[Review Buku] Atomic Habits (Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa) – James Clear

Judul Buku : Atomic Habits (Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa) – James Clear;

Pengarang : James Clear;

Penerjemah : Alex Tri Kantjono Widodo;

Tahun Terbit/ Cetakan: 2021 / 12;

Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama;

Genre/ Rate: Pengembangan Diri, Tips/ 16+;

Negara Asal : USA;

Tebal Buku : 341 hal.


Halo, apa kabarmu baik? Mendekati akhir tahun, biasanya kita membuat perencanaan dan resolusi untuk tahun yang baru. Biasanya kita akan mengubah kebiasaan buruk dan berusaha untuk jadi lebih baik tapi kadang kita kesulitan untuk membiasakan diri dengan harapan yang baru. Nah, aku mau mengulas buku bagus yang mungkin bisa membantumu membangun kebiasaan baik dari hal-hal kecil, berjudul Atomic Habits (Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa) oleh James Clear. Untuk terjemahannya ini, Gramedia sampai mencetak buku kedua-belas kali loh! Buku ini bisa kamu beli di toko Gramedia langsung, atau bisa di Tokopedia dan Shopee. Kalau aku dapat gratis sebagai hadiah karena menang sayembara Beradaptasi Bersama GPU hehehe 😀

review buku atomic habits james clear

Siapa James Clear si Pengarang Buku Atomic Habits?

James Clear adalah blogger yang memperoleh jutaan kunjungan tiap bulannya, juga menjadi pembicara serta motivator dalam acara seminar. Selain itu dia juga membangun kursus online, The Habits Academy yang tidak jauh dari topik yang sering diangkat dalam situsnya – kebiasaan baik dalam hidup dan dunia kerja. Selain itu James juga atlet angkat berat dan juru foto. Produktif banget kan?

Buku Atomic Habits (Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa) karya James Clear ini berisikan tujuh bagian besar. Dimulai dengan pengantar berisi kisah hidup James yang wajahnya terhantam tongkat pemukul bisbol, sehingga dengan masa penyembuhan dia kemudian belajar memaksimalkan potensi dan akhirnya belajar membangun kebiasaan yang baik. Bagian pertama berjudul Dasar-Dasar, jadi tidak langsung masuk dalam pokoknya ya. Ini berisikan penjelasan tentang apa itu atomic habits, kebiasaan membentuk identitas dan cara membangun kebiasaan dengan penjabaran pada bagian-bagian selanjutnya (kaidah pertama-keempat).

Kaidah Satu Hingga Empat dalam Buku Atomic Habits

Bagian Kaidah Pertama yaitu ‘Menjadikannya Terlihat’ yang menyarankan kita untuk membangun kebiasaan dengan merapikan lingkungan kita– menjadikan petunjuk mudah terlihat. Sementara pada Kaidah Kedua berjudul ‘Menjadikannya Menarik’ yang membuat kebiasaan tidak mudah ditolak, menemukan penyebab kebiasaan buruk dan bagaimana peran keluarga juga teman dalam pembentukan kebiasaan.

Pada kaidah ketiga bertajuk ‘Menjadikannya Mudah’ yang menyemangati untuk terus maju, menghentikan kebiasaan menunda dan membuat kebiasaan baik tak terhindarkan. Sementara pada kaidah keempat, dengan judul ‘Menjadikannya Memuaskan’ yang membuka wawasan bahwa ada kebiasaan-kebiasaan buruk yang merugikan nantinya. Juga mengajari cara untuk membuat kontrak kebiasaan yang keren.

Bagian selanjutnya ada Taktik-Taktik Tingkat Mahir. Ada bab yang menjelaskan Aturan Goldilocks loh, berarti manusia akan mengalami motivasi puncak ketika mengerjakan tugas yang berada di batas kemampuan. Ini kayak mencapai posisi tengah gitu (tidak terlalu mudah atau sulit). Bagian akhir ada kesimpulan dan lampiran yang penjelasan lengkapnya ada di situs milik James. Pada catatan, ada daftar pustaka dari tiap bab yang sangat komplit.

Typo Minim dan Banyak Hal yang Bisa Dipelajari

Di buku ini banyak merujuk pada tautan situsnya James, yang menarik salah satunya untuk beberapa tes kepribadian dalam link yang muncul di hal. 253 (pada catatan kaki). Ini salah satu teknik meningkatkan traffic pengunjung situs yang sangat hebat. Selain itu keunikan lainnya dari buku ini ketika James menyebut Harry Potter sebagai bacaan yang membuat banyak orang puas pada hal. 253.

