[Review Film] Bebas – Remake Film Korea ‘SUNNY’ (2019)

Judul Film : Bebas – Remake SUNNY (2019);

Tgl Rilis : 3 Oktober 2019;

PH : Miles Films, CJ ent;

Genre/Rate : Drama, Friendship / 13+;

Negara Asal : Indonesia;

Waktu : 119 Menit;

Pemain : Geng RemajaMaizura sebagai Vina Panduwinata, Sheryl Sheinafia sebagai Krisdayanti, Agatha Pricilla sebagai Jessica, Lutesha sebagai Suci, Zulfa Maharani sebagai Gina, Baskara Mahendra sebagai Jojo, Geng Dewasa – Marsha Timothy sebagai Vina, Susan Bachtiar sebagai Kris, Indy Barends sebagai Jessica, Widi Mulia sebagai Gina, Baim Wong sebagai Jojo, Amanda Rawles sebagai Lila, Giorgino Abraham sebagai Andra, Brandon Salim sebagai Dedi, Kevin Ardilova sebagai Jaka, Syifa Hadju sebagai Mia, Bisma Karisma sebagai Yongki (kakak Vina)


Halo semua! Akhirnya aku membuat review film Bebas (2019), besutan Riri Riza remake dari film Korsel, SUNNY (2011) yang keluar di bioskop belum lama ini. Hari pertama langsung nonton dan kebetulan ada diskon dari TIX ID juga hehehe. Aku sangat puas menonton remake ini, selain bertabur banyak bintang, soundtrack-nya asyik juga renyah komedinya. Remake Jepang mah kalah jauh 🙂

Oh iya, ini review film Bebas yang memang agak bebas, ada unsur spoilernya apalagi buat kamu yang belum nonton SUNNY. Jadi bijak membaca lanjutannya ya.

film bebas 2019
Sunny – 2011

Jalan Cerita Sama Dengan Perbedaan Mengikuti Kearifan Lokal

Dalam film Bebas (2019), jalan cerita masih sama dengan versi orinya namun di film ini komedinya sangat terasa dan juga rasa lokalnya sangat kental. Ada percakapan bahasa Sunda karena tokoh utama, Vina berasal dari Sumedang, Jawa Barat. Vina adalah murid pindahan di Jakarta dengan nama persis dengan penyanyi Vina Panduwinata.

Nah, Vina yang tampak culun dengan rambut kepang dua plus berlogat kental itu sempat jadi bahan ledekan teman sekelasnya. Kemudian datang sosok kepala geng bernama sama dengan penyanyi juga, Krisdayanti. Kris kemudian mengajaknya bersama ke kantin bahkan berkelahi adu mulut dengan geng cewek sekolah lain bernama Baby Girl (kayak nama merk bedak menurut mereka hahaha). Karena tingkah Vina berlagak seperti orang kesurupan padahal lagi lapar, membuat geng BG itu kocar-kacir, sehingga Kris senang kemudian merekrutnya masuk dalam geng mereka. Geng yang terdiri dari empat cewek dan satu cowok yang kemudian diberi nama oleh penyair radio seperti judul lagu, BEBAS.

film bebas 2019
BEBAS- remaja (Jojo, Suci, Vina, Kris, Jessica, Gina)

Geng itu terdiri dari Kris, sang ketua. Kemudian Jessica yang agak gemuk dengan hobi menggambar alis di kelas, Gina yang berkacamata dengan ibu yang mengurusnya sendirian dan Suci yang paling cantik. Ada juga Jojo, cowok satu-satunya dan anak orang kaya. Agak sedikit melambai hahaha.

Tadi itu masa SMA di tahun 95an, kembali ke masa kini seorang Vina yang hidupnya seakan begitu-begitu saja tiap hari. Melayani anak cewek dan suaminya yang sibuk, kadang harus sarapan sendirian. Dia mengunjungi ibunya di RS dan secara kebetulan melihat nama yang tak asing disana, Krisdayanti! Vina kembali lagi ke RS dan memasuki kamar si Kris, yang ternyata benar dia sahabat SMA-nya.

