[Sinopsis & Review Drama] Bridgerton (2020), Perpaduan Pride & Prejudice dan Gossip Girl yang Memukau

Judul Drama : Bridgerton Season 1 (2020);

Tgl Tayang : 25 Desember 2020;

Stasiun TV : Netflix, Shondaland;

Genre / Rate : Drama, Regency Romance Period / Dewasa -21+;

Negara Asal : USA;

Jumlah Episode / Durasi : 8 eps / 50~ menit;

Pemain : Phoebe Dynevor sebagai Daphne Bridgerton, Regé-Jean Page sebagai Simon Basset, Adjoa Andoh sebagai Lady Danbury, Jonathan Bailey sebagai Anthony Bridgerton, Ruby Barker sebagai Marina Thompson, Sabrina Bartlett sebagai Siena Rosso, Harriet Cains sebagai Philippa Featherington, Bessie Carter sebagai Prudence Featherington, Nicola Coughlan sebagai Penelope Featherington, Ruth Gemmell sebagai Violet Bridgerton (ibu), Florence Hunt sebagai Hyacinth Bridgerton, Claudia Jessie sebagai Eloise Bridgerton, Ben Miller sebagai Archibald Featherington (ayah), Luke Newton sebagai Colin Bridgerton, Golda Rosheuvel sebagai Ratu Charlotte, Luke Thompson sebagai Benedict Bridgerton, Will Tilston sebagai Gregory Bridgerton, Polly Walker sebagai Portia Featherington (ibu),

Julie Andrews sebagai pengisi suara Lady Whistledown, Ruby Stokes sebagai Francesca Bridgerton, Molly McGlynn sebagai Rose Nolan, Joanna Bobin sebagai Lady Cowper, Jessica Madsen sebagai Cressida Cowper, Jason Barnett sebagai Jeffries, Hugh Sachs sebagai Brimsley, Martins Imhangbe sebagai Will Mondrich, Geraldine Alexander sebagai Mrs. Wilson, Kathryn Drysdale sebagai Genevieve Delacroix, Simon Ludders sebagai Humboldt, Julian Ovenden sebagai Sir Henry Granville, Lorraine Ashbourne sebagai Mrs. Varley, Jamie Beamish sebagai Nigel Berbrooke, Freddie Stroma sebagai Pangeran Frederick dari Prussia, Amy Beth Hayes sebagai Lady Trowbridge, James Fleet sebagai Raja George III, Céline Buckens sebagai Kitty Langham, Chris Fulton sebagai Sir Phillip Crane, Oscar Coleman sebagai Simon 4th, Cairo Eusebe sebagai Simon 6th, Lucas Booth Clibborn sebagai Simon 11th, Daphne Di Cinto sebagai Sarah Basset, Richard Pepple sebagai Duke of Hastings, Emma Naomi sebagai Alice Mondrich


Drama Bridgerton (2020) Diangkat Dari Novel Tahun 2000-2013

Halo! Kali ini aku membawa sinopsis, review atau ulasan drama Barat serial original Netflix, Bridgerton (2020). Berdasarkan novel romantis historikal karya Julia Quinn, serta dibuat oleh Chris Van Dusen dengan Shonda Rhimes sebagai penulis skrip. Sementara bintang utamanya ada Phoebe Dynevor dan Regé-Jean Page. Dilansir dari tweet-nya Chris, drama ini bukan hanya sampai season 2 yang fokus pada Anthony, namun ada rencana untuk membuat season 3 dan 4 juga.

Kisah di season 1 merujuk pada buku pertama seri Bridgerton yang berjudul The Duke and I, dengan fokus pada pasangan Daphne dan Simon Basset (Duke of Hastings). Supaya kamu tidak bingung, boleh lihat bagan yang menunjukkan nama-nama dari Bridgerton bersaudara dibawah ini 🙂

character from bridgerton drama netflix
Para tokoh dari drama Bridgerton Netflix

Sinopsis Drama Bridgerton (2020)

