[Review Buku] Menulis dan Berpikir Kreatif 2 – Ayu Utami

Judul Buku : Menulis dan Berpikir Kreatif Cara Spiritualisme Kritis Buku 2 – Karya Panjang & Kompleks;

Pengarang : Ayu Utami;

Tahun Terbit/ Cetakan: 2017 / 1;

Penerbit : Kepustakaan Populer Gramedia;

Genre: Sastra, Tips;

Negara Asal : Indonesia;

Tebal Buku : xxii + 180 hal.


Halo, bagi kamu yang ingin memiliki trik seputar penulisan novel khususnya dalam mendalami karakter tokoh, buku Menulis dan Berpikir Kreatif 2 karya Ayu Utami ini cocok menemani. Buku dengan penampilan full colour, dengan beragam font menarik layaknya catatan tangan sendiri, ilustrasi keren dan gambar-gambar yang mudah dipahami. Bahkan di belakangnya terdapat kartu berisi bahan-bahan utama dalam buku yang bisa digunting.

buku menulis ayu utami

Buku Kesatu Ternyata Menjadi Acuan Buku Ini

Ada empat pola pikir (+,=,><,kotak) yang menjadi acuan untuk menulis cermin alias cerita mini kemudian menjadi cerpen. Bahan ajaran ini ada dalam buku pertamanya. Selain itu ada juga prinsip Cilukba, 5W 1H, juga beberapa hal lain yang dijadikan kartu dalam buku ini. Sayang sekali aku tidak ada buku pertamanya, sehingga aku hanya bisa meraba sedikit hal dasarnya dari empat pola pikir tadi.

Konten Buku Menarik Tapi Banyak Berisi Istilah Sulit dan Filsafat

Harapanku ini menjadi semacam buku tutorial atau tips dasar untuk penulisan novel. Tapi nyatanya, ini jauh lebih kompleks dari yang dibayangkan. Walau buku ini berwarna dan berbentuk binder yang cantik, tidak cukup membuatku secepat itu membaca habis semua halaman. Diperlukan sekitar dua bulan lebih untukku mengumpulkan mood sekaligus energi.

Buku ini berisikan banyak istilah sulit dan rumit, kiasan dan filsafat yang cukup lama dipahami. Tapi memang sangat berbobot. Apalagi untuk memahami jiwa seseorang yang digambarkan layaknya candi Borobudur. Dengan memahami maka akan lebih mudah untuk menentukan karakter tokoh dalam penulisan kita.

Manusia punya topeng, hasrat dan bawah sadar. Dari sini dapat dibuat rencana suatu cerita, karakter tokoh, bahasa yang akan dipilih, 3 T (tokoh, tempat, tema) bahkan cara untuk mengatasi rasa bosan atau stuck ketika menulis. Aku juga suka dengan bagian akhir yang berisikan kalimat-kalimat contoh berstruktur yang baik dan tidak. Keren.

Ada sedikit typo dan kata yang sulit kudapat di KBBI, tapi ada juga kosakata yang baru kutahu darisini menambah pengetahuanku berbahasa. Tidak buruk dan mengganggu sih.

Harga buku ini cukup mahal namun berharga. Untung lalu aku dapat diskon besar untuk membeli ini dengan stok yang sisa sedikit, kebagian rasanya senang gitu hehehehe.

buku menulis ayu utami

Kesimpulan Akhir

Buku berjudul Menulis dan Berpikir Kreatif 2 karya Ayu Utami ini dapat menjadi refleksi kita juga untuk berkaca. Mendalami diri sendiri dan bisa membuat tokoh lain dalam cerita. Aku sangat merekomendasikan buku ini, berbobot namun kamu harus sabar dan memahami isinya dengan baik πŸ™‚

Buku tips lainnya seputar percaya diri dan olahraga ringan bisa kamu cek di ulasan ini.

Quotes menarik dari buku ini:

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam membuat cerita: Self, Story, Content. Self adalah tokoh cerita (struktur konsentris), Story adalah jalan cerita dan Content adalah bobot cerita yang berisi muatan, intelektual dan artistik (hal. 177)

buku menulis ayu utami

Rating versiku : 4/5

 
Share :

2 thoughts on “[Review Buku] Menulis dan Berpikir Kreatif 2 – Ayu Utami

Leave a comment