Vina Bertekad Mengumpulkan Anggota Geng Lama Demi Kris

Kris meminta dia mengumpulkan geng BEBAS. Kemudian dimulailah pencariannya ke SMA dan menemukan kontak Jessica dari ibu guru yang suka mengomentari alis buatan. Hahaha. Setelah itu mereka menemukan Jojo (yang masih saja kaya) lewat debt collector teman SMA mereka, Dedi. Jojo berpura-pura kalem didepan mereka karena ada pacarnya. Dia bersikap demikian karena pernah cerai, jadi takut mengulangi hal yang sama lagi nantinya.

Akhirnya Gina didatangi Vina dan Jojo dengan kondisi yang terlihat memprihatinkan. Ibunya stroke dan duduk di kursi roda, sementara anaknya masih kecil dan suami yang meninggalkan dia. Apa saja Gina kerjakan misalnya membuat kue dan menulis sekadarnya. Ada saja penagih hutang yang datang ke rumah.

Alur maju mundur terjadi mirip-mirip dengan film SUNNY. Setelah itu ditunjukkan masa lalu Vina dan BEBAS, kemudian cowok cinta pertama Vina namun akhirnya harus bertepuk sebelah tangan karena mencium Suci. Juga perkelahian geng BEBAS dan Baby Girl di keramaian demo siswa sampai lari ke dalam mall hahaha. Kakak Vina yang juga ikut-ikutan mau demo tapi ujung-ujungnya korupsi ketika dewasa. Video rekaman masa muda yang menyentuh. Ada tokoh antagonis cowok di kelas mereka yang suka minum alkohol. Dia yang memicu perkelahian di toilet, kemudian berujung pada luka di wajah Suci. Hal itu menyebabkan mereka dikeluarkan dari sekolah dan terpisah cukup lama selama 23 tahun!

Akhirnya Kris meninggal. Vina, Jojo dan Jessica berkumpul duluan di suatu tempat yang disediakan Kris. Gina datang kemudian pengacara berlagak aneh muncul dan membacakan pesan wasiat. Lalu mereka akan menerima semua benefit dari surat jika mau menarikan lagu BEBAS. Setelah menari, sama seperti versi ori-nya, si cantik Suci akhirnya muncul setelah melihat iklan yang dimuat di koran. Endingnya ada tarian lagu BEBAS dari semua tokoh baik remaja maupun dewasa 🙂

BEBAS – dewasa (Gina, Kris, Vina, Jessica, Jojo)

Kesan Baik Dalam Menonton Film Bebas

Film ini bagi yang belum atau sudah menonton SUNNY, pasti tetap saja membawa kesan yang baik. Mengenai akting, jajaran artis top ada di film ini jadi tidak perlu diragukan lagi mau nangis mau komedinya dapat. Hebatnya dalam film ini para cameo juga keren-keren. Ada Darius, Tika, Cut Mini, Oka Antara sampai Reza Rahadian yang berlagak jadi pengacara rada gokil! Dari tim produksi, Mira Lesmana dan Riri Riza tidak diragukan lagi sejak Petualangan Sherina yang menggetarkan masa kecilku dulu hehehe. Kemudian AADC yang juga membuat remaja dulu pada ketar-ketir. Segi promosi juga ciamik, karena dari jauh-jauh hari teaser sudah dirilis di YOUTUBE, berita online serta promosi dari artis yang pernah bekerjasama dengan MILES, seperti Nicholas Saputra di twitter.