Sinopsis drama Bridgerton (2020) season 1 ini bercerita tentang Daphne, putri tertua dari keluarga Bridgerton yang memulai debutnya dan diperkenalkan di depan ratu Inggris. Mengambil latar era Regency, akhir dari era Georgian di London pada tahun 1813, keluarga Bridgerton terkenal rupawan dengan seorang ibu yang telah menjadi janda dengan memiliki delapan anak. Daphne yang begitu cantik segera menjadi favorit ratu Charlotte sehingga justru membuatnya susah mendapatkan jodoh yang seimbang. Hanya satu lelaki tua yang mengejar-ngejar dan membuat Daphne jengah. Suatu insiden membuatnya berpura-pura menjadi kekasih Simon, Duke of Hastings yang berlanjut ke lingkup pernikahan. Sejak awal Simon memberi ultimatum pada Daphne bahwa dia tidak bisa memberikannya anak.

dok. idntimes.com

Daphne diperkenalkan bersama tiga putri dari keluarga Featherington, salah satunya teman karib Eloise- Penelope dalam acara debut di London. Segera Daphne yang difavoritkan ratu menjadi terkenal, ditambah lagi namanya disanjung di lembar ‘berita gosip’ Lady Whistledown- yang identitasnya tidak diketahui. Namun para lelaki bangsawan lebih tertarik pada Marina Thompson, anak sepupu Lord Featherington.

dok. express.co.uk

Simon Basset, Sang Duke Hastings Jadi Tokoh Sentral Bridgerton Pertama

Seorang lelaki baru tiba di London bernama Simon Basset, ahli waris dan mendapat gelar Duke of Hastings setelah kematian ayahnya. Simon dimentori oleh sahabat ibunya yang telah lama meninggal, Lady Danbury untuk mengikuti session pencarian jodoh. Simon tidak berniat untuk menikah. Suatu waktu di pesta, Simon bertemu dengan Daphne, yang merupakan adik dari sahabat semasa kuliah – Anthony yang juga ada disitu. Kesan pertama mereka berdua sama-sama tidak baik, saling menyindir karena miskom. Niat Daphne menanyakan nama Simon agar bisa menjauhkan diri dari kejaran Lord Berbrooke. Namun Simon berpikir Daphne adalah salah satu wanita yang menginginkannya untuk jadi calon suami, seperti para ibu dan anak di dalam pesta-pesta yang dikunjunginya.

Lady Danbury dan Violet menjadi gemas melihat Simon dan Daphne, lalu jadi shipper mereka berdua deh hahaha. Keinginan mereka terkabul karena Simon mengajukan usul pada Daphne agar berpura-pura pacaran dengannya. Mereka bisa saling untung, Simon bisa terhindar dari kejaran emak-emak, sementara Daphne akan bisa diincar banyak lelaki karena merasa tersaingi dengan pamor Simon.

Di sisi lain, Anthony putus dengan pacarnya – Siena yang seorang penyanyi karena derajat status sosial mereka yang tidak seimbang. Sementara sepupu jauh Penelope, Marina, ketahuan sedang hamil anak dari seorang tentara yang rajin bersurat-suratan dengan dia. Tetapi surat terakhir mematahkan hati Marina, ditambah lagi sang bibi Portia Featherington memintanya untuk menikah dengan lelaki kaya berumur.

Alasan Simon Basset Tidak Mau Menikah

Masa lalu Simon ditunjukkan ketika baru dilahirkan, sang ibu meninggal dan ayahnya lebih peduli dengan jenis kelaminnya laki-laki sehingga ada penerus Hastings. Di masa kanak-kanaknya, sang ayah begitu keras padanya dan menginginkan dia untuk jadi sempurna. Gagap sedikit saja dibentak, padahal Simon takut namun sayang padanya. Lady Danbury, sahabat sang ibu, banyak membantunya. Ketika Simon sudah lebih besar, dibawalah ke ayahnya namun karena Simon tampak gagap, sang ayah marah besar. Lady Danbury marah karena perilaku Hastings, ditambah surat-surat si anak tidak pernah dibacanya. Ketika sang ayah sekarat, Simon berjanji padanya untuk tidak pernah menikah dan memiliki penerus Hastings.

