[Playlist] Rekomendasi Musik – Juni 2021

Halo. Bagaimana weekend kalian? Aku ingin merekomendasikan beberapa lagu alias musik di bulan Juni 2021. Langsung saja ya cek lagu-lagunya di bawah, kali ini imbang, campur dari negara Korea, Cina, Jepang sampai Indonesia 😀

1. 米津玄師 – Pale Blue (OST Drama Rikokatsu)

Diunggah pada 4 Juni lalu di Youtube oleh akunnya Kenshi Yonezu sendiri dan dilihat terakhir sebanyak 24,575,462 serta disukai oleh 303 ribu orang. Lagu ini merupakan soundtrack dari drama Jepang, Rikokatsu yang belum lama ini tamat. Sayang subtitle indonya masih sampai episode 7. Aku suka lagunya Kenshi terakhir di drama Unnatural dengan lagu berjudul Lemon. Kali ini lagunya juga bagus dan kuputar berulang kali rasanya dalam gitu, emosi antara Saki dan Koichi dapat sekali dengan mendengarkan lagu ini. Arti liriknya juga sangat menyentuh dengan memiliki makna perasaan cinta yang dalam dan sulit untuk berpisah.

2. TWICE – Alcohol Free

Dirilis oleh akun JYP Entertainment pada 9 Juni lalu di Youtube dan dilihat terakhir sebanyak 117,203,238 serta disukai oleh 3 juta orang. Lagu dari mini album kesepuluh Twice berjudul “Taste of Love” ini sekarang berada di posisi 20 di Trending Music. Aku sangat suka lagu Alcohol Free ini karena menggambarkan suasana musim panas, seperti di Hawaii gitu. Dari koreo hingga gaya pakaian para member meningkatkan rasa keceriaan, mampu jadi moodboster gitu.

3. EXO 엑소 – Don’t Fight The Feeling

Dirilis oleh akun SMTOWN pada 7 Juni lalu di Youtube dan dilihat terakhir sebanyak 69,975,943 serta disukai oleh 4,1 juta orang. Lagu yang berada dalam spesial album berjudul sama ini terakhir kulihat masih ada di Trending Music dengan posisi kelima. Lagu ini juga menampilkan idolaku yang belum lama kelar wamil, D.O. Mana keren pula dia disini hahaha. Lagunya bagus sih, walau kurasa gaya busana dan efek MV-nya agak lokal gitu. Di IG aku sempat lihat ada yang bikin parodi MV ini dengan lagu Indonesia.

4. 2PM – Make It

Dirilis oleh akun JYP Entertainment pada 28 Juni lalu di Youtube dan dilihat terakhir sebanyak 19,596,426 serta disukai oleh 520 ribu orang. Bulan Juni sepertinya banyak grup yang comeback terlebih yang sudah lama di dunia perKPOP-an. Grup 2PM ini saja butuh 5 tahun untuk balik lagi dan senangnya aku mereka menyanyikan lagu Hands Up yang populer di tahun 2011. Jaman aku kuliah itu dan benar-benar terasa nostalgia. Lagu unggulan mereka tahun ini berjudul Make It dari album ketujuh mereka berjudul ‘Must’. Nichkhun masih tetap ganteng dan mereka benar-benar tampil powerful seperti beberapa tahun lalu 🙂

5. SHINee シャイニー SUPERSTAR

Dirilis oleh akun SMTOWN pada 29 Juni lalu di Youtube dan dilihat terakhir sebanyak 1,290,088 serta disukai oleh 233 ribu orang. Lagu dari mini album berjudul sama edisi Jepang ini menampilkan SHINee yang tetap bagus dalam segi penampilan dan lagunya, tidak beda dengan Don’t Call Me yang pernah kuulas disini.

6. JOY 조이 Red Velvet – 안녕 (Hello)

Dirilis oleh SMTOWN pada 31 Mei lalu di Youtube dan dilihat terakhir sebanyak 13,695,832 serta disukai oleh 1,2 juta orang. Lagu dari album spesial ini sering berseliweran di Tik Tok dan reel IG, kedengarannya asyik gitu. MV-nya juga ceria dan manis banget.

7. Maroon 5 – Lost

Dirilis oleh akun Maroon 5 sendiri pada 10 Juni lalu di Youtube dan dilihat terakhir sebanyak 11,819,226 serta disukai oleh 292 ribu orang. Maroon 5 merilis album lagi (ketujuh) setelah hampir empat tahun berjudul Jordi, yang diambil dari nama mendiang manajer sebagai bentuk penghormatan. Lagu Lost ini termasuk dalam album tersebut, dimana konsep MV ini cukup menarik. Menggambarkan kabut dan muncul putri duyung disana, dengan lagu berartikan hilang atau tersesat. Lagu ini asyik didengarkan loh, seperti biasa khas Maroon 5.

8. Marion Jola, Danilla, Ramengvrl – Don’t Touch Me

Dirilis oleh akun Marion Jola sendiri pada 16 Juni lalu di Youtube dan dilihat terakhir sebanyak 599,070 serta disukai oleh 33 ribu orang. Ini termasuk lagu yang keren karena kolaborasi tiga orang dan juga mengangkat isu ketidakadilan atau kekerasan pada gender mereka, perempuan. Nah, hebatnya lagi mereka adalah tiga penyanyi yang memiliki jenis musik berbeda, seperti Marion Jola (RnB), Ramengvrl (rap hip-hop) dan Danilla Riyadi (indie folk). Lagu ini terasa sekali pop dengan sentuhan RnB-nya. Kalau lagu barat tuh, kayak lagu Don’t Call Me Angel.

