi Politik yang Lebih Banyak Ditonjolkan

Karakter yang kusuka disini masih tetap Lee Chang, sang putra Mahkota yang lebih memikirkan rakyatnya daripada diri sendiri. Bahkan sama si mata-mata sekalipun, dia sampai rela menyerahkan takhtanya. Aku juga masih suka dengan Young Shin, orang baik dari kalangan bawah yang setia menemani Lee. Karena ada ketambahan tokoh disini, aku jadi suka dengan orang-orang divisi komandan dan kemiliteran kerajaan. Mereka tahu harus memihak siapa. Mantap dah.

Dari segi sinematografi, tetap keren dan sekelas film bioskop. Dari scoring juga tetap keren dan menampilkan ketegangan. Lagu OST tidak ada, tapi tidak berpengaruh kok. Pokoknya kalian wajib nonton Kingdom season 2 ini, apalagi buat pecinta film zombie seperti Train To Busan atau Rampant. Jangan lupa nonton season-1 nya yah, recommended!

Ada quote dari drama Kingdom season 2 yang ingin kubagi disini :

Darah keluarga kerajaan? Jangan bermimpi. Darahmu, darahku, atau darah golongan bawah di jalanan sana, semua hanya darah berwarna merah. (Paman Lee Chang)

 

Rating versiku : 5/5

Trailer bisa kalian lihat disini:

 
Share :

Leave a comment