Di sisi lain, Eloise dan Penelope penasaran dengan cara bagaimana bayi bisa hadir di dunia. Marina menceritakan pada Penelope, bahwa membuat bayi didasarkan dengan cinta. Sementara Daphne dan Simon mulai berpura-pura tampil di beberapa pesta, Anthony yang merasa bertanggungjawab pada adik-adiknya merasa was-was dengan tingkah pacaran mereka. Anthony tahu benar sahabatnya itu tidak berniat untuk menikah. Dia lebih suka Daphne menikah dengan Lord Berbrooke. Ketika di pesta, Daphne keluar darisana karena merasa sesak dan rupanya si Berbrooke mengejar ke taman. Mereka terlibat adu mulut dan lelaki itu memegang tangan Daphne dengan kasar sehingga Daphne meninjunya. Disitulah muncul Simon menolong Daphne.

Berbrooke Serta Rencana Kencan Pura-Pura Daphne dan Simon

Anthony akhirnya tahu perlakuan Berbrooke itu terhadap sang adik dan membatalkan niatnya untuk menjodohkan mereka berdua. Kemudian Berbrooke mengancam Daphne untuk menikah dengannya, yang dengan cerdik membuat Violet meminta Daphne untuk makan bersama di kediaman lelaki itu. Violet menyuruh pelayannya mencari dengar gosip di dalam rumah Berbrooke dan mengetahui skandal lelaki itu, sehingga dengan demikian bisa mengancam balik dan membuat Daphne terlepas dari ancaman pernikahan. Cara ancam baliknya begitu keren, kekuatan gosip ala emak-emak hingga sampai ke telinga Lady Whistledown sehingga berita itu tersebar melalui media cetak.

Sejak itu, Simon-Daphne semakin dekat dan membuat banyak lelaki datang untuk meminang gadis itu. Ratu juga membuat perjodohan Daphne dengan sepupunya, Pangeran Frederick dari Prussia. Simon yang dinasihati Lady Danbury akhirnya melepas Daphne karena sadar dirinya yang tidak ingin nikah. Daphne merasa patah hati dan mulai menyadari perasaannya pada Simon, namun berusaha untuk menerima pendekatan sang Pangeran yang memberikan kalung indah untuknya.

Eloise diminta ratu untuk mencarikan siapa Lady Whistledown yang sebenarnya. Ketika mau berjumpa dengan Penelope, mereka bertengkar karena rupanya temannya itu cemburu pada Marina yang mendekati Colin. Marina yang didesak menikah dengan lelaki tua kaya tidak mau dan bernegosiasi dengan sang bibi agar menaklukkan Colin. Penelope tahu semua itu dan berusaha agar Marina tidak mau mendekati Colin, namun gadis itu bersikeras tanpa sadar perasaan Penelope pada Colin.

drama bridgerton 2020

Anthony Mendesak Daphne-Simon Untuk Segera Menikah

Daphne tahu dia akan segera dipinang Pangeran Frederick di pesta, jadi dia pergi menghilang keluar taman. Hatinya masih tidak rela. Simon yang berencana meninggalkan London, datang tepat di depan Daphne untuk minta maaf dan pamit. Mereka terlibat adu mulut yang berakhir dengan ciuman dan dipergoki Anthony. Kakak Daphne itu spontan meminta Simon menikahi adiknya yang telah “tercemar” olehnya. Simon ngotot tidak mau, membuat Daphne sangat sedih dan Anthony meminta sahabatnya itu untuk berduel. Rencana duel itu ternyata membuat Anhony-Siena bersama lagi malam itu.

Esoknya pagi-pagi sekali, Daphne meminta Colin pergi bersamanya ke tempat duel antara Simon-Anthony yang didampingi Benedict. Daphne meminta negosiasi dengan Simon untuk menikahinya. Lelaki itu memberi syarat bahwa dia tidak bisa memberikan anak. Daphne mengiyakan karena dia rasa skandal mereka ciuman akan menyebar, apalagi si Cressida (yang suka banget sama Pangeran Frederick) tahu akan insiden di taman tersebut.