9. 문 킴 (Moon Kim) – It’s You (OST Drama So I Married an Anti Fan)

Dirilis oleh akun Warner Music Korea pada 7 Juni lalu di Youtube dan dilihat terakhir sebanyak 188,055, lagu ini manis dan menyentuh. Aku memang belum nonton drama Korea So I Married an Anti Fan ini (cuman pernah filmnya yang dulu aktornya si Chanyeol EXO), tapi aku suka dengar lagunya hahaha. Makna liriknya juga bagus, tentang lelaki yang mengakui telah jatuh cinta pada seorang perempuan.

10. Mook Worranit – Tell Me (OST Drama Oh My Boss)

Dirilis oleh akun GMMTV Records pada 14 Mei lalu di Youtube dan dilihat terakhir sebanyak 687,296 serta disukai oleh 16 ribu orang. Yang nyanyiin lagu ini juga menjadi pemain utama di dramanya, Oh My Boss. Ini dramanya ada di Youtube, khas cerita Wattpad gitu dengan pemeran cowok yang ganteng sekali, Luke Voyage. Lagunya enak didengar dan manis gitu kayak hubungan pasangan di drama ini. Mirip-mirip drakor My Secret Romance gitu lah vibes-nya.

11. อยากจะรู้ – ไอซ์ ธมลวรรณ (OST Drama แม่ครัวคนใหม่ / New Cook)

Dirilis oleh akun Ch3 Thailand Music pada 25 Februari lalu di Youtube dan dilihat terakhir sebanyak 1,504,844 serta disukai oleh 16 ribu orang. Aku sudah download drama Thailand New Cook ini tapi belum ada kesempatan untuk nonton. Dramanya baru ada sub bahasa Inggris. Lagunya ini manis kan, mencerminkan ke-uwu-an pasangan utama. Si cewek sendiri ceritanya nyamar jadi pembantu berkulit gelap dan urakan terus tinggal di rumah tunangannya. Dari premisnya cukup seru bukan?

12. ขอเชื่อใจตัวเอง – ออกัส วชิรวิชญ์ (OST Drama แม่ครัวคนใหม่ / New Cook)

Dirilis oleh akun Ch3 Thailand Music pada 22 Februari lalu di Youtube dan dilihat terakhir sebanyak 1,851,115 serta disukai oleh 26 ribu orang. Kali ini lagunya cukup spesial karena yang nyanyiin si pemeran utama cowok, August Vachiravit. Suaranya merdu juga 🙂

13. Kana Hanazawa – Renai Circulation (OST Bakemonogatari)

Lagu ini cukup populer sekarang, sering muncul di Tik Tok atau IG reels. Dirilis oleh akun *namirin pada 6 Juli 2017 di Youtube dan dilihat terakhir sebanyak 102,635,195 serta disukai oleh 2,2 juta orang. Lagunya enak didengar, juga menceritakan tentang siklus jatuh cinta yang manis.

14. New Hope Club, Danna Paola – Know Me Too Well

Sama dengan yang diatas, lagu ini juga sudah lama muncul tapi baru tenar di Indo setelah lagunya banyak muncul di Tik Tok. Dirilis oleh akunnya NHC pada 10 Oktober 2019 di Youtube dan dilihat terakhir sebanyak 12,421,469 serta disukai oleh 479 ribu orang. Salah satu penyanyinya, Danna Paola adalah mantan artis cilik dari telenovela Maria Belen. Anak generasi 90-an masih ingat kan sama drama itu?

15. JJ Lin 林俊傑 ft. Anne-Marie – Bedroom

Lagu ini diunggah di Youtube oleh akun JJ Lin pada 23 April lalu dengan 4,727,763 penonton dan 53 ribu yang memberikan tanda suka. JJ Lin adalah penyanyi yang sudah lama menyanyikan lagu Mandarin dan kali ini doi kolab dengan Anne Marie, jadi kayak go international nih! Lagu ballad dengan lantunan piano ini berlirik bahasa Inggris dan mengartikan perjuangan seseorang yang ditinggal kekasihnya. Konsep MV-nya juga bagus dengan ilustrasi animasi yang menarik.

16. Tzuyu Twice ft. Bang Chan Stray Kids – Me! (Cover Taylor Swift)

Lagu ini diunggah di Youtube oleh akunnya Twice pada 27 Juni lalu dengan 11,846,878 penonton dan 1,3 juta yang memberikan tanda suka. Lagu dari Taylor Swift yang kusuka ini sangat bagus dinyanyikan Tzuyu. Dia memang cocok gitu nyanyi lagu berbahasa Inggris 🙂

Ini daftar lagu-lagu atau musik dalam playlist-ku selama bulan Juni 2021, dari Kenshi Yonezu, Twice, EXO, 2PM, Shinee, Joy Red Velvet, Maroon 5, Marion Jola, Kana Hanazawa sampai OST drama Thai Oh My Boss dan New Cook. Bagi kamu yang ingin tahu playlist asyik di bulan lalu bisa cek disini. Playlist lagu atau musik yang kamu suka selama bulan Juni tahun 2021 ini apa? Bisa dong komen di bawah ini heheheh 😀

Share :

Leave a comment