[Review Pen Tablet] HUION H430P dengan Battery Free Stylus Pen

Merk Pen Tablet : Huion H430P;

Kegunaan Alat : Untuk menggambar digital, main OSU;

Berat Alat : 135g;

Dimensi (LxWxH) : 186.6 x 139.2 x 6.3 mm;

Area Aktif (LxW) : 121.9 x 76.2 mm;

Area Aktif Mode Phone : 76.2 x 47.6 mm – kiri tablet;

Sensitivitas Tekanan : 4096 levels;

Spesifikasi :

  • Stylus Pen tanpa baterai
  • Papan gambar digital dengan Micro USB
  • Kabel Micro USB
  • 2 OTG (USB type-C dan Micro USB)
  • Pencabut Mata Pen
  • 8 Mata Pen Tambahan
  • Panduan singkat dan kartu garansi

Sistem Operasi Pendukung : Win 7 dst / macOS 10.11 dst/ Android OS 6.0 dst (pakai OTG);

Harga : Rp 412.000,- (tergantung promo, ini harga kebetulan dapat paling murah)


Hai, artikel ini adalah postingan pertamaku mengenai produk teknologi khususnya dalam mendesain digital. Mungkin jarang yang menggunakan ini, biasanya lebih suka langsung menggambar di atas tablet. Sementara untuk kamu yang ingin mendapatkan produk dengan low budget, bisa memilih alternatif ini: papan tablet dengan pen HUION H430P !

pen tablet huion

Sebelum membeli ini di Shopee, aku mencari-cari ulasan pen tablet yang murah dan komplit, kira-kira bisa bertahan lama. Sebelumnya aku berpikir untuk membeli pen tablet merk HUION H420 dan VEIKK S640 dengan harga 300-an ribu. Tapi untuk varian H420, dimensi tabletnya agak kecil dan pen tabletnya masih pakai baterai. Sedangkan S640 sudah mendukung pen tanpa baterai dan dimensinya lebih besar dari H420, tapi sayangnya kabel USB permanen menancap di badan tablet. Jika kabelnya longgar atau rusak, tabletnya pun jadi perlu diganti kan?

Harga Cocok dengan Produk dan Berkualitas

Setelah berpikir keras, akhirnya aku memutuskan membeli varian H430P. Jelas lebih daripada 2 tablet diatas dan worth it-lah dengan harganya yang lebih mahal tapi tidak kemahalan. Aku rekomendasikan kamu untuk cari di Shopee ya, aku dapat biaya ongkir 10 ribu dan harga pen tablet kebetulan lagi diskon. Kalau sekarang aku cek lagi di toko online yang sama, sudah naik harganya. Intinya, rajin-rajin ngecek sih hahaha. Di masa pandemi ini lumayan banyak voucher gratis ongkir-nya 😀

Dalam paket produk, ada buku panduan untuk menggunakannya. Jadi kita tinggal mencolok kabel USB ke arah laptop atau HP. Untuk HP, dipakaikan OTG dulu ya. Di HP juga tidak perlu pasang driver, karena bisa dipakai otomatis. Pemakaian dari HP hanya pakai bagian kiri dari papan tablet, tidak besar sih tapi lumayanlah.

pen tablet huion

Pemakaian dari PC atau laptop harus memasang driver. Itu bisa didapatkan dari laman resmi HUION, tinggal pilih driver mana yang mau diunduh, bisa lihat contohnya seperti dibawah ini. Jika sudah terpasang, kita bisa mengatur fungsi dari 4 tombol pada papan tablet, pen dan lainnya dari produk ini.

Aku mencoba untuk menggunakan papan tablet dan pen varian ini. Terasa nyaman walau masih kaku, mata pen-nya sering bergerak kedalam seperti tidak terkunci dengan baik. Tapi masih enak dipakai sih. Juga pen-nya sangat responsif, beberapa senti dari atas papan masih bisa terbaca. Sayang produk ini tidak memberikan glove alias sarung tangan. Ini nih contoh pemakaianku.

Pen tablet HUION H430P ini sangat kurekomendasikan buat kamu pemula ilustrator dengan menginginkan harga terjangkau dan tahan lama. Yuk dibeli 🙂

 
Share :

Leave a comment