[Review Kuliner] Makanan-Minuman Enak Di Manado

Hai. Kalian yang suka makan, ngemil atau ingin mencoba dessert lezat, apalagi yang tinggal di daerah sekitaran Komo Luar – Manado, Sulut, kamu bisa ngecek nih rekomen dariku. Review singkat aja yah makanan minuman di Manado ini, siapa tahu nanti beli dan merasakan gimana enaknya hehehe. Tapi kalaupun tidak sesuai, namanya selera ya pasti ada saja yang berbeda. Yuk simak apa-apa saja 🙂

1. ES KEPAL CI KAM – KOMO LUAR

Ini es kepal favorit sepanjang masa di daerah Manado, apalagi di Komo Luar dan seputaran sekolah SD-SMP Eben Haezar. Sekilas bikin ngiler ya dilihat dari penampilannya?

Setelah merasakannya, kamu pasti akan ketagihan. Seperti pada umumnya es kepal adalah es yang dicukur halus dan ditambahkan berbagai topping di atasnya.

makanan minuman di manado

Topping-nya banyak, ada keju parut, koko crunch, oreo, bubuk susu coklat dan astor. Lalu dilumuri susu kental manis. Tapi yang membuatnya beda adalah resep coklatnya yang menggoda di bawah es cukurnya. Gimana? Kurang nikmat apalagi kalau begini 😀

Harganya juga hanya 15 ribu. Bukan hanya es kepal yang dijual, tapi ada es cukur brenebon dan kacang tanah dengan harga 12 ribu. Ada gohu bakasang dan biasa juga dengan harga 8 ribu. Bakasangnya juga berkualitas, karena belinya di pasar swalayan. Dalam bungkusan, kita bisa mendapatkan bungkus kecil sambal dan bisa minta garam atau cuka loh.

Kamu bisa minta GO-SEND dengan alamat Komo Luar, bisa hubungi aku langsung via e-mail kalau pengen. Hanya domisili Manado ya! 🙂

2. SOTO KHAS JAWA TIMUR – KOMO LUAR

makanan minuman di manado

Masih di Komo Luar, tepatnya lorong ketiga dari patung Ibu Walanda Maramis yang menggenggam tangan anak kecil, kira-kira rumah keempat di samping kiri, ada spanduk besar bertuliskan RM khas Jatim. Makanan spesialnya soto ayam yang lezat hanya dengan harga 15ribu. Itu sudah paket lengkap, ada telur rebusnya sebiji. Sotonya juga ada lontong, dengan jeruk nipis, sambal dan kecap yang diletakkan terpisah.

Menu lainnya yang tak kalah enak yaitu mi bakso dengan beragam ukuran, bahkan ada yang berisi telur di dalamnya dengan harga sama dengan soto. Untuk minuman beragam seperti RM lainnya, ada Pop Ice juga. Tempat ini adalah salah satu tempat favoritku untuk makan soto khas Jawa. Kamu wajib coba 🙂

3. RM BAKMI JAKARTA – KANAKA

makanan minuman di manado

Rumah makan ini dekat Komo Luar, di daerah Kanaka, dekat dengan Gereja Katolik St. Ignatius.

Bakmi khas Jakarta ini punya daging ayam atau babi. Daging dan sayuran diletakkan di atas mi dan ada pangsit gorengnya. Pada mangkuk terpisah ada kuah dengan pangsit rebus dan beberapa bakso serta sayuran tipis-tipis.

Selain itu ada nasi goreng, nasi cap cae dan makanan enak lainnya. Ada juga beragam jus, minuman softdrink dan air mineral. Harganya juga bervariasi di kisaran 20-40 an ribu rupiah. Rasanya enak dan bikin nagih 🙂

4. RM MAHARANI – KOMO DALAM

makanan minuman di manado

 

Rumah makan khas Jawa Lamongan ini terletak di Komo Dalam, di dekat Mesjid besar. Makanan primadona disini ayam lalapan yang lezat. Teksturnya gurih, lembut dan hangat. Nasinya juga lembut seperti nasi KFC hahaha.

Ada sayur lalap, walaupun sayang tidak ada tempe atau tahu. Sambalnya enak sekali. Harganya juga aman di kantong, hanya 22 ribu dan nasinya banyak. Pas untuk perut 🙂

5. OLD COFFEE HOUSE – jl. BALAIKOTA

Rumah kopi bergaya vintage di seberang jalan RM Bakar Rica, jalan Balaikota ini, mempunyai beragam menu yang asyik dan harga yang pas. Aku beberapa hari lalu memesan es kopi Vietnam dan nasi ayam gepuk. Es kopinya pahit manis dan tatakan atasnya ada saringan ampas kopinya. Enak deh. Ayamnya juga pakai sambal matah yang pedas.

makanan minuman di manado

Menu yang ditawarkan harganya bervariasi: untuk minuman belasan sampai 35 ribu dan makanan ada yang dibawah 10 – 35 ribu. Bukan hanya nasi ayam gepuk saja, tapi ada beragam nasi goreng ikan dan daging, stik ayam, kentang, gorengan pisang – goroho stik – tahu – tempe, mie goreng bahkan roti panggang. Minumannya juga macam-macam, beragam kopi dengan nama menarik: affogato, kopi lokal dan Jepang, non-kopi semisal red-velvet dan taro, jus dan es krim.

Tapi aku merekomendasikan tempat makan ini jika kamu kepengen santai. Karena butuh waktu yang lama waktu pesanan makanku datang. Namun, aku masih ingin balik ke tempat ini lagi untuk mencicipi varian minuman lainnya hehehe 🙂

6. FIESTA NOODLE HOUSE – jl. SUDIRMAN

Tempat makan Chinesse Food yang enak tapi pas di kantong ini sangat kurekomendasikan. Terletak di jalan Sudirman, dekat sekolah TK-SD Don Bosco, ada tempat parkir yang lumayan besar dengan dekorasi ornamen khas Tionghoa-nya yang tidak norak dan simpel. Kadang ada live music yang dibawakan dan lagu-lagunya juga khas Tionghoa loh.

Khusus di artikel ini, aku hanya memberikan foto es cincau dan buah-nya yang lezat. Menu yang ditawarkan banyak dan bervariasi, aku paling suka rusuk babi-nya yang dipanggang dengan saus nikmat. Harga juga bervariasi 20-40 ribuan. Ada juga porsi keluarga, dengan lauk yang melimpah dan ekonomis. Kamu bisa juga memesan beberapa lauk dan mangkuk nasi dengan total harga yang murah.

Oke, segitu rekomen makanan minuman di Manado dari aku. Untuk rekomen yang lain bisa cek di bagian dua ya. Selamat berlibur dan itadakimasu ~~

 

 

 

 

 

Share :

Leave a comment