Typo minim sekali untuk versi terjemahan ini, hanya kata ‘otomatissasi’ di hal. 328 (daftar pustaka), ‘menguraikanya’ pada hal. 221 dan ‘menyaksiikan’ dalam hal. 207. Untuk menambah kosakata, buku ini juga memiliki beberapa diantaranya kata ‘friksi’ (hal. 171) yang berarti perpecahan. Selain itu ‘konformitas’ berarti jenis pengaruh sosial ketika seseorang mengubah sikap dan tingkah laku mereka agar sesuai dengan norma sosial yang ada (hal. 136). Sementara ‘bliss point‘ adalah istilah dalam dunia kuliner yang dijelaskan secara rinci di hal. 118.

Buku Bergenre Pengembangan Diri yang Memiliki Cerita-Cerita Inspiratif

Kover bukunya cantik, dengan tulisan besar dan berwarna emas dengan titik-titik kecil. Simpel tapi elegan. Di tiap awal babnya ada cerita yang membuat kita fokus dan paham untuk masuk ke dalam pembahasan lebih mendalam. Pada bagian akhir bab, ada ringkasannya juga. Bahasa yang dipakai ringan dan tidak berat, pasti kamu akan mudah mengerti apa yang penulis maksudkan. Hanya saja, beberapa kali pembahasan terulang dalam satu bab sehingga agak terasa bertele-tele dan monoton. Aku seperti membaca buku cetak anak sekolahan. Selain itu, gambar berupa grafik atau bagan lumayan banyak dalam buku ini. Akan lebih baik jika ada gambar atau ilustrasi di beberapa bab, pasti buku ini akan lebih terasa menyenangkan.

grafik bagan di buku atomic habits james clear

Selebihnya, buku ini memuat teori dan cerita yang menarik, terlebih akan mudah dipraktekkan karena banyak petunjuk yang diberikan penulis. Selain itu membuka pikiran untuk tidak bermalas-malasan dan membangun kebiasaan yang baik. Buat kamu yang ingin baca genre pengembangan diri yang lain dan tak kalah bagusnya baca You Do You yuk.

Banyak Kalimat Motivasi dari Buku Atomic Habits-nya James Clear

Beberapa quote menarik dari buku ini :

Ketika lingkungan kita berubah, begitu pula kualitas-kualitas yang menentukan kesuksesan. Hal ini berlaku tidak hanya untuk karakter fisik, tapi juga untuk karakteristik mental (hal. 249)

Ketika Anda in motion, Anda membuat rencana, membuat strategi dan belajar. Action adalah tipe perilaku yang memberikan hasil (hal. 160)

Kita perlu membuat kebiasaan kita menjadi menarik karena sesungguhnya harapan mendapat pengalaman menyenangkanlah yang memotivasi kita untuk beraksi (hal. 124)

Jadi, betul, ketekunan, tekad, dan kemauan sangatlah penting untuk kesuksesan, tapi cara meningkatkan kualitas-kualitas ini bukanlah dengan menuntut agar Anda menjadi orang yang lebih disiplin, melainkan dengan menciptakan lingkungan yang lebih disiplin (hal. 107)

Pikirkan kapan Anda akan paling mungkin sukses. Jangan memaksa melakukan kebiasaan baru ketika Anda cenderung sibuk dengan sesuatu yang lain (hal. 89)

Saah satu tantangan terbesar kita dalam mengubah kebiasaan adalah mempertahankan kesadaran tentang apa yang sesungguhnya sedang kita lakukan (hal. 75)

Jika suatu aksi memerlukan upaya fisik atau mental yang lebih besar daripada yang dapat Anda kerahkan, Anda tidak akan melakukannya. Tanggapan Anda juga bergantung pada kemampuan Anda (hal. 58)

Tiap kebiasaan tidak hanya mendatangkan hasil tapi juga mengajarkan kepada Anda sesuatu yang jauh lebih penting: percaya pada diri sendiri (hal. 46)

Perilaku yang tidak bersesuaian dengan diri tidak akan tahan lama (hal. 39)

Mustahil jalan Anda sesungguhnya dalam hidup akan tepat sesuai dengan apa yang ada di benak Anda ketika menetapkan suatu sasaran (hal. 32)

Sasaran itu baik untuk menetapkan arah, tapi sistem adalah yang terbaik untuk mendapatkan kemajuan (hal. 30)

kover cover buku atomic habits james clear

Rating versiku : 4/5

 
Share :

Leave a comment