Jalan cerita juga tidak banyak berubah. Aku suka dengan konsep satu cowok dalam geng mereka yaitu Jojo. Terasa beda tapi bagus, tidak kalah dengan geng SUNNY. Nuansa lokalnya dapat, didukung dengan sekolah campur yang memang menjadi budaya di Indonesia. Nama Kris dan Vina juga lucu, sama-sama dari penyanyi. Kris disini juga keren karena jago berkelahi, bisa taekwondo 🙂

bebas2019

Soal musik, lagu BEBAS versi baru Iwa K-nya bagus banget. Aku suka putar lagunya berulang-ulang. Selain itu ada Chrisye dan lagu lawas yang muncul di film. Soal sinematografi dan pencahayaan, bagus dan fullcolour. Baju yang dikenakan para pemain juga modis baik yang remaja maupun dewasa mempresentasikan jamannya.

Kekurangan Yang Cukup Tertutupi Dengan Baik

Memang ada minesnya sedikit, tapi tetap worth it lah. Kekurangannya aku pakai poin ya supaya jelas :

  • Kris langsung tahu Vina yang datang di kamar RS-nya. Padahal kalau melihat Vina dari belakang dengan rambut panjang bergelombang bakalan susah ya langsung ketebak gitu. Kalau di SUNNY, tokoh Chunhwa terlihat cukup lama memantau dan memastikan bahwa itu Nami.
  • Tokoh Jessica tidak terlihat nyaris putus asa pada pekerjaan asuransinya seperti tokoh Jangmi di SUNNY. Jadi kelihatan yang menyedihkan dari geng mereka setelah dewasa hanyalah Gina (Geum Ok). Padahal bagus kalau ada tokoh Bok Hee disini biar lebih dramatis hehehehe.
  • Adegan pembicaraan Suci dan Vina di dalam mobil setelah Suci berniat keluar dari BEBAS setelah latihan nari. ASLI, cepet banget cuman saling memuji dengan nada ketus lalu ketawa bareng selesai. Padahal lebih bagus saling nangis-nangis gitu seperti versi aslinya dan Jepang hehehe.
  • Bahasa Sunda keluarganya Vina kalau boleh diterjemahkan dong. Tidak semua mengerti bahasa Sunda kan ya (apalagi aku yang tinggal di luar Jawa hehe).

Makna yang kita bisa petik dari review film BEBAS (2019) ini yaitu untuk menjadi diri sendiri meskipun sudah dewasa sekalipun. Jadilah pemeran utama dalam kehidupan. Film ini sangat menghibur, membawa aura nostalgia dan bisa kalian tonton di bioskop sebelum habis layar. Buruan deh 🙂

 

Rating versiku : 4/5

Trailer bisa dilihat disini:

Music video bisa dilihat disini:

 

 
Share :

2 thoughts on “[Review Film] Bebas – Remake Film Korea ‘SUNNY’ (2019)

  1. halo, aku habis nonton Bebas semalam dan merasa ada yang mengganggu. akhirnya beberapa di antaranya ketemu di sini. di mines-nya di artikel tulisan kamu. setujuh ini ya. keluarga Vina ngomongnya pake bahasa Sunda. bukan Jawa. Hehe.
    Tapi asli kayaknya di Bebas fokusnya lebih banyak ke Vina, meski di Sunny juga fokusnya ke Nami, tapi tiap karakter lain itu background storynya kuat gitu lho.
    Dan Bok Hee emang ga ada, ya. Kupikir itu karena emang susah nerjemahin susahnya hidup Bok Hee di Indonesia, yang dewasanya jadi alkoholik dan kerja di bar.

    nice review.

     
    1. ooh bahasa Sunda ya, makasih nanti aku edit hehe 🙂
      iya aku juga ngerasa gitu, fokusnya seperti ke Vina terus. Tapi masih lumayan sih tidak jauh beda dengan aslinya.
      Iya, tapi aku mikir coba ada alternatif lain gitu buat Bok Hee. Yang versi Jojo saja bagus banget aku rasa mereka mikirin karakternya hehehe 😀
      makasih buat tanggapannya ya. kapan2 kunjungi postyrandom.com lagi yaaa >,<

    2. Leave a comment

       
      SuMoTuWeThFrSa
        12345
      6789101112
      13141516171819
      20212223242526
      27282930