[Review Film] Alive (2020) K Movie

Judul Film : Alive (2020);

Tgl Rilis : 24 Juni 2020;

PH : Lotte Entertainment, ZIP Cinema Perspective Pictures, Netflix;

Genre/Rate : Zombie, Thriller, Action / 17+;

Negara Asal : Korea Selatan;

Waktu : 99 Menit;

Pemain : Yoo Ah In sebagai Oh Joon Woo, Park Shin Hye sebagai Kim Yoo Bin, Lee Hyun Wook sebagai Lee Sang Chul, Oh Hye Won sebagai polisi wanita yang terinfeksi, Jeon Bae Soo sebagai ‘penyelamat’ yang punya istri zombie, Lee Chae Kyung sebagai si ‘zombie istri’


Annyeong! Kali ini aku bawakan sinopsis film Alive (2020) yang disutradarai oleh Cho Il Hyung dengan bintang utama Yoo Ah In dan Park Shin Hye. Didasarkan dari skrip Hollywood berjudul Alone oleh Matt Naylor, film ini menceritakan serangan zombie yang entah darimana dan bagaimana menginfeksi Korsel, pemuda-pemudi terperangkap di sebuah apartemen dan berusaha untuk bertahan hidup. Si pemuda adalah live streamer game dan ia memanfaatkan medsos untuk berinteraksi dengan dunia luar. Film ini juga disiarkan secara global melalui Netflix.

Seorang Live Streamer Game Mencoba Bertahan Hidup dari Gempuran Zombie

Alive (2020) dimulai dengan seorang gamer bernama Oh Joon Woo yang sehari-harinya menyendiri di apartemen. Orangtua dan saudarinya sedang pergi agak lama dan dia kemudian mendapati berita mengenai virus yang membuat orang berlagak seperti zombie, saling menyerang dan makan-memakan. Dia juga melihat sendiri dari balkon perilaku orang-orang disekitarnya sudah tidak terlihat lagi seperti manusia. Bahkan ada tetangganya yang sempat masuk ke dalam kamarnya dan berubah jadi zombie, untung saja Joon Woo berhasil mengusirnya dan segera membentengi diri dengan berbagai peralatan di balik pintu.

dok. lofficielthailand.com

Sinyal HP-nya mulai melemah dan dia mulai kesulitan mencari kabar orangtuanya. Dia sempat membuat video dan mengunggah statusnya untuk mencari pertolongan di medsos. Persediaan air akhirnya mulai menipis dan jaringan internet sudah tidak ada lagi. Joon Woo mulai menyadari betapa bahayanya kondisi sekarang, ditambah ketika dia melihat dari balkon seorang polisi wanita dikerubungi zombie. Disitu dia mengikuti nalurinya untuk berteriak dengan niat mengusir para zombie kelaparan itu. Ulahnya sempat membuat zombie mendobrak-dobrak pintunya dan dengan sigap Joon Woo membuat ‘monster’ itu terjatuh dari balkon.

Joon Woo kini mulai berhalusinasi akan kedatangan keluarganya. Benar-benar terlihat hopeless dan kesepian. Pada akhirnya dia mendapat kabar dari HP-nya, orangtuanya tidak bisa menyelamatkan diri dari terjangan zombie. Akhirnya merasa sendiri, dia kemudian bertekad untuk gantung diri. Belum lama tali terikat pada lehernya, ada cahaya laser / pointer merah yang mengusiknya. Joon Woo kemudian sadar bahwa dia tak sendiri dan ada orang di seberang apartemennya!

dok. deadline.com

Ada Penghuni Gedung Lain di Dekat Joon Woo

Mereka kemudian saling pandang dan menanyakan nama masing-masing melalui tab agar suara mereka tidak kedengaran oleh para zombie. Joon Woo terlihat kelaparan dan si gadis di seberang apartemen mengiriminya makanan. Ada satu zombie yang tertarik dengan tali yang dibuat si gadis dan akhirnya dia dengan lincah memanjat bak pro naik ke balkon yang membuat Joon Woo gregetan mau menyelamatkan. Untung gadis bernama Yoo Bin itu tidak lama pingsannya.

Joon Woo mengirimkan walkie-talkie, sedikit makanan dan baju pada Yoo Bin setelah mencoba keluar berburu dari kamarnya. Namun sudah cukup lama dan persediaan mereka mulai habis, keduanya memutuskan untuk keluar dan pergi mencari makan. Akhirnya karena sulit menembus keramaian zombie di luar gedung, mereka kembali menuju  apartemen.

film alive 2020
dok. lofficielthailand.com

Sempat diburu zombie dan hampir saja terbunuh, mereka berdua berhasil diselamatkan seorang lelaki paruh baya di dalam kamar apartemen. Diberikan makan dan minum, namun Joon Woo mulai curiga apalagi ketika mereka berdua mulai mengantuk. Nah, Yoo Bin dimasukkan dalam kamar yang ternyata ada zombienya, istri dari lelaki itu. Sontak Joon Woo berusaha menyelamatkan dan karena dari dalam seperti tidak ada suara, mereka membuka pintu dan si suami itu akhirnya dimakan istrinya sendiri.

Lari dari kamar itu, mereka mencoba mengecoh para zombie yang mengejar. Satu-satunya harapan mereka yaitu di atap apartemen, apalagi terdengar suara helikopter yang lewat membuat semangat mereka berkobar. Sayang sesampainya di atas, helikopter itu pergi tanpa melihat mereka yang sangat putus asa. Akankah mereka bisa selamat? Apakah usaha Joon Woo selama ini berinteraksi dengan medsos akan membuahkan hasil?

Latar dan Makeup Lumayan Baik Tapi Alur Cerita Mudah Ditebak

Secara sinematik, film ini cukup bagus menggambarkan visual ketegangan di apartemen dengan banyak zombie yang menakutkan. Ada beberapa adegan yang seolah menggambarkan situasi yang dilihat tokoh utama dibalik kacamata VR-nya. Scoring atau musik latar juga mendukung dalam membangun ketegangan dalam cerita. Makeup zombie juga terlihat bagus.

film alive 2020
dok. Tribun Jogja

Walau disayangkan ceritanya mudah ditebak dan endingnya mengingatkanku pada film The Crawl. Mirip. Konfliknya juga agak mirip dengan webtoon horor School Attack yang berada dalam satu lingkup sekolah dan ada orang yang berusaha menjegal si tokoh utama. Ketegangan yang dibangun dalam film ini juga walau perlahan tapi tidak terlalu mencekam. Tapi secara plot cerita sudah lumayan baik.

Makna film ini yaitu media sosial ternyata dapat menjadi tempat untuk “meminta tolong” dan memperoleh bantuan. Misalnya saja nih ya… ada seorang ibu yang memposting kondisi anaknya yang terkena sakit dan masuk RS dengan keadaan ekonomi yang sulit. Lalu statusnya itu jadi viral dan akhirnya banyak yang memberikan bantuan untuk si ibu. Intinya, medsos dan internet juga punya sisi positif. Makna yang kudapat juga yakni tiap orang pasti akan butuh bantuan dari orang lain. Manusia tidak bisa hidup sendiri.

film alive 2020
dok. CNN Indonesia

Film Alive (2020) ini cocok untuk kamu yang ingin menonton film berdurasi pendek, tidak terlalu berdarah-darah, minim sekali konflik dan sekadar menghibur dari rasa penat. O iya, sambil baca review boleh dong dengerin lagu-lagu enak disini 😀

 

Rating versiku : 3/5

Trailer bisa lihat disini :

 

 
Share :

Leave a comment