Anthony mencari Siena di rumahnya, namun ternyata gadis itu sudah meninggalkan kota. Daphne-Simon mengajukan pernikahan, tapi ditolak ratu. Dengan gagah, mereka berdua pergi menemui ratu dan jawaban Simon membuatnya luluh. Simon-Daphne menikah dengan upacara Gereja yang sederhana. Pada acara resepsi, Marina memancing Colin masuk ke dalam suatu ruangan dan membujuknya, sehingga lelaki itu melamarnya. Marina menginginkan pernikahan yang cepat.

drama bridgerton 2020

Bulan Madu yang Tidak Berlangsung Lama

Pengantin baru akan pergi ke Clyvedon, namun karena suatu hal akhirnya mereka bermalam di sebuah penginapan. Disana Daphne mengonfrontasi Simon yang membuat masing-masing saling mengakui perasaan. Mereka tidur bersama. Di Clyvedon kediamannya Simon, mereka berbulan madu dengan sangat mesra dan bikin para jomblo pasti baper. Hahahaha. Para pelayan Simon juga sampai cari dengar aktivitas mereka berdua loh.

drama bridgerton 2020

Kepala pelayan di rumah Simon cukup banyak cerita tentang masa kecil lelaki itu. Juga ketika berbicara dengan pelayan setianya, Daphne menemukan sesuatu yang sudah dicurigainya: Simon bisa punya anak tapi tidak menginginkan hal itu. Di sisi lain, Penelope sempat memperingatkan Colin bahwa Marina mencintai lelaki lain namun tidak dipercayainya. Sebelum paginya Colin mau menjemput Marina untuk pergi ke daerah lain, Penelope yang akhirnya tahu kebenaran surat yang diterima Marina palsu, memberitahu sepupunya itu. Hanya saja Marina tidak mau dan tetap akan pergi bersama Colin. Nah, paginya berita tentang Marina muncul di lembaran gosip Lady Whistledow. Colin terpukul.

Simon-Daphne adu mulut setelah percintaan malam karena perempuan itu secara tidak langsung “membuat dirinya berpotensi untuk hamil”. Simon sangat kecewa, Daphne amat marah. Hubungan keduanya mulai renggang dan ketika ada berita tentang Marina membuat Daphne ingin pulang ke London untuk menemui sang adik, Colin. Eloise yang sedang menyiapkan diri untuk debut, lebih semangat lagi mencari tahu identitas Lady Whistledown yang menurutnya, telah mencemarkan nama baik keluarga Featherington. Apalagi keluarga itu sudah di-blacklist sama ratu, diusir keluar dari pesta.

Keresahan Penelope pada Hubungan Colin dan Marina

Di London, muncul keputusan Simon untuk Daphne: jika dia hamil, Simon akan tetap tinggal di rumah dan menafkahinya. Jika tidak hamil, walau masih status menikah Simon tidak akan menemui Daphne lagi. Daphne berkeluh kesah dengan sang ibu walau tidak gamblang, intinya, dia menyesal karena tidak mengenal pendidikan seksual secara benar dari orangtuanya sendiri. Karena itu, kepolosannya membuat dia bermasalah dengan Simon. Lalu Daphne mengatur pertemuan antara Marina dan Colin untuk meluruskan apa yang terjadi (Colin akhirnya tidak berniat kembali menjalin hubungan lagi dengan Marina), disitulah berkat Marina dia sadar untuk meluruskan masalahnya dengan Simon. Dia mencari tahu alasan Simon tak ingin punya anak langsung dari lelaki itu.

Lady Danbury mengundang Daphne ke pesta wanita yang telah menikah. Nah, disana Daphne mengambil kesempatan untuk menemukan pacar tentaranya Marina. Walau sayang, Marina meminum obat untuk menggugurkan kandungan. Tepat setelahnya, saudara lelaki yang dicintainya memberi kabar bahwa orang yang ditunggu-tunggu Marina telah meninggal di medan perang. Saudaranya melamar Marina yang ditolak mentah-mentah.

Daphne-Simon Mencoba Untuk Mengenali dan Memperjuangkan Perasaan

Simon yang punya teman baik bernama Will, petinju yang akhirnya menyerah karena kondisi keluarga, mendapatkan sejumlah uang taruhan dari Lord Featherington yang mendadak kaya (walau sebelumnya sempat bangkrut karena judi). Featherington akhirnya mati dibunuh (sampai ending tidak diketahui nasib keadilan hukum yang diterimanya) dan membuat keluarganya lebih terpuruk.

