[Playlist] Rekomendasi Musik – November dan Desember 2022

Halo guys! Aku ingin merekomendasikan beberapa lagu alias musik di bulan November dan Desember 2022. Langsung saja ya cek lagu-lagunya di bawah, ada lagu Jepang, Indonesia, Korea dan Barat 😀

1. Utada Hikaru – First Love 2022 Mix

Akun Netflix memanjakan penggemar drama Jepang First Love dengan memberikan MV berisikan potongan series-nya. Lagu ini sebenarnya sudah lama namun menjadi OST drama ini karena memang terinspirasi dari liriknya. Kalau kamu dengarkan baik-baik lagu ini, ada dua bagian yang terasa beda dengan versi tahun 1999. Masih ingat lagu ini jadi OST dorama jadul dulu yang bintang utamanya si Hideaki Takizawa kan? MV ini rilis pada 8 Desember di Youtube dan sebanyak 2,096,045 yang melihatnya serta disukai oleh 44 ribu orang. Dari nadanya sudah bikin baper, apalagi lirik dan dramanya sendiri yang mengisahkan tentang cinta pertama dengan manis sekaligus pahit.

2. Mikha Angelo – Terjanji (OST. Cek Toko Sebelah 2)

Mikha Angelo menulis lagu berjudul Terjanji dan menjadi OST Cek Toko Sebelah 2 yang sangat cocok dengan makna filmnya. Rilis pada 28 Desember di Youtube dan sebanyak 243,758 yang melihatnya serta disukai oleh 1,1 ribu orang. Lagu ini cocok menggambarkan cinta dua pasangan seperti Erwin dan Natalie yang mengalami dilema sebelum menikah. Lagunya enak banget dan suara Mikha memang merdu. Aku juga suka lagu CTS 2 berjudul Peka yang dinyanyikan Donne Maula dan Sheila Dara (yang aku tahu dia artis film namun ternyata bagus suaranya!). 

3. Jung Kook BTS ft. Fahad Al Kubaisi – Dreamers (OST. FIFA World Cup Qatar 2022)

Dunia baru saja mengalami perhelatan akbar yaitu FIFA World Cup 2022 di Qatar dengan OST yang diisi oleh Jung Kook BTS dan Fahad Al Kubaisi berjudul Dreamers. Rilis di Youtube 22 November lalu, sebanyak 106,039,351 yang melihatnya serta disukai oleh 4,5 juta orang. Lagu Dreamers sampai saat ini masih berada di Global Top MV pada peringkat ke-19. Sangat cocok masuk di playlist musik November – Desember 2022 kan? Liriknya berbahasa Inggris campur bahasa Arab, memberikan semangat untuk mewujudkan mimpi karena kita mempercayainya. Sangat cocok untuk menyemangati pemain juga penonton hehehe. Selain itu lagu ini membuat Jung Kook, termasuk BTS menjadi lebih terkenal.

4. Jin BTS – The Astronaut

Akun HYBE Labels merillis MV dari Jin BTS sebelum dia wamil dengan judul The Astronaut pada 28 Oktober lalu di Youtube dan sebanyak 57,571,989 yang melihatnya serta 4,9 juta orang yang menyukai. Suara Jin tetap merdu dan liriknya benar-benar ngena, tentang seorang Jin yang seakan tersesat di luar angkasa dan fans-nya ARMY menuntun dia untuk kembali di Bumi karena mereka mencintainya. Lagu ini ditulis oleh Jin yang bekerjasama dengan Coldplay. Keren kan?

5. RM BTS ft. Youjeen – Wild Flower

RM BTS merilis album Indigo dengan salah satu lagu yang ada MV-nya yaitu berjudul Wild Flower. Terunggah di Youtube oleh HYBE Labels 2 Desember lalu dan sebanyak 38,556,731 yang melihatnya serta disukai oleh 3,5 juta orang. Makna lagunya menarik dengan kisah seseorang yang seperti berada di taman bunga dan menantikan kekasih hati. Liriknya sendiri berbahasa Korea campur bahasa Inggris. Keren.

6. Secret Number – TAP

Secret Number merilis MV berjudul TAP pada 16 November lalu di Youtube dan sebanyak 8,759,609 yang melihatnya serta disukai oleh 297 ribu orang. Lagu Secret Number ini sangat easy listening, bukan hanya TAP tapi judul lainnya SLAM di album yang sama. Aku sangat excited ketika tanggal 17 Desember lalu SN datang di Manado, kamu bisa lihat live performance-nya di sini. Sayang waktu itu hujan jadi tidak bisa pergi. Walau cuacanya cukup buruk, tapi SN sangat profesional dan mampu tampil dengan sangat baik. Lagu TAP ini berarti jatuh cinta pada seseorang yang semula tidak dia sadari. Asyik deh pokoknya dengerin lagu ini.

7. Lindsay Lohan ft. Ali Tomineek – Jingle Bell Rock (OST. Falling for Christmas)

Masuk bulan Desember, banyak terdengar lagu Natal. Netflix yang mengeluarkan film Falling For Christmas juga ikut merilis MV dengan liriknya dari pemeran utama – Lindsay Lohan. Tahun 2004 lalu Lindsay pernah menyanyikan lagu ini bareng beberapa temannya di film Mean Girls, jadi untuk lagunya sekarang terkesan nostalgia gitu. Lindsay juga tidak menyanyikan sendiri Jingle Bell Rock karena ada bagian rap oleh Ali Tomineek. Muncul di Youtube pada 5 November lalu sebanyak 240,629 yang melihatnya serta disukai oleh 6,3 ribu orang. Lindsay tetap cantik seperti dulu dengan suara yang merdu.

8. Rusha – Love Me (OST. Hit the Spot)

Aku pertama kali dengar lagunya di salah satu media sosial, lupa yang mana. Karena bagus, aku cari tahu lagu berbahasa Korea ini yang ternyata menjadi salah satu OST drama 21 tahun ke atas hahaha. Bagus sih makna dramanya tentang edukasi hubungan orang dewasa. Pas dengar lagu-lagunya yang lain, eh enak semua, terlebih yang berjudul Love Me ini dan So What. Akun Prossima Music merilis MV-nya tanggal 23 Desember lalu di Youtube dan sebanyak 3,759 yang melihatnya serta disukai oleh 83 orang.

9. D.Y.T, YonYon, Gimgigam – Be Free (OST. Seishun Cinderella)

Lagu Be Free ini adalah opening dari dorama Seishun Cinderellla, rilis MV di Youtube pada 3 November lalu dan sebanyak 7,015 yang melihatnya serta disukai oleh 144 orang. Lagu ini terkesan ceria, duet cowok-cewek yang enak banget untuk kamu. Pas lihat MV-nya si cewek kayak orang Korea, setelah cari infonya di Google, eh beneran dong. Dia seorang DJ yang memang lahir di Seoul tapi besar di Tokyo. 

10. Super Junior – Celebrate

Akun SMTown merilis MV berjudul Celebrate pada 15 Desember lalu di Youtube dan sebanyak 1,568,740 yang melihatnya serta disukai oleh 121 ribu orang. Lagu ini masuk dalam album kesebelas vol. 2 SUJU berjudul The Road : Celebration. Lagu-lagu lainnya juga bernuansa Natal. Untuk Celebrate ini lagunya memiliki makna merayakan bersama dengan nuansa salju yang berada dimana-mana. Visual dan suara member SUJU hingga sekarang ini masih sangat bagus untuk dinikmati 🙂

11. KARA – When I Move

Aku cukup kaget melihat notif di akun Youtube-ku kalau grup KARA merilis MV! Sudah sangat lama aku tidak mendengar berita mereka, terakhir aku dengerin lagu judulnya Mamma Mia. MV When I Move rilis di Youtube pada 29 November lalu dan meraih 6,230,948 yang melihatnya serta disukai oleh 238 ribu orang. Lagu ini masuk di album ke-15 KARA ‘Move Again’ dengan anggota yang belum pernah kulihat – Heo Young Ji. Sebelumnya kan ada Goo Ha Ra yang sayangnya sudah meninggal. Lagu ini bermakna memberi semangat untuk terus bergerak maju. Dalam sih. Lagunya bagus, koreografinya juga yang ternyata dibuat oleh Nicole.

12. Aimer – Ivy Ivy Ivy

Akun resmi Aimer merilis MV pada 16 November lalu di Youtube dan sebanyak 665,793 yang melihatnya serta disukai oleh 14 ribu orang. Lagu dari mini album ‘Deep Down’ ini jadi OST dorama Kekkon Suru tte, Honto Desu ka? yang sepertinya jarang diulas penggemar Jepang. Padahal pemain utamanya si cowok di Itakiss Movie, yang cewek juga main di dorama tentang pernikahan (aku lupa judulnya). Tapi lagunya ini beneran bagus, tentang kegundahan seseorang namun tetap kuat karena bersama-sama dengan pasangannya. Liriknya panjang berasa curhat, karena beberapa baitnya punya isi yang berbeda.

13. Red Velvet – Birthday

Akun SM Town merilis MV di Youtube pada tanggal 28 November lalu  dan sebanyak 29,308,855 yang melihatnya serta 795 ribu yang menyukai. Lagu ini berasal dari mini album mereka ‘The ReVe Festival 2022 – Birthday’. Sesuai judulnya, lagu ini cocok untuk diputar pada perayaan ulangtahun bareng para bestie.