Di sisi lain, ketika di pesta, Daphne mendapatkan menstruasinya sehingga dia menangis tersedu-sedu dan Simon galau. Eloise mengira Lady Whistledown adalah pacar Benedict (penjahit terkenal London) yang ditemuinya di pesta liar lalu. Jadi ketika ratu mau menangkap orang itu, Eloise memberi peringatan di jalan ketika keretanya melintas. Namun rupanya pacar Benedict bukanlah Lady Whistledown dan identitasnya tidak ketahuan baik Eloise maupun ratu. Anthony yang berpikir bisa balikan dengan Siena rupanya tidak ada harapan lagi karena sang pacar memutuskan untuk melepasnya. Bagaimana nasib pernikahan Daphne-Simon yang berada di ujung tanduk? Apa kira-kira Marina akan mendapatkan lelaki yang tulus menikahinya? Bagaimana nasib Penelope dan Colin, juga kisah Anthony selanjutnya?

Karakter dan Eksekusi yang Baik dari Cerita Mainstream Drama Bridgerton (2020)

Buku Novel The Duke and I by Julia Quinn

Aku belum pernah baca novel Bridgerton series, jadi belum bisa membandingkannya dengan drama ini. Tapi untuk cerita ala historical romance, yang diangkat sebenarnya sudah mainstream tentang terjebak dalam pernikahan. Tapi eksekusinya sangat baik dan makna ceritanya dalam. Dua-duanya saling suka sebelum nikah. Tapi baru berani mengungkapkan dan meluruskan miskom mereka setelah nikah. Simon tidak mau nikah karena masa lalu kelam, sementara Daphne begitu ingin punya anak dan memiliki pernikahan bahagia penuh cinta seperti orangtuanya. Bukan hanya konflik mereka saja, ada krisis ekonomi keluarga Featherington juga sepupu Penelope bersaudara – yang hamil diluar nikah, Marina. Juga kegalauan cinta Anthony dan Colin, juga Benedict yang mencari “jati diri”. Bahkan ada teka-teki siapa Lady Whistledown yang terjawab di episode akhir. Cerita naik-turun memainkan emosi dan tidak mudah tertebak alur menuju endingnya.

Disini juga ada poin menarik yang patut menjadi pelajaran. Kebanyakan anak gadis tidak diedukasi secara baik mengenai seksualitas, bahkan lebih sering dilarang kalau asyik membaca buku untuk menambah ilmu. Kita seharusnya bersyukur sudah hidup di jaman sekarang, dimana emansipasi wanita terus digaungkan. Perempuan bebas membaca, menulis dan menyuarakan pendapat. Peringatan Hari Kartini belum lama ini membuat kita bisa merenung sejenak.

Selain itu bermacam-macam masalah ada dalam pernikahan. Ada yang suaminya ternyata punya affair dengan lelaki, ada yang menikah puluhan tahun karena anak dan harta, ada yang karena tahta dan lain sebagainya. Satu session ini mampu dikemas dengan beberapa cerita pernikahan yang menarik, realita kehidupan memanglah sekeras itu.

Akting Para Pemain yang Menyatu Dengan Cerita

Dari segi akting pada drama Bridgerton (2020) ini, chemistry Phoebe dan Regé sungguh bikin baper. Mereka berdua mampu membawakan karakter masing-masing dengan sangat bagus. Regé mampu menampilkan pesona sebagai tokoh utama, di tengah wara-wiri serial TV Barat lain yang kebanyakan berkulit putih. Di drama ini, mau kulit coklat atau putih porsinya imbang. Tidak ada rasis, adanya profesionalisme dalam menelurkan drama. Akting Phoebe juga tidak main-main, sesekali terlihat nude tapi tidak terasa vulgar justru menambah sisi emosional di dalam cerita.

drama bridgerton 2020

Untuk akting para tokoh lain, juga sangat menarik, lovely dan berani. Ada Lady Danbury yang punya sifat penyayang tapi tegas, ibu Daphne bersaudara -Violet yang walau bijak namun kesulitan mengajarkan pendidikan seksual pada anak-anaknya, atau bagaimana interaksi Benedict dan Eloise yang seperti teman karib. Aku suka karakter Eloise yang blak-blakan dan suka cari tahu, tidak suka berpura-pura.