14. Stacey Ryan – Fall in Love Alone

Stacey Ryan ini cukup terkenal di Indonesia, sering banget dengar lagunya ini di kedai kopi ataupun mall. MV aslinya sendiri sudah sekitar 8,222,951 yang menontonnya dan masih berada di posisi ke-93 Top MV. Aku rasa cocok untuk masuk di playlist musik November – Desember 2022 ini. Video musik Fall in Love Alone juga ada versi lirik dengan bahasa Indonesia loh di Youtube, mendapatkan 46,388 penonton dan 1,9 ribu yang memberikan tanda suka. Musiknya beneran enak, ringan dan berkarakter Jazz.

Lagunya sendiri bermakna bahwa seseorang yang tidak ingin jatuh cinta sendiri dan butuh pertanda apakah yang dia suka juga punya perasaan yang sama dengannya. Nah MV ini seperti film pendek dengan latar unik hanya di dalam mobil tapi melewati beberapa tahun. Seorang bocah laki-laki sejak tahun 1996 mengenal seorang teman perempuan yang sering semobil dengannya bersama orangtua (entah orangtuanya atau si perempuan). Lalu pertemanan mereka berlanjut di tahun 2008, namun merenggang ketika mau memasuki tahun 2014. Si cowok kayaknya seorang driver online yang suatu ketika mendapat penumpang yang tak lain adalah si cewek temannya itu. Mereka akhirnya kembali dekat bahkan saling mengakui satu sama lain. Akhirnya mereka nikah dan punya bayi. Tahun 2022 mereka saling berpegangan tangan dengan anak perempuan yang duduk di kursi belakang. Eh, ternyata cuma khayalan si cowok dan dia masih berada di tahun 2014 hahaha. Penumpangnya dia khayalkan sebagai si temen ceweknya. Apes XD

15. NewJeans – Hype Boy

Akun Hybe Labels merilis MV dari NewJeans (grup KPOP yang tergolong baru) pada 18 Agustus lalu, dengan 53,110,027 penonton dan 863 ribu yang memberikan tanda suka di Youtube. Lagu ini cukup viral tapi baru akhir-akhir ini aku tahu penyanyinya siapa. MV-nya bahkan ada beberapa versi, bukan cuma yang ini. Lagunya enak sih, artinya khas cinta anak muda.

16. Airi Suzuki – Pink Shadow (OST. Animals)

Airi Suzuki merilis MV di Youtube pada 15 September lalu, dengan 184,631 penonton dan 5,5 ribu yang memberikan tanda suka. Lagu ini menjadi OST dari drama Animals edisi spesial. Seperti lagunya Gyeong Ree (But I Miss You) di Mr. Queen spin-off gitu. Aku justru suka banget lagu ini daripada lagu-lagu lain di doramanya. Selain si aktris sendiri yang menyanyikan Pink Shadow, nadanya enak juga ada cuplikan doramanya yang cocok kena di hati hahaha. Liriknya berkisah tentang mencintai seseorang dan ingin terus berada dekatnya, karena orang tersebut seperti bintang untuknya. Dia tidak takut sendiri dan mendapat kekuatan karena orang itu. Seperti cerita dorama Animals sih, si cowok sangat mendukung kariernya.

17. SATV Music – We Are the Heroes (OST. A Christmas Prince 3)

Sudah lama sejak A Christmas Prince 3 rilis, aku baru tahu judul dan lagu lengkap yang ada di trailer-nya. Itupun karena setelah nonton Falling for Christmas aku iseng lihatin trailer ACP 3 dan pas dengar lagu ini aku buka aplikasi Shazam. Eh dapat judulnya hahaha. Ternyata SATV Music ini buat lagu-lagu khusus OST film gitu. Lagunya tanpa MV rilis di Youtube pada16 februari 2019 lalu dengan 15,814 pendengar dan 206 tanda suka. Lagunya terkesan mewah dan menyejukkan hati nggak sih 🙂

18. Utada Hikaru – Automatic

Lagu ini dulunya sering kudengar di radio tapi sama sekali tidak tahu siapa penyanyi dan judulnya. Ketika dorama Netflix First Love mulai gencar promosi, lagu ini nongol di teaser. Wah aku langsung cari pakai Shazam dan ketemu! Ternyata lagunya Utada Hikaru juga. MV-nya yang rilis sejak 4 Februari 2015 (lagunya sudah lama rilis dari 9 Desember 1998), sejauh ini memiliki jumlah 37,373,201 penonton dan 148 ribu yang memberikan tanda suka di Youtube. Lagu ini beneran asyik, biarpun jadul tapi tetap easy listening.

Ini daftar lagu-lagu atau musik dalam playlist-ku selama bulan November dan Desember 2022, dari Utada Hikaru, member BTS, Super Junior, Secret Number, New Jeans sampai OST Seishun Cinderella. Bagi kamu yang ingin tahu playlist asyik di bulan September dan Oktober 2022 lalu bisa cek di sini. Playlist lagu atau musik apa yang kamu suka selama bulan November dan Desember 2022 ini? Bisa dong komen di bawah heheheh 😀

Share :

Leave a comment