Gossip Girl dan Pride & Prejudice ala Julia Quinn

Sisi sinematografi drama Bridgerton (2020) begitu indah dan menunjukkan latar yang mengagumkan. Kostum yang dikenakan baik para wanita juga pria terlihat fashionable pada jamannya. Baju-bajunya Daphne cantik dan berwarna cerah, paling suka warna biru mudanya. Rambut mereka juga diatur dengan bagus. Kalangan ton disini mengingatkanku pada serial Gossip Girl. Sementara latar dan kebiasaan mereka, juga rasa gengsi dan selalu miskom antara Simon-Daphne mengingatkanku pada film Pride and Prejudice. Kombinasi yang sangat indah kan.

drama bridgerton 2020

Untuk soundtrack, kamu bisa dengarkan di Spotify lengkap dengan instrumen-instrumen lagu pop sekarang dengan sentuhan klasik oleh komposer Kris Bowers. Lagu-lagunya asyik seperti Thank U, Next – nya Ariana Grande, Girls Like You – nya Maroon 5, In My Blood – nya Shawn Mendes, Bad Guy – nya Billie Eilish (keempatnya dibawakan oleh Vitamin String Quartet). Juga ada Strange – nya Celeste yang dibawakan oleh Bowers dan Wildest Dreams – nya Taylor Swift yang dibawakan oleh Duomo. Dikutip dari Republika, Vitamin String Quartet (VSQ) adalah grup musik di Los Angeles, Amerika Serikat yang memainkan lagu-lagu hits yang sudah ada dengan gaya rock menggunakan alat-alat musik bersenar.

Quotes yang Bertebaran dan Begitu Bijak

Drama serial original Netflix, Bridgerton (2020) ini cocok buat kamu yang menyukai drama bergenre roman historikal yang tidak kaku dengan visual yang memanjakan mata dan instrumen yang enak didengar. Untuk tontonan kerajaan dengan roman modern di Netflix kamu bisa coba nonton ini. Ada beberapa quotes yang ingin kubagi disini, diantaranya:

“Kau tak tahu rasanya menjadi wanita. Seperti apa rasanya saat seluruh hidupmu hanya dinilai dari satu momen. Jika tak bisa menemukan suami, aku tak berguna.” ~ Daphne Bridgerton

“Sayang, banyak pria yang menyatakan cinta saat ingin bercinta. Namun, jarang ada yang cintanya tetap teguh saat konsekuensi bercinta diberitahukan kepadanya.” ~ Portia Featherington 

“Bertemu wanita cantik jauh berbeda dengan bertemu sahabat wanita yang tercantik.” ~ Simon Basset

“Konon dalam pernikahan terdapat sedikit keindahan, tetapi lebih banyak rasa aman daripada hidup melajang.” ~ Pastor Pemberkatan

“Orang yang kita cintai punya kekuatan untuk menimbulkan luka terbesar. Karena hal apa yang lebih rapuh daripada hati manusia?” ~ Lady Whistledown

“Butuh keberanian untuk hidup di luar tradisi yang berlaku di masyarakat.” ~ Sir Granville

“Orang tak akan tahu kebenaran pernikahan yang tersembunyi dari mata publik.“ ~ Lady Whistledown

“Sesulit apapun memaafkan seseorang, kita harus melanjutkan hidup.” ~ Violet Bridgerton

“Kakak, terimakasih karena kau begitu sempurna, sehingga aku tak perlu menjadi seperti itu.” ~ Eloise Bridgerton

“Bukan berarti tak ada cobaan. Ayahmu dan ibu menghadapi banyak kesulitan tetapi bisa kami atasi. Kami sudah memutuskannya sejak awal. Kami memilih untuk selalu saling mencintai.” ~ Violet Bridgerton

“Hanya karena suatu hal tak sempurna, bukan berarti tak layak dicintai. Mungkin menurutmu kamu terlalu rusak dan hancur untuk bisa membiarkan dirimu bahagia, tetapi ada pilihan lain, Simon. Kau bisa memilih untuk mencintaiku sepenuhnya. Jangan biarkan orang lain yang memutuskan, itu adalah keputusanmu sendiri.” ~ Daphne Bridgerton

 

Rating versiku : 5/5

Trailer bisa kalian lihat disini :

 

 

 
Share :

Leave a comment